Kepemimpinan Inovatif Kepala Sekolah dalam Manajemen Pembelajaran Online Efektif

Siti Amalia Thasbikha, Ibrahim Bafadal, Raden Bambang Sumarsono, Achmad Supriyanto

Abstract


Abstract: This study aims to describe effective online learning management and the implications of moral-based innovative leadership in the application of effective online learning . The research method used is qualitative research with a case study design. This research was carried out in schools that have the characteristics of being innovative leadership in implementing moral-based online learning. The data collected used observation techniques, in-depth interviews, and documentation. Data analysis used through the process of data collection, data condensation, data presentation, inference or verification of data. The results showed that online learning management is effective, describing the process of online learning management starting from planning, implementing, and evaluating learning. The implications of moral-based innovative leadership in the application of effective online learning can be seen from the various efforts of school principals in improving the quality of learning. The resulting impact of innovative leadership can be seen from the fulfillment of the needs of facilities and infrastructure to facilitate online teaching and learning activities, increasing teaching abilities for teachers by holding and involving teachers in training activities for the development of various learning tools and media, and parents of students get facilities and opportunities to take part in socialization and short training related to the development of learning technology.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran online efektif dan implikasi kepemimpinan inovatif berbasis moral dalam penerapan pembelajaran online efektif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain studi kasus. Penelitian ini dilaksanakan di sekolah yang memiliki karakteristik sebagai kepemimpinan inovatif dalam menerapkan pembelajaran online berbasis moral. Data yang dikumpulkan menggunakan teknik observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan melalui proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manejemen pembelajaran online efektif, menggambarkan proses manajemen pembelajaran online mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Implikasi kepemimpinan inovatif berbasis moral dalam penerapan pembelajaran online efektif dapat dilihat dari berbagai upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Dampak yang dihasilkan dari kepemimpinan inovatif dapat dilihat dari terpenuhinya kebutuhan sarana dan prasarana untuk memfasilitasi kegiatan belajar mengajar online, peningkatan kemampuan mengajar bagi guru dengan mengadakan dan mengikutsertakan guru ke dalam kegiatan pelatihan pengembangan berbagai perangkat dan media pembelajaran, dan orang tua peserta didik mendapatkan fasilitas dan kesempatan untuk mengikuti sosialisasi dan pelatihan singkat terkait perkembangan teknologi pembelajaran.


Keywords


innovative leadership; principals; online learning; kepemimpinan inovatif; kepala sekolah; pembelajaran online

Full Text:

PDF

References


Azhar, A., Hutagaol, A. L., Manurung, S. R. R., Nazri, E., & Amiruddin, A. (2022). Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Mengembangkan Lembaga Pendidikan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1451–1457. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2167

Firman, & Rahman, S. R. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Hamzah, S. H. (2012). Aspek Pengembangan Peserta Didik: Kognitif, Afektif, Psikomotorik. Dinamika Ilmu, 12(1), 1–22. https://doi.org/10.21093/di.v12i1.56

Indriyani, F., & Yusnani, Y. (2021). Peran Orang Tua Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Daring Pada Siswa Sekolah Dasar Di Pulau Rona Kecamatan Bangkinang. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 3(1), 90–96. https://doi.org/10.31004/jpdk.v3i1.1434

Kwon, M., Lee, J. Y., Won, W. Y., Park, J. W., Min, J. A., Hahn, C., … Kim, D. J. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLoS ONE, 8(2). https://doi.org/10.1371/journal.pone.0056936

Magdalena, I., & Dkk. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Daring yang Efektif Selama Pandemi di SDN 1 Tanah Tinggi. Edukasi Dan Sains, 2(01), 366–377.

Mukhtar. (2015). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pada Smp Negeri Di Kecamatan Masjid Raya Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Magister Administrasi Pendidikan, 3(3).

Pujiyanti, D., & Mulyawati, I. (2021). Pelatihan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Online Bagi Guru Terdampak Covid-19 di SMPN 126 Jakarta. Jurnal Solma, 10, 170–178.

Qamariyah. (2021). Pembelajaran Online (Daring) di Tengah Pandemi Covid-19 Tantangan yang Mendewasakan Anak. Jurnal Pendidikan Guru, 3(1), 1–12.

Rahayu, A. D., & Haq, M. S. (2021). Sarana dan Prasarana Dalam Mendukung Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 09, No. 1(Sarana pembelajaran daring), 186–199.

Saputra, B. R., Arifin, I., & Sobri, A. Y. (2021). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Inovasi Pembelajaran Saintifik Religius. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 94–102. https://doi.org/10.24246/j.jk.2021.v8.i1.p94-102

Saufi, A., & Hambali, H. (2019). Menggagas Perencanaan Kurikulum Menuju Sekolah Unggul. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 29–54. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v3i1.497

Sumarsono, R. B. (2012). Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Motivasi Kerja Guru Dengan Kinerja Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 2(1), 18–27.

Syahbana, A., Hafiz, A., & Jumiati. (2022). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Moral Peserta Didik Sdn Murung Raya I Banjarmasin. E-Prints Uniska, 1–13.

Wegasari, K. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di SDN Cabean 3 Demak. Jurnal Penelitian, 15(1), 27. https://doi.org/10.21043/jp.v15i1.9109




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v7i12022p018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Siti Amalia Thasbikha, Ibrahim Bafadal, Raden Bambang Sumarsono, Achmad Supriyanto



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats