Pendidikan Berbasis Budaya Lokal Suku Boti: Studi Kasus di SDN-SMPN Satu Atap Oefau Desa Boti Nusa Tenggara Timur

Herawati Sandiningtyas, Bambang Budi Wiyono

Abstract


Abstract: Education is the basic foundation of a nation in order to increase welfare of nation and all its citizen. Heterogenitas was supplemented by indonesian people who live in the islands, made the country various culture, its uniqueness that is different from others. One of them is the oldest ethnic who live on the island of Timor, Boti ethnic. The ethnic has many unique so it became a cultural tourism of East Nusa Tenggara. Society still holds customs and traditions prevailing. Therefore , SDN and SMPN Satu Atap Oefau residing in the Boti to keep the existence of the customs that still exist by integrating local culture into the local content subjects , extracurricular and intracurricular. This research used qualitative research with a case study. Education without culture causes values local wisdom fade that while there is a culture without education will not give long term benefits.

 

Abstrak: Pendidikan merupakan landasan dasar dalam sebuah bangsa demi peningkatan kesejahteraan bangsa dan seluruh masyarakatnya, dengan heterogenitas tinggi ditambah lagi dengan masyarakat indonesia yag hidup di negara kepulauan, menjadikan adanya berbagai macam budaya, kekhasan yang melekat di setiap sisi kehidupan masyarakatnya yang berbeda satu dengan yang lain. Salah satunya adalah Suku tertua yang hidup di pulau Timor, yaitu suku Boti. Suku ini memiliki banyak keunikan sehingga menjadi daya tarik wisata budaya Nusa Tenggara Timur. Masyarakat masih memegang adat istiadat dan tradisi yang berlaku. Oleh sebab itu, SDN dan SMPN Satu Atap Oefau yang berada di wilayah Boti Dalam ingin tetap menjaga eksistensi adat istiadat yang masih ada dengan mengintegrasikan budaya lokal yang ada ke dalam mata pelajaran muatan lokal, ekstrakurikuler maupun intrakurikuler. Penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pendidikan tanpa adanya budaya menyebabkan lunturnya nilai-nilai kearifan lokal yang ada sedangkan budaya tanpa pendidikan tidak akan memberi manfaat jangka panjang.


Keywords


education; culture; local culture based education; pendidikan; budaya; pendidikan berbasis budaya lokal

Full Text:

PDF

References


Gunawan, I. 2016. Pasaran: Menggali Nilai-nilai Permainan Tradisional dalam Mengembangkan Sifat-sifat Kepemimpinan Pendidikan. Jurnal Studi Sosial, 8(1), 55-64.

Gunawan, I. 2017. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, I., dan Sulistyoningrum, R. T. 2013. Menggali Nilai-nilai Keunggulan Lokal Kesenian Reog Ponorogo Guna Mengembangkan Materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Premiere Educandum, 3(1), 50-87.

Huda, M. 2010. Kajian Filosofis Otonomi Daerah Bidang Pendidikan. Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Koentjaraningrat. 1993. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Koentjaraningrat. 2002. Pengantar Antropologi: Pokok-pokok Etnografi. Jakarta: Gramedia.

Moleong, L. J. 2013. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhadjir, N. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Rake Sarasin.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum yang di Sempurnakan. Bandung; PT Remaja Rosadakarya

Munandar, U. 2002. Kreativitas dan Keberbakatan: Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Jakarta: Gramedia.

Soekanto, S. 2003. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tilaar, H. A. R. 2002. Membenahi Pendidikan Nasional. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-undang Dasar 1945. 2015. Jakarta: Sinar Grafika.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2014. Jakarta: Fokus Media.

Undang-undang Nomor 22 Tahun 1999 tentang Pemerintah Daerah. 2014. Jakarta: Fokus Media.

Wiyono, B. B. 2007. Metodologi Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12018p077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats