Upaya Peningkatan Hasil Belajar Faktor dan Kelipatan Bilangan Melalui Metode CTL

Muryatin Muryatin

Abstract


Abstract: Improvement Efforts of Learning Outcomes in Factors and Multiples Numbers Lesson by CTL Method. This study aimed to describe the implementation of CTL model in math learning. This study used a qualitative approach. The type of this research was classroom action research with two cycles, each cycle consisted of two meetings. The results showed that in the first cycle, the completeness of classical learning was 44% and in the second cycle increased up to 88%, so it can be concluded that the mathematics learning material factors and multiples of numbers through CTL model can improve student learning outcomes.

Abstrak: Upaya Peningkatan Hasil Belajar Faktor dan Kelipatan Bilangan melalui Metode CTL. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model CTL pada pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas, yang terdiri dari dua siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketuntasan belajar klasikal memperoleh presentase sebesar 44% dan pada siklus II meningkat menjadi 88%, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika materi faktor dan kelipatan bilangan melalui model CTL dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

 


Keywords


hasil belajar; faktor dan kelipatan bilangan; metode CTL; learning outcomes; factors and multiples number; CTL method

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dimyati & Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Istiqomah, L. 2009. Penerapan Pendekatan Konstektual di Kelas. Surabaya: Media.

Johnson, B. E. 2006. Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.

Muslich, M. 2009. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Subarinah. 2006. Inovasi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Dirjen Pendidikan Tinggi Direktorat Ketenagaan Depdiknas.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um027v1i22016p055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats