Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan pada Sekolah Adiwiyata Mandiri

Bayu Indra Permana, Nurul Ulfatin

Abstract


Abstract: The purpose of this research is to know: (1) environmental school culture in independent adiwiyata school, that is school culture activity with environment insight and organizing school culture with environment insight; (2) to identify the values contained in an environmentally sound school culture at independent school; and (3) to describe the effort of preserving environmental school culture in independent adiwiyata school. This research uses qualitative approach. The research was conducted in two schools namely SMK Negeri 1 Turen and SMK Negeri 1 Malang. Data sources include principals, teachers, adiwiyata coordinators, and students. The data collection procedure used is observation, interview, and documentation. Data analysis used is data analysis in site and cross-site data analysis. The results show that schools have implemented an environmentally sound school culture that is shown by the existence of a school policy, curriculum, activity, and infrastructure that support school culture. Organizing in an environmentally sound school culture is indicated by a division of tasks, socialization, and implementation of activities, and the presence of monitoring and evaluation. The values contained in an environmentally sound school culture that is the value of environmental care, the value of environmental love, and the value of achievement spirit. The preservation is done by carrying out all the activities that have been there before.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri, yaitu kegiatan budaya sekolah berwawasan lingkungan dan pengorganisasian budaya sekolah berwawasan lingkungan; (2) mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri; dan (3) mendeskripsikan upaya pelestarian budaya sekolah berwawasan lingkungan pada sekolah adiwiyata mandiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan di dua sekolah yaitu SMK Negeri 1 Turen dan SMK Negeri 1 Malang. Sumber data yaitu kepala sekolah, guru, koordinator adiwiyata, dan siswa. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data dalam situs dan analisis data lintas situs. Hasil penelitian menunjukkan sekolah telah mengimplementasikan budaya sekolah berwawasan lingkungan yang ditunjukkan dengan adanya suatu kebijakan, kurikulum, kegiatan, dan sarana prasarana sekolah yang mendukung budaya sekolah. Pengorganisasian dalam budaya sekolah berwawasan lingkungan ditunjukkan dengan adanya suatu pembagian tugas, sosialisasi, dan pelaksanaan kegiatan, serta adanya monitoring dan evaluasi. Nilai-nilai yang terkandung dalam budaya sekolah berwawasan lingkungan yaitu nilai peduli lingkungan, nilai cinta lingkungan, dan nilai semangat berprestasi. Pelestarian tersebut dilakukan dengan cara melaksanakan seluruh kegiatan yang telah ada sebelumnya.


Full Text:

PDF

References


Arifin, I. 1996. Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-ilmu Sosial dan Keagamaan. Malang: Kalimasahada Press.

Chatab, N. 2007. Profil Budaya Organisasi. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, I. 2014. Metode Penelitian Kualitatif: Teori dan Praktik. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Gunawan, I. 2015. Mengembangkan Kepemimpinan Kepala Sekolah Berbasis Nilai dan Etika. Proceeding National Seminar and International Conference Scientific Forum-Faculty of Education Department of Science Educatioin (FIP-JIP), Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, 9-11 September, hlm. 302-312.

Gunawan, I. 2017. Prestasi Belajar Mahasiswa Fungsionaris UKM KSR PMI Unit Universitas Negeri Malang. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 171-177.

Gunawan, I., Alifiyah, I., dan Evananda, F. 2017. Kompetensi Guru Sekolah Dasar: Sebuah Analisis Reflektif dengan Teknik Supervisi Pengajaran Penilaian Diri Sendiri. Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, 16 November, hlm. 249-258.

Hartini, Gunawan, I., dan Suraya, S. N. 2012. Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan FIP IKIP PGRI MADIUN. Jurnal Pendidikan, 18(1), 37-66.

Koentjaraningrat. 1998. Pengantar Antropologi. Jakarta: Rineka Cipta.

Kotter, J. P. 1992. Dampak Budaya Perusahaan terhadap Kinerja. Terjemahan oleh Binyamin Molan. 1997. Jakarta: Prenhallindo.

Kusumaningrum, D. E., Sumarsono, R. D., dan Gunawan, I. 2017. Problematika Pemberdayaan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Sekolah Menengah Pertama Berbasis Pesantren. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(2), 139-150.

Luthans, F. 1992. Organizational Behavior. New York: McGraw Hill, Inc.

Masaong, A. K. 2011. Manajemen Berbasis Sekolah. Gorontalo: Sentra Media.

Moleong, L. J. 2014. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Panduan Adiwiyata, Kementerian Lingkungan Hidup. 2011. Panduan Adiwiyata: Sekolah Peduli dan Berbudaya Lingkungan. Jakarta: Kementerian Lingkungan Hidup.

Pertiwi, A. K., Cahyani, S. S. A., Diana, R. C., dan Gunawan, I. 2017. Kepemimpinan Berbasis Nilai Dan Etika: Suatu Kajian Interaksi Simbolik Kyai dan Santri. Prosiding Seminar Nasional Sinergitas Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Penguatan Pendidikan Karakter. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang, Malang, 16 November, hlm. 1-9.

Robbins, S. P. 2005. Organizational Behavior. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Soetopo, H. 2010. Perilaku Organisasi Teori dan Praktik di Bidang Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Vonny, S. A., Mujiati, M., Rosidah, A., dan Gunawan, I. 2017. Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(2), 109-123.

Yukl, G. 2001. Leadership in Organization. New York: Prentice Hall, Inc.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v3i12018p011

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats