Prestasi Belajar Mahasiswa Fungsionaris UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang
Abstract
Abstract: The purpose of this research is to describe the students achievement of the Volunteer Corps of Indonesian Red Cross Unit State University of Malang (UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang). This research uses quantitative approach. Data collection techniques are documentation of Grade Point Average (GPA). The sample of this research is the student of functionary UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. The research data is the GPA of functionary UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Data analysis is with descriptive statistics, ie by count the mean and standard deviation. Further data is displayed in the frequency description by referring to the stanfive formula, as a reference for defining categories. The result of the research shows that the average GPA of functionary UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang are 3.52 is included in the predicate cum laude.
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan prestasi belajar mahasiswa fungsionaris Unit Kegiatan Mahasiswa Korps Sukarela Palang Merah Indonesia Unit Universitas Negeri Malang (UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah dokumentasi indeks prestasi mahasiswa. Sampel penelitian adalah mahasiswa pengurus UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Data penelitian adalah indeks prestasi mahasiswa pengurus UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Analisis data adalah dengan statistika deskriptif, yakni dengan menghitung rerata dan deviasi standar. Selanjutnya data ditampilkan dalam deskripsi frekuensi dengan mengacu pada rumus stanfive, sebagai acuan menentukan kategori. Hasil penelitian menunjukkan rerata indeks prestasi mahasiswa fungsionaris UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang sebesar 3,52 termasuk dalam predikat Dengan Pujian.
Full Text:
PDFReferences
Apiwie, P. W. 2013. Perbedaan Prestasi Belajar antara Mahasiswa Jurusan Sejarah Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Angkatan 2008 yang Aktif dan tidak Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan. Indonesian Journal of History Education, 2(5), 34-39.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa. 2017. Apa yang Dimaksud dengan Kata Aktivis? (Online), (http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/petunjuk_praktis/182), diakses 2 Januari 2017.
Budianto, J., Rizal, Y., dan Nurdin. 2014. Pengaruh Aktivitas Mahasiswa dalam Berorganisasi dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar (IP). Jurnal Edukasi Ekobis, 12(2), 1-9.
Caesari, Y. K., Listiara, A., dan Ariati, J. 2013. Kuliah Versus Organisasi: Studi Kasus Mengenai Strategi Belajar pada Mahasiswa yang Aktif dalam Organisasi Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Diponegoro. Jurnal Psikologi Undip, 12(2), 164-175.
Dictionary Cambridge. 2017. Meaning of “Functionary” in the English Dictionary, (Online), (http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/functionary), diakses 2 Januari 2017.
Fry, H., Ketteridge, S., dan Marshall, S. 2009. A Handbook for Teaching and Learning in Higher Education: Enhancing Academic Practice. New York: Routledge.
Gunawan, I. 2009. Harapan untuk Rektor Baru Unlam. Banjarmasin Pos, 14 Mei, hlm. 6.
Gunawan, I. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.
Haryono, E., Akhdinirwanto, W., dan Ashari. 2013. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Konsep Diri tehadap Indeks Prestasi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akdemik 2013/2014. Jurnal Radiasi, 4(1), 77-80.
Huang, Y., dan Chang, S. 2004. Academic and Cocurricular Involvement: Their Relationship and Best Combinations for Student Growth. Journal of College Student Development, 45(4), 391-406.
Junaidi, M. 2010. Hubungan antara Manajemen Diri dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Aktivis BEM di Lingkungan IAIN Sunan Ampel Surabaya. Tesis tidak diterbitkan. Surabaya: IAIN Sunan Ampel Surabaya.
Kartika, R. A. 2016. Konstruksi Sosial Siswa terhadap Prestasi Nonakademik: Studi pada Siswa Berprestasi di SMA Negeri 5 Surabaya, (Online), (http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmntsab6b5bc60efull.pdf), diakses 2 Desember 2016.
Kemristekdikti. 2015. Klasifikasi dan Pemeringkatan Perguruan Tinggi – 2015, (Online), (https://ristekdikti.go.id/wp-content/uploads/2016/03/paparanKPPT2015-1.pdf),diakses 2 Desember 2016.
Light, R. J. 2017. Advising A Student Organization. Boise: Boise State University.
Meinarta, I. W. O., Tripalupi, L. E., dan Suwena, K. R. 2014. Studi Komparatif Prestasi Belajar Mahasiswa yang Aktif dan tidak Aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan FEB UNDIKSHA. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi, 4(1), 1-12.
Merriam Webster. 2017. Definition of Functionary, (Online), (https://www.merriam-webster.com/dictionary/functionary), diakses 3 Januari 2017.
Mulyono. 2008. Manajemen Admistrasi dan Organisasi Pendidikan. Jogjakara: Ar-Ruzz Media.
Oxford Dictionaries. 2017a. Activist, (Online), (https://en.oxforddictionaries.com/definition/activist), diakses 3 Januari 2017.
Oxford Dictionaries. 2017b. Organizer, (Online), (https://en.oxforddictionaries.com/definition/organizer), diakses 3 Januari 2017.
Pedoman Akademik Universitas Negeri Malang. 2015. Peraturan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 17 Tahun 2015 tentang Pedoman Pendidikan Universitas Negeri Malang Tahun Akademik 2015/2016. Malang: Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerja Sama; Universitas Negeri Malang.
Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.
Putra, H. G. I. 2016. Perilaku Belajar Mahasiswa Akuntansi: Aktivis, Hedonis, dan Study Oriented, (Online), (http://www.jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/viewFile/599/542),diakses 21 Desember 2016.
Sule, M. 2016. Pengaruh Aktifitas Organisasi Intrakampus terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Geografi, (Online), (http://eprints.ung.ac.id/10542/1/2014-2-1-87202-451410041-abstraksi-07012015022813.pdf), diakses 21 Desember 2016.
Syofyan, R. 2013. Pengaruh Sosial Ekonomi Keluarga, Partisipasi dalam Organisasi Kemahasiswaan, dan Komunikasi Inter-personal dengan Dosen terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa PSPE. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 21(2), 1-8.
Taufik, M., dan Affandi, M. A. 2014. Resistensi Gerakan Mahasiswa terhadap Kapitalisasi Pendidikan (Studi Organisasi Eksternal Kampus di Unesa). Paradigma, 2(3), 1-13.
Triana, E. 2011. Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi Angkatan 2008 dan 2009 Universitas Negeri Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi. 2013. Jakarta: Sinar Grafika.
Universitas Negeri Malang. 2016. Katalog Universitas Negeri Malang (UM) Edisi 2016. Malang: Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, Informasi, dan Kerja Sama; Universitas Negeri Malang.
Widayanto, A. 2012. Karakteristik Prestasi Akademik Mahasiswa Aktivis Organisasi Intrakampus di Fakultas Ilmu Sosial dan Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Tesis tidak diterbitkan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wiyono, B. B., dan Sunarni. 2009. Evaluasi Program Pendidikan dan Pembelajaran. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p171
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.