Online Learning Management of Physical and Sports Education at Senior High School in Sumenep During Covid 19 Pandemic

Abdul Azis, Dian Helaprahara, Ainur Rasyid, Andi Fepriyanto, Nugroho Agung Supriyanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan manajemen pembelajaran online pendidikan jasmani dan olahraga di sebuah SMA di Sumenep selama penerapan kebijakan Belajar dari Rumah selama pandemi COVID 19. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif, dengan menggunakan guru, siswa, dan orang tua sebagai subjek penelitian yang diambil secara purposive, dengan data diperoleh melalui dokumentasi, wawancara, dan observasi. Temuan menunjukkan bahwa guru sebagai pelaksana proses pembelajaran menyusun rencana pelaksanaan proses pembelajaran yang disesuaikan dengan skenario dan kondisi yang berubah di Sumenep. Namun, keterlibatan orang tua belum mencukupi sebelum, selama, dan setelah pelaksanaan pembelajaran. Pendekatan PEDATI digunakan untuk mengajar pendidikan jasmani dan olahraga di tingkat SMA di Kabupaten Sumenep (Belajar, Mendalam, Menerapkan, dan Mengevaluasi). Penilaian hasil belajar dilakukan dengan evaluasi tugas siswa, yang dapat berupa video atau tugas tertulis.


Keywords


Online Learning Management; physical and sports education; covid 19 pandemic

Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281–288.

Atsani, K. H. L. G. M. Z. (2020). Transformasi media pembelajaran pada masa Pandemi COVID-19. Al-Hikmah: Jurnal Studi Islam, 1(1), 82–93.

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140.

Ibad, A. Z. (2020). Pemilihan Metode Dan Media Pembelajaran Dalam Blended Learning. Promis, 1(2), 85–94.

Jultri, S. (2021). Desain Pembelajaran Pedati Sebagai Alternatif Pengembangan Metode Asinkron. Prosiding Seminar Nasional Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia (SemNas PBSI)-3, 61–66.

Lilawati, A. (2020). Peran orang tua dalam mendukung kegiatan pembelajaran di rumah pada masa pandemi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 549–558.

Mustafa, P. S., & Dwiyogo, W. D. (2020). Kurikulum Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan di Indonesia Abad 21. JARTIKA Jurnal Riset Teknologi Dan Inovasi Pendidikan, 3(2), 422–438.

Oktawirawan, D. H. (2020). Faktor pemicu kecemasan siswa dalam melakukan pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(2), 541–544.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis proses pembelajaran dalam jaringan (daring) masa pandemi covid-19 pada guru sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19 (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224.

Salsabila, U. H., Sari, L. I., Lathif, K. H., Lestari, A. P., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Sudrajat, J. (2020). Kompetensi guru di masa pandemi COVID-19. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 13(1), 100–110.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.

Wina, S. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Rajawali Pers. Jakarta.

Yerusalem, M. R., Rochim, A. F., & Martono, K. T. (2015). Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 3(4), 481–492.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats