PRESTASI BELAJAR MAHASISWA ANGKATAN 2018 ANTARA SEMESTER GENAP TAHUN 2018/2019 DAN 2019/2020

Heri Irawan, Siti Nurrochmah

Abstract


The purpose of the study to find out and examine whether there are differences in even semester learning achievement between 2018/2019 and 2019/2020 in students of the 2018 class of Prodi PJKR-FIK-UM. The design in this study uses causal comperative design. The population in this study was 40 students of Prodi PJKR-FIK-UM. Samples taken using purposive random sampling technique 90 percent. Data analysis technique using T α is 0.05. There is no difference in even semester learning achievement between 2018/2019 and 2019/2020 in students of the 2018 class of Prodi PJKR-FIK-UM.

Tujuan penelitian untuk mengetahui dan mengkaji apakah ada perbedaan prestasi belajar semester genap antara tahun 2018/2019 dan 2019/2020 pada mahasiswa angkatan 2018 Prodi PJKR-FIK-UM. Rancangan dalam penelitian ini menggunakan rancangan causal comperative. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Prodi PJKR-FIK-UM yang berjumlah 39 orang. Sampel yang diambil menggunakan teknik purposive random sampling 90 persen. Teknik analisis data menggunakan uji T α is 0,05. Tidak terdapat perbedaan prestasi belajar semester genap antara tahun 2018/2019 dan 2019/2020 pada mahasiswa angkatan 2018 Prodi PJKR-FIK-UM.


Keywords


Learning Achievement; Even Semester 2018/2019 and 2019/2020; Prestasi Belajar, Semester Genap 2018/2019 dan 2019/2020

Full Text:

PDF

References


A.M. Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo. Jakarta: Rajagrafindo.

Arifin, Z. 2012. “Evaluasi Pembelajaran.” Bandung: Remaja Rosdakarya.Djamarah. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetisi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Febianti, Yopi Nisa, and Mohamad Joharudin. 2018. “Faktor-Faktor Ekstern Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa.” Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi 5(2): 76.

H. Gani Ali. 2014. “Prinsip-Prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik Dan Peserta Didik.” Jurnal Al-Ta’dib tanggung 6(1): 31–42.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hidayat, H. 2010. “Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Mata Diklat PDTM. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 10(1).”

Husnawati, M. M., & Aila, R. “Perbedaan Prestasi Belajar Mahasiswa Lulusan Madrasah Aliyah Dan Sekolah Menengah Umum Pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Fitra, 3(1).” 2018.

Kuntarto, Eko. 2017. “Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi.” Journal Indonesian Language Education and Literature 3(1): 53–65. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN.

M.Nur.Ghufron & Rini Risnawati 2012. Gaya Belajar. Jogjakarta: Pustaka Belajar.

Moore, Joi L., Camille Dickson-Deane, and Krista Galyen. 2011. “E-Learning, Online Learning, and Distance Learning Environments: Are They the Same?” Internet and Higher Education 14(2): 129–35.

Mudjiono, D. D. 2015. Belajar Dan Pembelajaran. Rineka Cip. Jakarta.

Ningsih, Sulia. 2020. “Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19.” JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran 7(2): 124–32.

Rahyubi, Heri. 2014. Teori-Teori Belajar Dan Aplikasi Pembelajaran Motorik Deskripsi Dan Tinjauan Kritis. Bandung: Nusa Media.

Rusman. 2017. Belajar Dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

slameto. 2015. Slameto. (2015). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta. Jakarta: Rineka cipta.

Soepardjo, S. 2013. “Kontribusi Status Sosial Ekonomi Keluarga dan Sikap Kebangsaan Terhadap Prestasi Belajar Sejarah. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 17(1), 106-126.”

Sofyana, Latjuba, and Abdul Rozaq. 2019. “Pembelajaran Daring Kombinasi Berbasis Whatsapp Pada Kelas Karyawan Prodi Teknik Informatika Universitas Pgri Madiun.” Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI) 8(1): 81.

Sunendar, Dadang, dkk. (Tim Penyusun KBBI Edisi Kelima). (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Badan Pengembangan Dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Suparlan. (2005). Menjadi Guru Efektif.

Tang, Chun Meng, and Lee Yen Chaw. 2013. “Readiness for Blended Learning: Understanding Attitude of University Students.” International journal of cyber society and education 6(2): 79–100.

Wiarto, G. 2015. Inovasi Pembelajaran Dalam Pendidikan Jasmani. Jogjakarta: Laksitas.

Widiyono, Aan. 2020. “Efektifitas Perkuliahan Daring (Online) Pada Mahasiswa PGSD Di Saat Pandemi Covid 19.” Jurnal Pendidikan 8(2): 169–77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Journal of Sport and Physical Education
ISSN : 2714-6693(online)

Email: ijspe.journal@um.ac.id

Indonesia Journal of Sport and Physical Education is indexed by:

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License