Analysis of Special School Principal's Ability in Implementing SWOT Strategis to Improve School Quality

Asep Sunandar, Ranti Novianti, Ade Dian Firdiana

Abstract


Kepala sekolah menjalankan peran penting dalam mewujudkan sekolah berkualitas, seorang kepala sekolah diharuskan memiliki kemampuan analisis strategi dan rekaya manajemen. Riset ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan kepala sekolah luar biasa dalam menetapkan strategi pengembangan sekolah serta desain manajemen yang mendukung terimplementasikannya strategi secara tepat. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Populasi dan sampel dalam penelitian ini yakni Kepala SLB se-Provinsi Jawa Timur dengan jumlah sampel sebanyak 108 orang. Hasil penelitian menunjukkan secara akumulatif para kepala sekolah tersebut 55,2% berada pada kategori sangat baik, 11,1% baik, 32,8% kurang baik dan 0,9% tidak baik sehingga dapat dinyatakan bahwa kemampuan kepala sekolah rata-rata kurang memenuhi syarat sebagai pemimpin yang mampu menetapkan strategi dengan analisis SWOT. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sekolah luar biasa. Terdapat 2 indikator yang lemah yaitu pada Implementasi Teknologi Informasi, Evaluasi dan Tindaklanjut. Sehingga peneliti merekomendasikan perlunya peningkatan kemampuan kepala sekolah pada kedua aspek tersebut.


Keywords


kepala sekolah, strategi, SWOT

Full Text:

PDF

References


Emet GÜREL. (2017). SWOT ANALYSIS: A THEORETICAL REVIEW. The Journal of International Social Research, Volume: 10(Issue: 51), 1–23.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v6i3p105

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JMSP (Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan)

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats