Penerapan Problem Based Learning dan Media Flipcart untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Ekosistem Siswa
Abstract
Abstract: This study aims to describe the application of problem based learning (PBL) and flipcard media to improve the learning outcomes of science materials of students’ ecosystem VII Grade Semester SDN Sukoharjo 2 Malang. The research design used is classroom action research (CAR). The implementation of CAR refers to the CAR cycle model by Kemmis and Taggart covering four stages: planning, action execution, observation, and reflection. The results showed that: (1) before the action the average score of students was 74.1; (2) in the first cycle of learning result has increased that is the average student become student 79.33; and (3) in Cycle II and average student learning outcomes 81.60. The implementation of science learning of ecosystem material by applying PBL model and flipcard media in Cycle I and Cycle II are 76.83 and 86.84 with good criteria.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penerapan penerapan problem based learning (PBL) dan media flipcard untuk meningkatkan hasil belajar IPA materi ekosistem siswa Kelas V Semester SDN Sukoharjo 2 Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Pelaksanaan PTK mengacu pada model siklus PTK oleh Kemmis dan Taggart meliputi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) sebelum tindakan nilai rata-rata siswa adalah 74,1; (2) pada Siklus I hasil belajar mengalami peningkatan yaitu rata-rata siswa menjadi siswa 79,33; dan (3) pada Siklus II dan rata-rata hasil belajar siswa 81,60. Keterlaksanaan pembelajaran IPA materi ekosistem dengan menerapkan model PBL dan media flipcard pada Siklus I dan Siklus II masing-masing 76,83 dan 86,84 dengan kriteria baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Cipta Media Aksara.
Kemmis, S., dan Taggart, R. M. 1982. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Budiningsih, A. 2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Bandung: Satu Nusa.
Eggen, P., dan Kauchak, D. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Jakarta: PT Indeks.
Gunawan, I. 2011. Evaluasi Program Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 17(1), 52-70.
Gunawan, I. 2012. Mengembangkan Karakter Bangsa Berdasarkan Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Meretas Sekolah Humanis untuk Mendesain Siswa Sekolah Dasar yang Cerdas dan Berkarakter, PGSD FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta , 6 Mei.
Gunawan, I. 2013. Revitalisasi Karakter Guru menurut Filosofis Jawa: Sebuah Gagasan Mengembangkan Kepribadian Siswa. Proceeding International Seminar on: Local Wisdom and Character Education for Elementary School Students, IKIP PGRI MADIUN, 6 April.
Gunawan, I. 2014. Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 41(1), 44-52.
Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2007. Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manajemen Pendidikan, 20(1), 21-31.
Gunawan, I., dan Sulistyoningrum, R. T. 2013. Menggali Nilai-nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Matapelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 3(1), 50-87.
Gunawan, I., Suraya, S. N., dan Tryanasari, D. 2014. Hubungan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Kritis dengan Prestasi Belajar Mahasiswa pada Matakuliah Konsep Sains II. Premiere Educandum, 4(1), 1-32.
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurhadi. 2004. Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching Learning dan Penerapannya dalam KBK. Malang: Universitas Negeri Malang.
Sudjana, N. 2010. Penilaian Hasil Proses Hasil Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. 2007. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan
Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.