Hubungan Persepsi dan Sikap dengan Motivasi Peserta Didik Melanjutkan Sekolah Menengah Atas Negeri Unggulan

Adiska Indah Ayu Rahmawati, Ahmad Yusuf Sobri

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the relationship of perceptions and attitudes of students with the motivation to continue the Senior High School Kediri. The study used a sample of 264 students from a population of 774 students. The sampling and sampling technique uses propotional random sampling. The instrument used in data collection is a questionnaire. Data analysis used is descriptive technique and multiple regression. The results of the study concluded that there was a positive relationship between perceptions and attitudes, there was a positive relationship with the motivation of students to continue the Senior High School Kediri.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan persepsi dan sikap peserta didik dengan motivasi melanjutkan SMA Negeri Unggulan Kota Kediri. Penelitian menggunakan sampel sejumlah 264 peserta didik dari populasi sejumlah 774 peserta didik. Teknik pengambilan dan penentuan sampel menggunakan propotional random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data yakni angket. Analisis data yang digunakan yaitu teknik deskriptif dan regresi ganda. Hasil penelitian disimpulkan ada hubungan positif persepsi dan sikap ada hubungan yang positif dengan motivasi peserta didik melanjutkan SMA Negeri Unggulan Kota Kediri.

 


Keywords


perception; attitude; motivation; favourite school; persepsi; sikap; motivasi; sekolah unggulan

Full Text:

PDF

References


Addarsy, R., Hartati, S., & Wirman, A. (2018). Hubungan Persepsi Orangtua tentang Kelompok Bermain terhadap Motivasi untuk Menyekolahkan Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 148-152.

Asmirah, N., Hala, Y., & Ramlawati. (2018). Hubungan antara Persepsi Siswa tentang Kompetensi Guru IPA dengan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP Negeri di Kota Tual. (Online). (http://eprints.unm.ac.id/12067/1/Jurnal.pdf), diakses 25 April 2019.

Djuarsa, R., N., Wulanata, I. A., & Hidayat, D. (2017). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Persepsi Siswa dalam Berprestasi. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 13(1), 21-34.

Fattah, N. (2013). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Bandung: PT Ramaja.

Gradiannisa, Y. (2014). Hubungan antara Persepsi Dukungan Organisasi dan Perilaku Inovatif di Tempat Kerja pada Karyawan. (Online). (http://www.lib.ui.ac.id/naskahringkas/2016-06/S57453-Yuki%20Gradiannisa), diakses 30 April 2019.

Gunawan, I. (2013). Statistika untuk Kependidikan Sekolah Dasar. Yogyakarta: Penerbit Ombak Yogyakarta.

Gunawan, I. (2016). Pengantar Statistika Inferensial. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Hadi, S., Gunawan, I., & Dalle, J. (2018). Statistika Inferensial: Teori dan Aplikasinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayah, N., Hardika, Hotifah, Y., Susilawati, S. Y., & Gunawan, I. (2017). Psikologi Pendidikan. Malang: enerbit Universitas Negeri Malang, Penerbit UM Press.

Iskandar. (2014). Hubungan Antara persepsi Guru tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Guru MTs di Kecamatan Matesih Kabupaten Karanganyar. (Online). (http://eprints.iain-surakarta.ac.id/94/1/2014TS0030.pdf), diakses 28 April 2019.

Isnaeni, M. P., Imron, A., & Sumarsono, R. B. (2018). Hubungan Persepsi dan Sikap terhadap Layanan Akademik dengan Motivasi Belajar. JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 337-346.

Kencana, S. (2010). Hubungan Persepsi Siswa tentang Kompetensi Mengajar Guru dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam pada Sekolah Dasar Negeri di Jalan Danau Singkarak Medan. (Online). (http://repository.uinsu.ac.id/2002/1/Tesis%20Sri%20Kencana.pdf), diakses 28 April 2019.

Kumintardjo & Gunawan, I. (2017). Manajemen Layanan Khusus. Malang: Universitas Negeri Malang, Penerbit UM Press.

Munawaroh, M. (2007). Hubungan antara Sikap Siswa terhadap Fullday School dengan Motivasi Belajar Siswa MTS Surya Buana. (Online). (etheses.uin-malang.ac.id/8930/1/03410044.pdf), diakses 25 April 2019.

Oktaviasari, L. (2009). Hubungan antara Sikap Siswa terhadap Standar Kompetensi Lulusan dengan Motivasi Belajar Siswa di SMK Negeri 1 Bumijawa Tegal. (Online). (https://lib.unnes.ac.id/2236/1/5589.pdf), diakses 25 April 2019.

Piliang, I. W., Rusdi, & Miarsyah, M. (2018). Hubungan Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru dan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar pada Materi Sistem Sirkulasi Siswa Kelas XI SMA Negeri 95 dan SMA Negeri 96 Jakarta Barat. Jurnal Pendidikan Profesional, 7(1), 115-121.

Purwanto. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rakhmat, J. (2004). Metode Penelitian Komunikasi. Bandung: Rosdakarya.

Rena, S., Abedalaziz, N., & Leng, C. H. (2018). The Relationship Between Parenting Styles And Students’ Attitude Toward Leisure Time Reading. The Malaysian Online Journal of Educational Science, 1(2), 37-54.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi. Jakarta: PT Indeks.

Setiwati, D. (2003). Hubungan antara Motivasi Belajar Sejarah dengan Sikap Siswa terhadap Benda-benda Peninggalan Sejarah Siswa Kelas 1 Tahun Ajaran 2003/2004 SMU Negeri 2 Malang. (Online). (http://mulok.library.um.ac.id/index3.php/44289.html), diakses 22 April 2019.

Shaleh, A. R. (2008). Psikologi: Suatu Pengantar dalam Perspektif Islam. Jakarta: Kencana.

Siwi, E. B. (2015). Hubungan Persepsi Orangtua tentang Pendidikan Anak Usia Dini dengan Motivasi Menyekolahkan Anaknya ke PAUD di Desa Podosugih Kecamatan Pekalongan Barat Kota Pekalongan. BELIA: Early Childhood Education Papers, 4(2), 72-77.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sultoni, Gunawan, I., & Rosalinda, T. N. (2018). Pengaruh Pembentukan Tim dan Kepemimpinan Spiritual terhadap Motivasi Diri Mahasiswa. JMSP: Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2(3), 210-216.

Suminah, Gunawan, I., & Murdiyah, S. (2018). Peningkatan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa melalui Pendekatan Behavior Modification. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 221-230.

Suraya, S. N., Hartini, & Gunawan, I. (2012). Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Pelayanan Pendidikan FIP IKIP PGRI MADIUN. Jurnal Pendidikan, 18(1), 37-66.

Thoha, M. (2007). Perilaku Organisasi, Konsep Dasar dan Aplikasinya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Valentina, R. (2017). Hubungan Kompetensi dan Motivasi Kerja dengan Kinerja Tenaga Administrasi Sekolah di SMA Negeri se-Kabupaten Trenggalek. (Online). (http://ap.fip.um.ac.id/wp-content/uploads/2017/10/ARTIKELROSSA.pdf), diakses 25 April 2019.

Walgito, B. (2002). Psikologi Sosial. Yogyakarta: Andi Offset.

Wibowo. (2011). Manajemen Kinerja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Widodo, D. B., Imron, A., & Arifin, I. (2019). Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Tenaga Kependidikan. JAMP: Jurnal Adminitrasi dan Manajemen Pendidikan, 2(1), 10-16.

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research). Malang: Universitas Negeri Malang.

Zettira, E. T. (2018). Hubungan Sikap Mahasiswa terhadap Penelitian dengan Motivasi dalam Menyelesaikan Skripsi pada Mahasiswa Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. (Online), (http://digilib.unila.ac.id/30165/3/SKRIPSI%20%20BAB%20.pdf), diakses 25 April 2019.

Zulfa, M. Y., Daharnis, D., & Syahniar. (2017). Hubungan antara Locus of Control dan Persepsi Peserta Didik tentang Pendidikan dengan Motivasi Belajar serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(2), 194-205.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Adiska Indah Ayu Rahmawati, Ahmad Yusuf Sobri



 

Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan is indexed by:

       

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Web Analytics Made Easy - StatCounter IP Stats