Kesiapan Sarana dan Prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0

Iis Nawati, Arief Sadjiarto, Lelahester Rina

Abstract


Abstract: This study aims to determine the readiness of facilities and infrastructure in improving the quality of education to face the industrial revolution 4.0. The research used a qualitative descriptive approach at SMP Pangudi Luhur Salatiga. In this study, the analysis unit was used, namely facilities and infrastructure, while the observation unit was the principal, deputy head of the facilities and infrastructure sector, and educators. Data collection techniques using observation, interviews, questionnaires, and documentation using triangulation techniques. Meanwhile, data analysis was carried out interactively with data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Conclusions from the study: (1) the planning of facilities and infrastructure has been carried out well; (2) the procurement of facilities and infrastructure has not been carried out properly, the priority scale is determined by the foundation not the school; (3) the maintenance of facilities and infrastructure has not been carried out optimally; (4) the elimination of facilities and infrastructure has never been carried out by schools, items that are no longer used are put into school warehouses; and (5) there are developments in facilities and infrastructure in the field of technology, while the human resources that are owned are still not professionally trained.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan sarana dan prasarana dalam meningkatkan mutu pendidikan untuk menghadapi revolusi industri 4.0. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif di SMP Pangudi Luhur Salatiga. Pada penelitian ini menggunakan unit analisis yaitu sarana prasarana, sedangkan yang menjadi unit pengamatan yaitu kepala sekolah, wakil kepala bidang sarana dan prasarana, dan pendidik. Teknik pengumpulan data menggunakan pengamatan, wawancara, angket, dan dokumentasi dengan menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data dilakukan secara interaktif dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Simpulan dari penelitian: (1) perencanaan sarana dan prasarana sudah dilakukan dengan baik; (2) pengadaan sarana dan prasarana belum dilakukan dengan baik skala prioritas ditentukan oleh yayasan bukan pada sekolah; (3) pemeliharaan sarana dan prasarana belum dilakukan secara optimal; (4) penghapusan sarana dan prasarana belum pernah dilakukan oleh sekolah barang yang sudah tidak digunakan dimasukkan kedalam gudang sekolah; dan (5) adanya perkembangan sarana dan prasarana dalam bidang teknologi, sedangkan sumber daya manusia yang dimiliki masih belum yang terlatih secara profesional.


Keywords


Sarana Prasarana; Mutu Pendidikan; Revolusi Industri 4.0; Facilities and Infrastructure; Quality Education; Industry Revolution 4.0

Full Text:

PDF

References


Barnawi, & Arifin, M. (Yogyakarta). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. 2017: AR-RUZZ Media.

Cahyono, L. E., Budiwibowo, s., & Murwani, J. (2015). Analisis Penerapan 8 Standar Nasional Pendidikan pada SMP Negeri 2 Dolopo Kabupaten Madiun. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan, Vol 4 No 2 Hal 99-105.

Fadhli, M. (2017). Manajemen Peningkatan Mutu. Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, Vol 1 No 2 Hal 215-240.

Gavinov, I. T. (2016). Manajemen Perkantoran. Yogyakarta: Parana Publishing.

Hartoni, Amirudin, & Subandi. (2018). Implementasi Manajemen Sarana Prasarana di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan Islam, Vol 8 No 1 Hal 1-8.

Heri, E. I. (2019). Tantangan Pengembangan SDM Polri di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmu Kepolisian, Vol 13 No 2 Hal 90-105.

Kurniawati, P. I., & Sayuti, S. A. (2013). Manajemen Sarana Prasarana Di SMK N 1 Kasihan Bantul. Jurna Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol 1 No 1 Hal 98-108.

Maysitoh, Agung, D. F., & Afdal. (2018). Pendidikan Kejuruan di Era Industri 4.0 : Tantangan dan Peluang Karier. Indonesian Journal Of School Counseling, Vol 3 No 3 Hal 89-96.

Minarti, S. (2017). Manajemen Sekolah:Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Yogyakarta: AR-RUZZ Media.

Moleong, L. J. (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad, S., & Rahman, M. (2017). Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Untuk Meningkatkan Mutu Sekolah Dasar Islam Insan Kamil Bacan Kabupaten Halmahera Selatan. Jurnal Pendidikan, Vol 15 No 1, Hal 610-620.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan

Perdana, N. S. (2019). Ketercapaian Sekolah Berasrama Dalam Upaya Peningkatan Mutu dan Akses Pendidikan Achievements School Of Relationship In Efforts To Improve Quality And Access Of Education. jurnal Edutech, Vol 18 No 2 Hal 219-237.

Priansa, D. J. (2015). Manajemen Perkantoran Efektif, Efisien, dan Profesional. Bandung: Alfabeta.

Rahayu, S. M., & Sutama. (2015). Pengelolaan Sarana dan Prasarana Pendidikan Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan, Vol 27 No. 2 Hal 123-129.

Savitri, A. (2019). Revolusi Industri 4.0 Mengubah Tantangan Menjadi Peluang di Era Revolusi Industri 4.0. Yogyakarta: Genesis.

Sedana, I. M. (2019). Guru Dalam Peningkatan Profesional Agen Perubahan dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Penjaminan Mutu, Vol 5 No 2 Hal 179-189.

Sugiono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta .

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV Alfabeta.

Suryani. (2017). Manajemen Sarana Prasarana dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan Islam, Vol 7 No 2 Hal 158-174.

Tanggela, M. (2013). Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sarana dan Prasaran Sekolah di SMP Negeri 2 Batu. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol 1 No 1 Hal 26-34.

Umiarso, & Gojali, I. (2010). Manajemen Sekolah Mutu di Era Otonomi Pendidikan. Yogyakarta: IRCiSoD.

Yulianti, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pelajaran Saint di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, Vol 5 No 2, Hal 167-171.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v5i12020p315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats