Penggunaan Teknik Mind Map Berbasis Multimedia Presentasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa

Roni Rahmawanto

Abstract


Abstract: This research was conducted with the aim to describe the use of mind map technique based on multimedia presentation, to describe the use of mind map technique based on multimedia presentation to increase the activity, and to describe the use of mind map technique based on multimedia presentation can improve student’s learning achievement at social studies. The subjects of this study were students of Class IV-B SD Bantul Timur, the year of academic 2014/2015. Implementation of the action in this study began on 12 January to January 23, 2015. The study was conducted in two cycles and each cycle of four meetings. Implementation of the action refers to the opinions of Kemmis and McTaggart which put forward the steps of classroom action research, namely: (1) planning; (2) implementation of the action; (3) observation; and (4) reflection. Data collection techniques use cognitive tests, affective observation, psychomotor rubric, teacher activity observation, student activity observation, teacher interview, field note and documentation. The results showed that: (1) the study was conducted in two cycles; each cycle is held in four meetings, each of which takes 70 minutes; (2) there is an increase in the level of success of student activities; and (3) there is an increasing level of success of student achievement.

 

Abstrak: Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi, mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi dapat meningkatkan aktivitas, dan mendeskripsikan penggunaan teknik mind map berbasis multimedia presentasi dapat meningkatkan prestasi belajar siswa matapelajara Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas IV-B SD Bantul Timur Tahun Pelajaran 2014/2015. Pelaksanaan tindakan dalam penelitian ini dimulai pada tanggal 12 Januari s.d. 23 Januari 2015. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan masing-masing siklus empat kali pertemuan. Pelaksanaan tindakan mengacu pada pendapat Kemmis dan McTaggart yang mengemukakan tahap-tahap penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu: (1) perencanaan; (2) pelaksanaan tindakan; (3) pengamatan; dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kognitif, observasi afektif, rubrik psikomotor, observasi kegiatan guru, observasi aktivitas siswa, wawancara dengan guru, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) penelitian dilakukan dalam dua siklus; tiap siklus dilaksanakan dalam empat kali pertemuan, dimana masing-masing pertemuan berlangsung selama 2 x 1 jam pelajaran (35 menit); (2) ada peningkatan taraf keberhasilan aktivitas siswa; dan (3) ada peningkatan taraf keberhasilan prestasi belajar siswa.

Keywords


mind map technique based on multimedia presentation; activity; learning achievement; teknik mind map berbasis multimedia presentasi; aktivitas; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Aqib, Z. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Arends, R. I. 2007. Learning To Teach: Belajar untuk Mengajar. Terjemahan oleh Soetjipto dan Soetjipto. 2008. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Aulia, S. 2014. Penerapan Model Mind Mapping dan Inside-Outside Circle untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SDN Pelambuan 7 Banjarmasin. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Azwar, S. 2009. Tes Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran Prestasi Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buzan, T. 2000. Master Your Memory: Kuasai Memori Anda. 2004. Terjemahan oleh Alexander Sindoro. Batam: Interaksara.

Buzan, T. 2005. Buku Pintar Mind Map. Terjemahan oleh Purwoko. 2013. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Futihat, A. 2014. Representasi Synthesis Problems Melalui Aktivitas Inquiry-Link Maps untuk Menganalisis Perubahan Konseptual Termodinamika. Jurnal Pendidikan Sains, 2(1), (Online), (http://journal.um.ac.id/index.php/jps/article/viewfile/4495/968), diakses 5 April 2015.

Gunawan, I. 2016. Manajemen Kelas. Malang: Universitas Negeri Malang, Penerbit UM Press.

Gunawan, I. 2017. Prestasi Belajar Mahasiswa Fungsionaris UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 171-177.

Hikmawati. 2013. Penerapan Strategi Mind Map untuk Peningkatan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2), (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/2945), diakses 5 November 2014.

Jauhar, M. 2011. Implementasi Paikem dari Behavioristik Sampai Kontruktivistik: Sebuah Pengembangan Pembelajaran Berbasis CTL (Contextual Teaching dan Learning). Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Jensen, E. 2011. Pembelajaran Berbasis Otak: Paradigma Pengajaran Baru. Jakarta: PT Indeks Permata Puri Media.

Kurniasari, P. 2014. Penggunaan Intelligent Mind Mapping untuk Meningkatkan Proses dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SDN Purwantoro 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Long, D. 2011. Mind The Map: How Thinking Maps Affect Student Achievement: Networks An On-Line. Journal for Teacher Research, 13(2), (Online), (http:// journals.library.wisc.edu/index.php/networks/article/download/262/496), diakses 7 Maret 2015

Machfud, C. 2014. Penerapan Strategi Belajar Link Map terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Usaha dan Energi Kelas VIII di SMP Negeri 2 Gedangan Sidoarjo. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 3(2), (Online), (http://ejournal.unesa.ac.id/index.php/inovasi-pendidikan-fisika/article/view/7395/baca-artikel), diakses 5 April 2015.

Mardapi, D. 2012. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mcmillan, J. 2008. Educational Research: Fundamentals for the Consumer. Boston: Pearson Education.

Munadi, Y. 2012. Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Gaung Persada Press.

Murti, T. 2013. Peningkatan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V SDN Banggle 02 Kanigoro Blitar dengan Strategi Pemetaan Pikiran. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Nurbaity, S., dan Utami, W. 2010. Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa dalam IPA Terpadu Menggunakan Penilaian Portofolio melalui Lesson Study di SMP Sekolah Alam dan Sains Aljannah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(6), 23-27.

Prihatiningsih, M., dan Suparmini. 2012. Peranan Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Pembelajaran IPS pada Siswa Kelas 7-F SMP 15 Yogyakarta. Geo Educasia, 1(3), (Online), (http://journal.student.uny.ac.id/jurnal/artikel/962/25/176), diakses 18 Oktober 2014.

Resmiana. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Peta Pikiran Berbantuan Tutor Teman Sebaya untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar IPS (Studi pada Siswa Kelas V SDN II Pucanglaban Kabupaten Tulungagung). Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rohadi. 2014. Penerapan Model Sains Teknologi Masyarakat untuk Meningkatkan Aktivitas, Motivasi dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI B SD Negeri Cijoho Kec. Kuningan Kab. Kuningan Tahun Ajaran 2013/2014. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Rusman. 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sari, T. 2013. Upaya Meningkatkan Kreativitas Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Mind Mapping pada Pelajaran Matematika. Jurnal Handayani, 1(1), (Online), (http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/handayani/article/view/1271), diakses 5 November 2014.

Sar’iyyah, N. 2014. Penerapan Model Jigsaw dengan Metode Eksperimen dan Mind Mapping untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas 5B SDI Paupanda 3 Ende. Tesis tidak diterbitkan. Malang: Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Seifert, K. 2012. Pedoman Pembelajaran dan Intruksi Pendidikan. Terjemahan oleh Yusuf Anas. Yogyakarta: Ircisod.

Windura, S. 2013. Mind Map untuk Siswa, Guru dan Orang Tua: Teknik Berpikir dan Belajar Sesuai Cara Kerja Alami Otak. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12018p083

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats