Hubungan Self-Regulated Learning, Kemampuan Komunikasi, dan Vocational Skills dengan Kemampuan Adaptasi terhadap Dunia Kerja pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan

Sisco Agustian, Setiadi Cahyono Putro, Hari Putranto

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to determine the relationship between self-regulated learning (X1), communication ability (X2) and vocational skills (X3) with adaptation ability into the professional world (Y). This research uses descriptive correlational research design. The sample of this research is student of Department of Electrical Power Instalation Engineering at vocational high school regional malang which has done industry practices a number of 96 respondents. In conducting this research, the writer collects the data by using the questionnaires. The Results of the data that have tested the validity and reliability which is obtained from the questionnaire scores filled by the respondents. Data analysis technique uses partial correlation analysis and linear regression. From the research results are obtained the regression equation Y = 17.818 + 0.448X1 + 0.351X2 - 0,1X3 with a significance of 0.000 which means there is a positive and significant relationship between X1, X2, and X3 with Y simultaneously.

 

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui hubungan antara self regulated learning (X1), kemampuan komunikasi (X2), dan vocational skills (X2) dengan kemampuan adaptasi terhadap dunia kerja (Y). Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Sampel penelitian ini adalah siswa Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Kota Malang yang telah melakukan prakerin sejumlah 96 responden. Teknik pengumpulan data pada penelitian mengunakan angket. Hasil data angket yang telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas yang didapatkan dari skor nilai angket yang diisi oleh responden. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi parsial dan regresi linier. Dari hasil penelitian didapat persamaan regresi Y = 17,818 + 0,448X1 + 0,351X2 - 0,1X3 dengan signifikansi sebesar 0,000 yang artinya ada hubungan positif dan signifikan antara X1, X2, dan X3 dengan Y secara simultan.

Keywords


self regulated learning; communication ability; vocational skills; adaptation ability; working; self regulated learning; kemampuan komunikasi; vocational skills; kemampuan adaptasi; bekerja

Full Text:

PDF

References


Cacciolatti, L., Lee, S. H., dan Molinero, C. M. 2017. Clashing Institutional Interests in Skills between Government and Industry: An Analysis of Demand for Technical and Soft Skills of Graduates in the UK. Journal Technological dan Social Change, 12, 15-21.

Dewi, K. K. S., Sedanayasa, G., dan Antari, N. N. M. 2014. Kontribusi Kualitas Komunikasi Interpersonal terhadap Penyesuaian Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014. E-journal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling, 2(1), 26-34.

Famella., Setyanti, S. W. L. H., dan Mufidah, A. 2015. Pengaruh Keterampilan Kerja, Pengalaman Kerja, dan Sikap Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada Perusahaan Rokok Gagak Hitam Kabupaten Bondowoso. Tesis tidak diterbitkan. Jember: Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jember.

Gunawan, I. 2013. Statistika untuk Kependidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Gunawan, I. 2014. Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 41(1), 44-52.

Gunawan, I. 2016. Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: Rajawali Pers.

Gunawan, I. 2017. Landasan Dasar Pendidikan. Malang: Universitas Negeri Malang, Penerbit UM Press.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2007. Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manajemen Pendidikan, 20(1), 21-31.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I., dan Palupi, A. R. 2012. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif: Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian. Premiere Educandum Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 2(2), 98-117.

Haludhi, P. D. F. 2016. Implementasi Pendidikan Life Skill dengan Metode Pray, Attitude, Knowledge, Skill, Action (PAKSA) di Transformer Center Batu. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Hidayat, H. N. 2015. Pengaruh Persepsi Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen. Jurnal Investasi, 1(1), 19-35.

Irawan, S. 2017. Pengaruh Konsep Diri terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Scholaria, 7(1), 29-48.

Isnaini, F. 2017. Hubungan antara Regulasi Diri dengan Penyesuaian Diri Santri Pondok Pesantren di Surakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Psikologi Universitas Negeri Malang.

Kalenda, J., dan Vavrova, S. 2016. Self-Regulated Learning in Students of Helping Professions. Procedia Social and Behavioral Sciences, 217, 282-292.

Kartiwa, T. 2012. Daya Tarik Penyanyi Dangdut dalam Saweran pada Hiburan Dangdut (Studi Deskriptif tentang Daya Tarik Penyanyi Dangdut dalam Saweran pada Hiburan Dangdut di Kota Bandung). Skripsi tidak diterbitkan. Bandung: Universitas Komputer Indonesia.

Kemendikbud. 2017. Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Muatan Nasional (A), Muatan Kewilayahan (B), Dasar Bidang Keahlian (C1), Dasar Progam Keahlian (C2), dan Kompetensi Keahlian (C3). Jakarta: Kemendikbud.

Kristiani, D. A., Pradhanawati. A., dan Wijayanto. A. 2013. Pengaruh Kemampuan Kerja dan Motivasi Kerja terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Sosial Politik, 14, 1-7.

Marganingtias, P. E. 2009. Hubungan Penyesuaian Diri dengan Kekerasan Teman Sebaya pada Siswa SMK Negeri Kota Probolinggo. Skripsi Tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang.

Noor, A. H. 2015. Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skill) di Pondok Pesantren dalam Meningkatkan Kemandirian Santri. Jurnal Empowerment, 3(1), 1-31.

Oktriana, R. 2014. Hubungan antara Kemampuan Regulasi Emosi dan Komunikasi Interpersonal dengan Penyesuaian Diri Siswa Sekolah Menengah Musik (SMK Negeri 2 Kasihan Bantul). Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Surakarta.

Permatasari, V., dan Gamayanti, W. 2016. Gambaran Penerimaan Diri (Self-Acceptance) pada Orang yang Mengalami Skizofrenia. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 139-152.

Probowati, D. 2015. Pengembangan Paket Pelatihan Self-Regulated Learning untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Bagi Siswa SMA. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.

Purita, A. 2015. Peningkatan Kemampuan Komunikasi Interpersonal pada Siswa Sekolah Menegah Kejuruan (SMK) X di Yogyakarta melalui Pelatihan Asertivitas. Jurnal Intervensu Psikologi, 7(2), 233-245.

Puspitasari, D. 2015. Hubungan Kecemasan dengan Kemampuan Penyesuaian Diri Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Malang. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Putro, S. C. 2014. Pengintegrasian Social Cognitive pada Kurikulum S1 Pendidikan Teknik Elektro LPTK untuk Memfasilitasi Kemampuan Beradaptasi Calon Guru Kejuruan. Prosiding APTEKINDO ke 7, hlm. 1001-1017.

Putro, S. C. 2017. Muatan Social Cognitive untuk Memfasilitasi Pengembangan Kemampuan Adaptasi Calon Guru pada Kurikulum Prodi S1 PTE di LPTK. Disertasi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rianata, L., dan Sawitri, D. R. 2015. Hubungan antara Komunikasi Interpersonal Guru-Siswa dengan Self-Regulated Learning pada Siswa SMAN 9 Semarang. Jurnal Empati, 4(2), 209-213.

Sanjaya, B. 2010. Hubungan antara Kecerdasan Emosional dan Keterampilan Komunikasi Interpersonal dengan Penyesuaian diri siswa SMA Negeri se-Kabupaten Tulungagung. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang

Sofyang, F. 2017. Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, dan Keterampilan terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Managemen, 2(1), 79-90.

Sriwidodo, U., dan Haryanto, A. B. 2010. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Komunikasi, dan Kesejahteraan terhadap Kinerja Pegawai Dinas Pendidikan. Jurnal Manajemen Sumberdaya, 4(1), 47-57.

Yu, S., dan Ko, Y. 2016. Communication Competency as a Mediator in the Self-Leadership to Job Performance Relationship. Journal Collegian, ¬40, 1-5.

Yusuf, M., Hasmin, dan Gunawan, K. Pengaruh Kompetensi, Motivasi, dan Lingkungan Kerja terhadap Tingkat Keakuratan Data Retribusi pada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Soppeng. Jurnal Mirai Managemen, 3(1), 249-265.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12018p091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats