Penerapan Pembelajaran Tematik dengan Model Webbed untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Zaky Ghufron, Goenawan Roebyanto, Sri Harmini

Abstract


Abstact: The purpose of this study is to improve the learning situation in the third grade of elementary school that the learning is not in accordance with the learning set by the Curriculum 2006 and does not pay attention to students’ mathematical communication ability. Therefore, this study applies thematic learning with webbed model to measure students’ mathematical communication ability. The type of research used is classroom action research, and implemented in one cycle. This classroom action research was conducted in MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur with the subject of third grade student research which amounted to 35 students. The results showed that classroom action research with the central theme "Rumahku" can measure students’ mathematical communication ability.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki situasi pembelajaran di kelas III SD bahwa pembelajaran belum sesuai dengan pembelajaran yang telah ditetapkan oleh Kurikulum 2006 dan tidak memperhatikan kemampuan komunikasi matematis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini menerapkan pembelajaran tematik dengan model webbed untuk mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dalam satu siklus. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di MI Nurul Huda Sadar Sriwijaya Lampung Timur dengan subjek penelitian siswa kelas III yang berjumlah 35 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas dengan tema sentral “Rumahku” dapat mengukur kemampuan komunikasi matematis siswa.


Keywords


thematic instructions; webbed model; mathematical communication; pembelajaran tematik; model webbed; kemampuan komunikasi matematik

Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gunawan, I. 2013. Revitalisasi Karakter Guru menurut Filosofis Jawa: Sebuah Gagasan Mengembangkan Kepribadian Siswa. Proceeding International Seminar on: Local Wisdom and Character Education for Elementary School Students, IKIP PGRI MADIUN, hlm. 48-62.

Gunawan, I. 2015. Optimalisasi Peran dan Tugas Kepala Sekolah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Implementasi Kebijakan Ujian Nasional, Dualisme Kurikulum, dan Sistem Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, hlm. 23-29.

Gunawan, I. 2016. Pasaran: Menggali Nilai-nilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 8(1), hlm. 55-64.

Gunawan, dan Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandu, 2(2), 98-117.

Heruman. 2014. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Ibrahim. 2006. Media Pembelajaran. Malang: Laboratorium Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Sudjana, N., & Rivai, A. 2010. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v2i22017p210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats