Management of LPM Islamic Boarding Schools in Improving Quality of Community Education case Study of Wahid Hasyim Islamic Boarding School, Sleman Yogyakarta

Moh. Syamsul Falah

Abstract


ABSTRAK

 

Pesantren dibutuhkan memiliki LPM agar dapat mengontrol dan meningkatkan mutu pendidikan masyarakat yang ada di sekitar, khususnya desa binaannya. Untuk itu, dibutuhkan penerapan manajemen yang profesional dalam menanganinya. Melalui fungsi manajemen, baik perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pengawasannya.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan.

                Hasil penelitian LPM PPWH dalam meningkatkan mutu pendidikan masyarakat dengan menerapkan fungsi manajemen: (1) LPM dalam perencanaan kegiatannyamelibatkan tokoh masyarakat desa binaan, baik dalam rapat bulanan atau tahunan termasuk dalam menentukan tujuan kegiatan keagamaanya, serta dalam mengmbil keputusannya; (2) LPM dalam pengorganisasian telah mempersiapkan para anggtonya dalam pembagian job discription juga melibatkan anggota biasa LPM PPWH sebagai penyemangat dalam mewujudkan kegiatan desa binaannya; (3) LPM dalam penggerakan kegiatan desa binaannya mengelompokkan santri atau pengurus inti LPM dalam satu kamar, mengadakan pengembangan SDM ustaz atau ustzah juga dai atau daiyah sehingga mereka siap diterjunkan ke masyarakat binannnya; dan (4) LPM dalam pengawasamelakukan pengawasan dan evaluasi pada kinerja pengurus juga kegiatan yang telah disepakti sebagai bentuk tanggung jawabnya.

<w:LsdException Locked="false" Priority="6

Keywords


Manajemen LPM Pesantren, Peningkatan Mutu, Pendidikan Masyarakat

Full Text:

PDF

References


REFERENCES

Abdullah, Ambo Enre. 2005. Pendidikan di Era Otonomi Daerah. Yogyakarta: Pustaka Timur.

Arcaro, J.S. 2006. Pendidikan Berbasis Mutu: Prinsip-prinsif Perumusan dan Tata Langkah Penerapan. (Terjemanahan Yosal Iriantara). St. Lucie press. (Buku asli diterbitkan tahun 1995).

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan. Jakarta: Rineka Cipta

Bush, Tony & Coleman, Marianne. (2000). Leadership and strategic management in education. London: Paul Chapman Publishing Ltd.

Danim, Sudarman. 2002. Agenda Pembaharuan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depag. 2003. Pola Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pondok Pesantren. Jakarta: Ditpekapontren Ditjen Kelembagaan Agama Departemen Agama RI.

Drucker, F.P. 1981. Manajemen, Tugas Tanggungjawab Praktek. (Terjemahan Sitor Situmorang, Frans Hendra, B.N. Marbun S.H). Tokyo: Charles E. Tuttle, Co. Inco.

Haedari, Amin. 2004. Panorama Pesantren dalam Cakrawala Modern. Jakarta: Diva Pustaka.

Haedari, Amin. & M. Ishom El-Saha. (Eds). 2004. Peningkatan Mutu Terpadu Pesantren dan Madrasah Diniyah. Jakarta: Diva Pustaka.

Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Nugroho, Heru. 2004. Menumbuhkan Ide-ide Kritis. (Rev. ed.). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lunenburg, F.C. & Ornstein, A.C. 2000. Educational Administration Concept and Practices. (3rd). Canada: Thomson Learning.

Miles, B. M., & Haberman, A. M. 1984. Qualitative Data Analysis. London new Delhi: Sage Publications.

Masyhud, M. Sulthon & Khunurridlo, Moh. 2003. Manajemen Pondok Pesantren. Jakarta: Diva Pustaka.

Robbins, P.S. 2001. Organizational Behavior. New Jersey: Prentice-Hall- Inc.

Rofiq, A. 2005. Pemberdayaan Pesantren. Yogyakarta: Pustaka Pesantren.

Sahertian, P.A. 1985. Dimensi Administrasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Sallis, Edward. 2006. Total Quality Management in Education. (Terjemahan Ahmad Ali Riyadi & Fahrurrozi). Yogyakarta: IRCiSoD.

Schoderber, P.P., Cosier, A.R., & Aplin, C.J. (Eds) (1988). Management. New York: Harcourt Brace Jonovich.

Siagian, P.S. 1992. Fungsi-fungsi Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudjana. 2000. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Reksohadiprodjo, Sukanto. 1998. Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Syafaruddin. 2002. Manajemen Mutu Terpadu dalam Pendidikan Konsep, Strategi, dan Aplikasi.

Sagala, Syaiful. 2005. Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Syamsudduha. 2004. Manajemen Pesantren. Yogyakarta: Grga Guru.

Tampubolon, D.P. 2001. Perguruan Tinggi Bermutu Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Terry, G.R. 1997. Principles of Management. (7th). Ontario: Richard D. Irwin. Inc.

Usman, Husaini. 2004. Diklat Manajemen, Diklat ini, tidak diterbitkan, Universitas Negeri Yogyakarta pascasarjana, Yogyakarta.

Yasmadi. 2005. Modernisasi Pesantren. (Rev. ed). Jakarta: Quantum Teaching.

Yuristiadi, Ghifari. 2003. Menggagas Pesantren Masa Depan. Yogyakarta: Qirtas.

Zubaedi. 2005. Pendidikan Berbasis Masyarakat. Yogyakarya: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats