Hubungan Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga dengan Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa

Anggraeni Cahyaningtyas, Achmad Supriyanto, Mustiningsih Mustiningsih

Abstract


Abstract: This study aims to know the relationship of self-efficacy and family environment with student entrepreneurship readiness. This study uses a quantitative approach with a descriptive correlational research design. This research was conducted on students of the of the Department of Education Administration, Faculty of Education, State University of Malang Class of 2017. This study uses the entire study population due students of the Department of Education Administration, Faculty of Education, State University of Malang Class of 2017 are 97 students, so the number of samples used in this study are all. This study uses a questionnaire as a data collection instrument. To uncover the relationship between variables using Pearson Product Moment analysis and multiple correlation analysis. The results of research and analysis of the data obtained it can be concluded that: (1) entrepreneurial readiness of students in the high category; (2) The self efficacy of students in the very high category; (3) The condition of the students’ family environment in the high or good category; (4) There is a positive and significant relationship between the variables of self efficacy and entrepreneurial readiness in the field of student education; (5) There is a positive and significant relationship between the family environment with entrepreneurship readiness in the field of student education; (6) There is a positive and significant relationship between self efficacy and family environment with entrepreneurship readiness in the field of education.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan efikasi diri dan lingkungan keluarga dengan kesiapan berwirausaha mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Angkatan 2017 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi penelitian dikarenakan mahasiswa Jurusan Administrasi Pendidikan Angkatan 2017 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang adalah sebanyak 97 mahasiswa, maka jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah semuanya. Penelitian ini menggunakan angket sebagai instrumen pengumpul data. Untuk mengungkap hubungan antar variabel menggunakan analisis Product Moment Pearson dan analisis korelasi ganda. Hasil penelitian dan analisis data yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa: (1) kesiapan berwirausaha mahasiswa dalam kategori tinggi; (2) efikasi diri mahasiswa dalam kategori sangat tinggi; (3) kondisi lingkungan keluarga mahasiswa dalam di kategori tinggi atau baik; (4) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara variabel efikasi diri dengan kesiapan berwirausaha di bidang pendidikan mahasiswa; (5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara lingkungan keluarga dengan dengan kesiapan berwirausaha di bidang pendidikan mahasiswa; (6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara efikasi diri dan lingkungan keluarga dengan kesiapan berwirausaha di bidang pendidikan mahasiswa.


Keywords


Self-Efficacy; Family Environment; Entrepreneurial Readiness; Kesiapan Berwirausaha; Efikasi Diri; Lingkungan Keluarga

Full Text:

PDF

References


Adityagana, D. A., Indrawati, C. D. S., & Rahmanto, A. N. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Informasi dan Komunikasi, 2(2), 15–25.

Alma, B. (2011). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Amenan, A., & Sukidjo. (2016). Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK se-Kabupaten Lombok Tengah ditinjau dari Motivasi, Informasi Bisnis, dan Lingkungan Keluarga. Harmoni Sosial: Jurnal Pendidikan IPS, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.21831/hsjpi.v3i1.9699

Anggraini, W. N. (2016). Hubungan antara Muatan Nilai Wirausaha dalam Pembelajaran Produktif dan Dukungan Lingkungan dengan Kesiapan Berwirausaha pada Siswa SMK Jurusan Multimedia di Kota Pasuruan. Malang [Skripsi Tidak Diterbitkan]. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Malang.

Ariyanti, Y., & Bowo, P. A. (2018). Pengaruh Prakerin, Status Sosial Ekonomi Keluarga, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 617–687.

Astiti, A. F., & Margunani. (2019). Peran Motivasi dalam Memediasi Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan, dan Lingkungan terhadap Kesiapan Berwirausaha Mahasiswa. Economic Education Analysis Journal, 8(1), 47–62. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i1.29760

Badan Pusat Statistik. (2017). Agustus 2017: Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,50 Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2017/11/06/1377/agustus-2017--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-50-persen.html

Badan Pusat Statistik. (2018). Agustus 2018:Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Sebesar 5,34 Persen. https://www.bps.go.id/pressrelease/2018/11/05/1485/agustus-2018--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-5-34-persen.html

Bandura, A. (2009). Self-Efficacy In Changing Societes. New York: Cambridge University Press.

Cahyaningtyas, W. (2019). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Lapangan (PKL), Lingkungan Keluarga dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI Akuntansi SMKN 12 Malang [Skripsi Tidak Diterbitkan]. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Malang.

Fitriani, W. (2017). Analisis Self Efficacy dan Hasil Belajar Matematika Siswa di MAN 2 Batusangkar berdasarkan Gender. Jurnal Analisis Gender dan Agama, 1(1), 141–158.

Frinces, Z. H. (2011). Be an Entrepreneur. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Ghofir, M. A. (2017). Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pengelasan, Pengalaman Praktik Kerja Industri, dan Pembelajaran Kewirausahaan terhadap Kesiapan Berwirausaha Pengelasan Siswa SMK Paket Keahlian Pengelasan di Kabupaten Nganjuk [Skripsi Tidak Diterbitkan]. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Malang.

Handayani, U. S., & Setiyani, R. (2015). Pengaruh Prestasi Akademik Mata Diklat Produktif Akuntansi, Praktik Kerja Industri, dan Lingkungan Keluarga Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kebumen Program Keahlian Akuntansi Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(3), 864–875.

Hidayatullah, M. (2016). Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI di SMK Turen [Skripsi Tidak Diterbitkan]. Fakultas Ekonomi: Universitas Negeri Malang.

Husnan, M., Suharmanto, & Yoto. (2017). Pengaruh Wawasan Technopreneurship dan Efikasi Diri (Self-Efficacy) terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Kendaraan Ringan di SMK Negeri 6 Malang. Jurnal Pendidikan Profesional, 6(1), 106–116.

Irsyada, R. 2018. Kontribusi Pemahaman Kewirausahan, Minat Berwirausaha, dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di era revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Teknik Informatika se Malang [Skripsi Tidak Diterbitkan]. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Malang.

Irsyada, Rahmat, Dardiri, & Sugandi. (2018). Kontribusi Minat Berwirausaha dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha di Era Revolusi Industri 4.0 Mahasiswa Teknik Informatika se-Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(7), 946.

Khadifa, A., Indriayu, M., & Sudano. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Banyudono 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 4(1), 1–13.

Nitisusastro, M. (2012). Kewirausahaan dan Managemen Usaha Kecil. Bandung: Alfabeta.

Ormrod, J. E. (2008). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang (Terjemahan Amitya Kumara. 2009). Jakarta: Erlangga.

Ratumbuysang, M. F. N. G., & Rasyid, A. A. (2015). Peranan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 15–26. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6058

Safitri, I., Yolida, B., & Surbakti, A. (2019). Hubungan Self-Efficacy Berdasarkan Gender Dengan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPA. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 932–940.

Sari, A. K. (2013). Pengaruh Peran Orangtua, Guru, dan Self Efficacy terhadap Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Muhammadiyah 1 Bantul Kompetensi Keahlian Audio Video Kelas XII. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sekretariat Nasional ASEAN - Indonesia. (2018). Jumlah Wirausaha Indonesia Kalah Dibanding Negara Lain Di ASEAN. http://setnas-asean.id/news/read/jumlah-wirausaha-indonesia-kalah-dibanding-negara-lain-di-asean

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. In Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soemanto, W. (2008). Pendidikan Wiraswasta. Jakarta: Bina Aksara.

Supraba, S., & Rahdiyanta, D. (2013). Kesiapan Berwirausaha Siswa SMK Kompetensi Teknik Komputer dan Jaringan di Gunungkidul. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(3). https://doi.org/10.21831/jpv.v3i3.1848

Supriyanto, A. (2018). Correlation Between Job Mindset And Student’s Readiness To Be An Enterpreneur. National Academy of Managerial Staff of Culture and Arts Herald, 1(7). https://doi.org/10.32461/2226-3209.1.2018.178812

Thariq, M. R. (2018). Hubungan Lingkungan Keluarga, Lingkungan Sekolah dan Lingkungan Masyarakat terhadap Minat Berwirausaha Kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu [Skripsi Tidak Diterbitkan]. Fakultas Teknik: Universitas Negeri Malang.

Warta Ekonomi. (2018). Jumlah Pengusaha Indonesia Masih Tertinggal Dari Singapura. https://www.wartaekonomi.co.id/read204928/jumlah-pengusaha-indonesia-masih-tertinggal-dari-singapura.html#:~:text=Indonesia%20membutuhkan%20sedikitnya%204%20juta,sekitar%208%2C06%20juta%20orang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v6i22021p093

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Anggraeni Cahyaningtyas



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats