MODEL KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DASAR DALAM LATAR BUDAYA MASYARAKAT PENDALUNGAN
Abstract
Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan karakteristik kepemimpinan
kepala sekolah dasar dalam latar budaya masyarakat Pendalungan, (2) mendeskripsikannilainilai
yang diterapkan oleh sekolah dalam budaya masyarakat Pendalungan, (3) menemukenali
model peningkatan profesionalisme guru yang dilakukan kepala sekolah dasar dalam latar
budaya masyarakat Pendalungan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan
jenis penelitian fenomenologis sosiologis.Sumber data terdiri dari dua macam, yaitu insani
(kepala sekolah, guru dan siswa) dan non insani (literatur dan bahan cetakan yang relevan).
Teknikpengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi.Analisis
data dilakukan dengan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian adalah (1)Kepemimpinan
kepala sekolah bersifat terbuka, bijaksana dan berwibawa terutama dalam pengambilan
keputusan dengan kebijakan yang dibuat dengan melibatkan seluruh guru, (2) nilai-nilai yang
diterapkan oleh sekolah berdasarkan nilai budaya masyarakat Pendalungan dan nilai-nilai
Islam, dan (3) pengembangan profesionalisme guru dalam rangka peningkatan kemampuan
personel sekolah melaksanakan tugas dan fungsinya dilakukan dalam berbagai teknik.
Kata kunci: kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, budaya Pendalungan
Abtract: This study aims to (1) describe the characteristics of the leadership of school
principals in the background of Pendalungan culture, (2) describe the values applied by the
Pendalungan culture, (3) identify the model of improving the professionalism of elementary
school teacher conducted by principal in the background of Pendalungan culture. This
study used a qualitative approach, sociological phenomenological research. The data source
consists of two kinds, human source (principals, teachers, and students), and non-human
source (literature and relevant printed materials). The technique of collecting data using
interviews, observation and documentation. Data were analyzed by descriptive qualitative
method. The results of the study are (1) the principal’s leadership is open, thoughtful and
authoritative, especially in decision-making with the policies made by involving all teachers,
(2) the values adopted by the school based on the value of culture Pendalungan and Islamic
values, and (3) professional development of teachers in order to improve the ability of school
personnel carry out their duties and functions performed in various techniques
Keyword: the leadership of school principals, he professionalism of teacher, Pendalungan
culture
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v1i12016p80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.