Peningkatan Hasil Belajar Dengan Media Kartu Kwartet Dalam Keterampilan Menyusun Portofolio

Riefka Iesna Habiba

Abstract


Abstract: Impovement of Learning Result with Quartet Cards Media in Portofolio Skilling Skills. Purpose for this study to know: (1) improvement of reading interest; (2) improvement of learning result; and (3)improvement of portofolio skilling skills. Data are collected through questionnaires, interviews, documents, and observations on instructional (PBM) so that it is included in classroom action research. The result of research are: (1) data of reading interest of social studies subject (IPS) student through learning using quartet card; (2) list of student learning result obtained after learning using quartet card on social studies subject; and (3) student portfolio result after using quartet card.

Abstrak: Peningkatan Hasil Belajar dengan Media Kartu Kwartet dalam Ketrampilan Menyusun Portofolio. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) peningkatan minat baca; (2) peningkatan hasil belajar; dan (3) peningkatan keterampilan menyusun portofolio. Data dikumpulkan melalui angket, wawancara, dokumen, dan pengamatan pada PBM sehingga termasuk dalam penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian adalah: (1) data peningkatan minat baca IPS siswa melalui pembelajaran menggunakan kartu kwartet; (2) daftar nilai hasil belajar siswa yang diperoleh setelah pembelajaran menggunakan kartu kwartet pada mata pelajaran IPS; dan (3) hasil portofolio siswa setelah menggunakan kartu kwartet.


Keywords


quartet cards; reading interest; learning result; portofolio skilling skill; kartu kwartet; minat baca; hasil belajar; keterampilan menyusun potofolio

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Sinar Grafika.

Azis, A. W. 2007. Metode dan Model-model Mengajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung. Alfabeta.

Dimyati, M. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajar, A. 2005. Portofolio dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Jarolimek, J. 1990. Social Stdies in Elementary Education. New York: Macmillan Publishing Company.

Jihad, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Multi Pressindo.

Mangkoesapoetra, A. A. 2007. Model Pembelajaran Portofolio dalam PKn di SD, SLTP, dan SLTA, (Online), (http://re-searchengines.com/art05-17.html), diakses 23 Desember 2011.

Mikarsa, H. L. 2007. Pendidikan Anak di SD. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Moleong, L. J. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Sapriya. 2008. Pendidikan IPS. Bandung: Laboraturium PKn UPI.

Sukmadinata, N. S. 2007. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Penerbit Universitas Terbuka.

Veradanie, O. 2012. Kartu Kwintet Hiragana sebagai Media Alternatif Penguatan Mengingat Huruf Hiragana pada Siswa Kelas X di SMAN 13 Bandung, (Online), (http://spsupiedu.2012.ac.id), diakses 12 Januari 2012.

Yusuf, S. L. N. 2001. Psikologi Perkembangan Anak & Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i12017p085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats