ANALISIS REFERENSI SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN DALAM MEMILIH PROGRAM STUDI DI PERGURUAN TINGGI

Urzu Rahmad

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to find out how many references obtained by students to recognize the study program that will be selected, how much contribution from each reference that affects students in choosing courses in college, and which reference sources are the greatest effect on students in election course. This research uses a quantitative approach with descriptive-explorative design. The population of this study as many as 3.643 students with a sample of 331 students obtained through the technique proportional random sampling. Data were collected through a questionnaire of 31 questions. The result of this research are: (1) reference source obtained by students to choose study program in college that is: family impulse factor, mass media factor, personal interest factor, and environmental factor; (2) contribution of each reference source start from smallest to the largest, as follows: environmental factors, personal interest factors, mass media factors, and family encouragement factors; and (3) the greatest reference source of influence on the selection of courses is the factor of family encouragement.

 

Keywords: references students, election courses, colleges

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak referensi yang diperoleh siswa guna mengenali program studi yang akan dipilihnya, seberapa besar kontribusi dari masing-masing referensi yang mempengaruhi siswa dalam memilih program studi di perguruan tinggi, dan sumber referensi mana yang paling besar pengaruhnya terhadap siswa dalam pemilihan program studi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan deskriptif-eksploratif. Populasi penelitian ini sebanyak 3.643 siswa dengan sampel penelitian 331 siswa yang didapat dengan melalui teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket yang berjumlah 31 pertanyaan. Hasil penelitian ini adalah: (1) sumber referensi yang diperoleh siswa untuk memilih program studi di perguruan tinggi yaitu: faktor dorongan keluarga, faktor media massa, faktor kepentingan pribadi, dan faktor lingkungan; (2) kontribusi masing-masing sumber referensi mulai dari terkecil hingga terbesar, sebagai berikut: faktor lingkungan, faktor kepentingan pribadi, faktor media massa, dan faktor dorongan keluarga, dan (3) sumber referensi yang paling besar pengaruhnya terhadap pemilihan program studi adalah faktor dorongan keluarga.

 

Kata Kunci: referensi siswa, pemilihan programstudi, perguruan tinggi

 

DOI: 10.17977/um025v2i22018p147


Full Text:

PDF

References


Benty, D. D. N., dan Gunawan, I. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dan Masyarakat. Malang: Universitas Negeri Malang, UM Press.

Danusaputra, M. 2006. Hukum Lingkungan. Bandung: Binacipta.

Djamarah, S. B. 1994. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Rineka Cipta.

Gunawan, I. 2014. Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 41(1), 44-52.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2007. Musyawarah Guru Mata Pelajaran dan Kemampuan Mengelola Kelas untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Manajemen Pendidikan, 20(1), 21-31.

Gunawan, I., dan Benty, D. D. N. 2017. Manajemen Pendidikan: Suatu Pengantar Praktik. Bandung: Alfabeta.

Imron, A. 2012. Manajemen Peserta Didik Berbasis Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kotler, P. 2010. Marketing Management. New Jersey: Pearson.

Mangkunegara, A. P. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Remaja Rosda Karya.

Purwanta, E. 2013. Dukungan Keluarga Orangtua dalam Karier terhadap Perilaku Eksplorasi Karier Siswa SMP. Jurnal Teknodika, 10, 127-140.

Schiffman, L., dan Kanuk, L. L. 2008. Perilaku Konsumen. Terjemahan oleh Sarwiji. Jakarta: PT Indeks.

Schunk, D. H. 2012. Teori-Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan. Terjemahan oleh Eva Hamidah dan Rahmat Fajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Setiadi, N. J. 2013. Perilaku Konsumen: Perspektif Kontemporer pada Motif, Tujuan, dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Tapiheru, J. 2016. Rational-Choice Theory. (Online), (http://elisa1ugm.ac.id/files/PSantoso_Isipol/1VqiBwkh/RATIONAL%20CHOICE%20THEORY.pdf), diakses 5 Oktober 2016.

Uno, H. B. 2006. Orientasi Baru dalam Psikologi Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v2i22018p147

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats