KONSTRIBUSI ESENSIALISME DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Junaidin Junaidin, Komalasari Komalasari

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to know the basic concepts of 2013 Curriculum, essentialism philosophy and essentialism contributions in the implementation of the 2013 Curriculum. This research includes qualitative, interpretive, and literature. The source of this research data comes from the literature related to the object of study, in the form of books and journals that are used as primary sources. The data collection method used is collecting and analyzing various documents carried out by bibliographic annotation techniques and literature review.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui konsep dasar Kurikulum 2013, filsafat esensialisme dan sumbangan esensialisme dalam implementasi Kurikulum 2013.Penelitian ini termasuk kualitatif, interpretif, dan kepustakaan. Sumber data penelitian ini berasal dari literatur yang terkait dengan objek kajian, berupa buku dan jurnal yang dijadikan sumber primer. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menghimpun dan menganalisis berbagai dokumen yang dilakukan dengan teknik anotasi bibliografis dan review literatur.


Keywords


Kurikulum 2013; Implementasi Kurikulum; Esensialisme; 2013 Curriculum; Implementation Curriculum; Essentialism

Full Text:

PDF

References


Ali, M & Ali, M. 2004. Filsafat Pendidikan Muhammadiyah: Tinjauan Historis Dan Praksis. Tajdida. 2. (2): 123 – 140.

Donal, O. 2012. Driyarkara: pendidikan sebagai pemanusiaan manusia muda. Diunduh dari http://kampusbebeck.blogspot.com/2012/06/normal-0-false-false-false-en-us-x-none.html, pada tanggal 15-12-2018, pukul 5:38 AM

Evans, D., Kowanko, I. 2000. Literature Reviews: Evolution of a Research Meodology. Australian. Journal of Advanced Nursing. 18 (2): 33-38.

Gall, M.D., Gall, S.P., Borg, W.R. (2003). Educational Research; an Introduction. Boston: Pearson Education, Inc.

Galvan, J. 2006. Writing Literature Reviews: A Guide for Student of the Behavioral Sciences (Third Editions). Glendale CA: Pyrczak Publishing.

Gutek, G.E. 1974. Philosopical alternatives in education. Ohio: Charles E. Merrill Publishing Company.

Hernawan, A.H dan Cynthia, R. 2011. Pengertian, Dimensi, Fungsi, dan Peranan Kurikulum. Jakarta: Rajawali Press.

Kahar. 2014. Aliran Esensialisme dalam Filsafat Pendidikan. http://kumpulanmakalahdanartikelpendidikan.blogspot.com/2011/01/aliran-esensialisme-dalam-filsafat.html, 18-12-2018, pukul 19.44 pm.

Kwartolo, Y. 2014. Kurikulum 2013 dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Pendidikan Penabur.23 (3): 11-14.

Milles, M.B dan Huberman, AM. 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. (Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi). Jakarta: UI-Press.

Nasution, S. 2012. Kurikulum & Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Permendikbud nomor 20 tahun 2016 tentang standar kompetensi lulusan. Jakarta: Kemdikbud.

Permendikbud nomor 21 tahun 2016 tentang standar kompetensi isi. Jakarta: Kemdikbud.

Permendikbud nomor 22 tahun 2016 tentang standar kompetensi proses. Jakarta: Kemdikbud.

Permendikbud nomor 23 tahun 2016 tentang standar kompetensi penilaian. Jakarta: Kemdikbud.

Salamah, U. 2016. Strategi sekolah menghadapi gempuran MEA. https://siedoo.com/berita-702-berita-pendidikanstrategi-sekolah-menghadapi-gempuran-mea/, diunduh pada Senin, 17 Desember 2018, pukul 19:35 PM.

Stemler, S. 2012. An Overview of Content Analysis. Practical Assesment, Research and Evaluation. 7 (17): 1-10.

Suparlan, H. 2015. Filsafat Pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan Sumbangannya Bagi Pendidikan Indonesia. Jurnal Filsafat. 25 (1); 24-32.

Suryosubroto, B. 2010. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Thaib, M.I. 2015. Essensialisme dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Mudarrisuna. 4 (2): 75-86.

Triwiyanto, T. 2016. Manajemen Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wiwit, K. 2015. Filsafat pancasial menurut Notonegoro. http://thesourthborneo22.blogspot.com/2013/01/filsafat-pancasila.html, 18-12-2018, 20.53 pm.

Yunus, H., A. 2016. Telaah Aliran Pendidikan Progresivisme dan Esensialisme Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan. Jurnal Cakrawala Pendas. 2 (1): 67-79.

Zhang, Y., Wildemuth, B.M. 2009. Qualitative analysis of content. In B. WIldemuth (Ed.). Applications of Social Research Methods to Questions in Informaation and Library Science. Wesport CT: Libraries Unlimited.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um025v3i32019p137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Junaidin Junaidin, Komalasari Komalasari

Hasil gambar untuk logo zotero ukuran kecil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats