Pengembangan Media Teori Pendidikan Kewarganegaraan Liberal Berbasis Teknologi bagi Perguruan Tinggi di Masa Pandemi Covid-19

Putri Mahanani, Sutarno Sutarno, Muchtar Muchtar, Puri Selfi Cholifah

Abstract


Abstract: The theory of citizenship education is one of the main materials that must be understood by the next generation of the nation. One of the theories of civic education is the theory of liberal citizenship education. Based on the results of the initial interviews conducted, so far the learning media for civic education theory is still very limited. Therefore, it is necessary to develop technology-based learning media so that students can learn optimally even during the Covid-19 pandemic. This study aims to produce valid and interesting learning media for liberal citizenship education theory materials for college students. The research method used is the 4D model. Data collection techniques using observation techniques and questionnaires. The data analysis technique used quantitative descriptive techniques in the form of percentages and qualitative descriptive techniques in the form of exposure to generalizations from the results of the experiments carried out. The results showed that the learning media for liberal citizenship theory developed was valid and interesting. The results of media validation are 97.5 percent with a very valid category. The results of material expert validation are 91.67 percent with a very valid category. Meanwhile, the developed media has an attractive percentage of 89.44 percent of students.

 

Abstrak: Teori Pendidikan kewarganegaraan merupakan salah satu materi utama yang harus dipahami generasi penerus bangsa. Teori pendidikan kewarganegaraan salah satunya yaitu teori pendidikan kewarganegaraan liberal. Berdasarkan hasil wawancara awal yang dilakukan, selama ini media pembelajaran materi teori pendidikan kewarganegaraan masih sangat terbatas. Oleh karenanya perlu untuk dikembangkan media pembelajaran berbasis teknologi agar mahasiswa bisa belajar maksimal meskipun di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran materi teori pendidikan kewarganegaraan liberal yang valid dan menarik bagi mahasiswa di perguruan tinggi. Metode penelitian yang digunakan yaitu model 4D. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif berupa persentase dan teknik deskriptif kualitatif berupa paparan generalisasi dari hasil uji coba yang dilakukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran materi teori kewarganegaraan liberal yang dikembangkan telah valid dan menarik. Hasil validasi media sebesar 97,5 persen dengan kategori sangat valid. Hasil validasi ahli materi sebesar 91,67 persen dengan kategori sangat valid. Sementara itu media yang dikembangkan memiliki persentase menarik sebesar 89,44 persen dari mahasiswa.


Keywords


learning media; citizenship education; theory; pandemic; covid; media pembelajaran; pendidikan kewarganegaraan; teori; pandemi

Full Text:

PDF

References


Alfiah, L. N., Rokhim, D. A., & Wulandari, I. A. I. (2020). ANALISIS DAMPAK ANJURAN PEMERINTAH TERHADAP BELAJAR DI RUMAH BAGI PELAKU PENDIDIKAN. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(3), 216–223.

Almarzooq, Z. I., Lopes, M., & Kochar, A. (2020). Virtual Learning During the COVID-19 Pandemic. Journal of the American College of Cardiology, 75(20), 2635–2638. https://doi.org/10.1016/j.jacc.2020.04.015

Deliviana, E. (2017). APLIKASI POWTOON SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN : MANFAAT DAN PROBLEMATIKANYA. Universitas Negeri Makassar, 1–6.

Effendi, W. R. (2018). Konsepsi Kewarganegaraan dalam Perspektif Tradisi Liberal dan Republikan. JURNAL TRIAS POLITIKA, 2(1), 55. https://doi.org/10.33373/jtp.v2i1.1238

Liantoni, F., Arief, R., Rozi, N. F., & Sodik, A. (2019). Peningkatan Proses Pembelajaran Melalui Pelatihan Kuliah Online bagi Dosen. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(1), 105–110. https://doi.org/10.30653/002.201941.65

Mahanani, P. (2018). Analysis of Challenges and Needs of Generation Behavior in 21st Century. Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018). Presented at the Proceedings of the International Conference on Education and Technology (ICET 2018), Malang, Indonesia. https://doi.org/10.2991/icet-18.2018.19

Nurdiansyah, E., Faisal, E. E., & Sulkipani, S. (2018). Pengembangan media pembelajaran berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1–8. https://doi.org/10.21831/jc.v15i1.16875

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

Rohman, P. N., Na’im, M., & Sumardi, S. (2021). Pengembangan media berbasis prezi pada mata pelajaran sejarah kelas X SMA dengan model 4d. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 1–9. https://doi.org/10.22219/jinop.v7i1.13054

Safarah, A. A., & Wibowo, U. B. (2018). PROGRAM ZONASI DI SEKOLAH DASAR SEBAGAI UPAYA PEMERATAAN KUALITAS PENDIDIKAN DI INDONESIA. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 21(2), 206. https://doi.org/10.24252/lp.2018v21n2i6

Solikin, I., & Amalia, R. (2019). MATERI DIGITAL BERBASIS WEB MOBILE MENGGUNAKAN MODEL 4D. SISTEMASI, 8(3), 321. https://doi.org/10.32520/stmsi.v8i3.461

Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://doi.org/10.30998/formatif.v2i1.86

Syukur, I. A. (2014). Profesionalisme Guru dalam Mengimplementasikan Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kabupaten Nganjuk. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(2), 200. https://doi.org/10.24832/jpnk.v20i2.138

Tafonao, T. (2018). PERANAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Wajni, F. (2021). Manajemen Perkembangan Siswa SD Melalui Peran Guru Dan Orang Tua Pada Masa Pandemi. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 4(1), 41–50.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i22021p061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Putri Mahanani



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats