Implementasi Kegiatan Cooking Day sebagai Upaya Peningkatan Hubungan Kerja Sama Antara Anak dengan Orang Tua dalam Konteks Pembelajaran
Abstract
Abstract: The focus of research is Cooking Day activities in an effort to improve the relationship of children with parents. This research is done PAUD Restu 2 Malang. This study aims to determine: (1) the implementation of Cooking Day activities; (2) reasons for Cooking Day activities involving parents / guardians; and (3) cooperation of parents with children through Cooking Day PAUD Restu 2 Malang. This type of research is qualitative with case study design. Informants of this research are parents, children, teachers (chairman of the committee of activities), Principal PAUD Restu 2 Malang. Data collection techniques are interviews, observation, and documentation. The findings of this study are: (1) PAUD Restu 2 Malang involving parents / guardians in learning activities to support the success of early childhood education; (2) Cooking Day activities that have been implemented have not run maximally since there are only a few parents / guardians involved; and (3) the relationship of children with parents can not be done well, because parents who do demonstrations, children or learners just see.
Abstrak: Fokus penelitian adalah kegiatan Cooking Day dalam upaya peningkatan hubungan kerja sama anak dengan orang tua. Penelitian ini dilakukan PAUD Restu 2 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan kegiatan Cooking Day; (2) alasan kegiatan Cooking Day melibatkan orang tua/wali murid; dan (3) jalinan kerja sama orang tua dengan anak melalui kegiatan Cooking Day PAUD Restu 2 Malang. Jenis penelitian adalah kualitatif dengan desain studi kasus. Informan penelitian ini adalah orang tua, anak, guru (ketua panitia kegiatan), Kepala Sekolah PAUD Restu 2 Malang. Teknik pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Temuan penelitian ini adalah: (1) PAUD Restu 2 Malang melibatkan orang tua/wali murid dalam kegiatan pembelajaran guna menunjang keberhasilan pendidikan anak usia dini; (2) kegiatan Cooking Day yang dilaksanakan belum berjalan secara maksimal dikarenakan hanya terdapat beberapa orang tua/wali murid yang terlibat; dan (3) hubungan kerja sama anak dengan orang tua belum dapat terlaksana dengan baik, karena orang tua yang melakukan demo, anak atau peserta didik hanya melihat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Benty, D. D. N., dan Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Penerbit UM Press, Universitas Negeri Malang.
Duhita, M. A. R. 2011. Keterlibatan Orang Tua dalam Perkembangan Multiple Intellegences Anak Usia Dini. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Dwiningrum, A. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Jakarta: Pustaka Pelajar.
Graha, C. 2008. Keberhasilan Anak di Tangan Orang Tua. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
Gunawan, I. 2011. Merekonstruksi Fitrah Pendidikan. Komunikasi, Majalah Kampus Universitas Negeri Malang, Tahun 33 Nomor 276 September – Oktober 2011, hlm. 32
Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Malang: PT Bumi Aksara.
Gunawan, I. 2015. Values and Ethics in Educational Leadership: An Idea of Character Building of Students. Conference Proceedings Character Education in Indonesia Concepts and Applications in Primary Schools, IKIP PGRI MADIUN, 9 Juni, hlm. 1-13.
Gunawan, I. 2016. Manajemen Kelas. Malang: Penerbit UM Press, Universitas Negeri Malang.
Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2007. Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manajemen Pendidikan, 20(1), 21-31.
Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.
Hidayah, R. 2009. Psikologi Pengasuh Anak. Malang: UIN-Malang Press.
Mansur. 2005. Pendidikan Anak Usia Dini dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Moedzakir, M. D. 2010. Desain dan Model Penelitian Kualitatif. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
Permendiknas Nomor 58 Tahun 2009 tentang Standar Pendidikan Anak Usia Dini. 2010. Jakarta: Sinar Grafika.
Pidarta, M. 2010. Landasan Kependidikan. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Undang-undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Bandung: Citra Umbara.
Wakhidah, K. 2012. Keterlibatan Orang Tua, (Online), (http://pgpaud2009.blogspot.ca/2012/07/keterlibatan-orangtua.html), diakses 17 September 2016.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p163
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.