Pengembangan Variasi Latihan Pukulan Smash Dan Netting pada Permainan Bulutangkis Menggunakan Aplikasi Android

M. Auliya Akhsan Al Wahib, Taufik Taufik, Sapto Adi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan produk berupa media aplikasi android mengenai variasi latihan pukulan smash dan netting bulutangkis. Adanya media aplikasi android ini diharapkan atlet bulutangkis di PB Djagung mampu menguasai variasi pukulan smash dan netting dengan baik. Metode penelitian ini menggunakan research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan dari Sugiyono yang terdiri dari 10 (sepuluh) tahapan, akan tetapi pada penelitan ini peneliti hanya sampai 7 (tujuh) tahapan saja. Hasil validasi dari ahli bulutangkis 1 dan 2 rata-rata sebesar 96.7%, hasil validasi dari ahli media sebesar 95.7%, hasil dari uji coba kelompok kecil sebesar 90.75%, dan hasil dari uji kelompok besar sebesar 89.54%. Hasil validasi yang telah dilakukan pada ahli bulutangkis, ahli media android, serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar dapat disimpulkan bahwa produk yang telah dikembangkan memiliki kriteria sangat valid. Produk berupa media aplikasi android yang telah dikembangkan oleh peneliti berisikan menu utama adalah video variasi latihan pukuan smash dan netting bulutangkis, Aplikasi ini bisa di instal minimal android 4.0 sampai maksimal 8.0 yang dapat di download pada google play store secara gratis

Keywords


aplikasi android, latihan pukulan smash dan netting, bulutangkis

Full Text:

PDF

References


Aksan, H. (2013). Mahir Bulutangkis. Bandung: Nuansa Cendekia.

Alhusin, S. (2007). Gemar Bermain Bulutangkis. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Amir, Mohammad, F., Bagus, O., Januarto, & Fitriady, G. (2020). Upaya Meningkatkan Keterampilan Pukulan Forehand Smash Bulutangkis Dengan Menggunakan Model Variasi Latihan Untuk Atlet Usia 12-16 Tahun. 2(3), 182–194.

Aprianto, B. (2009). Perbedaan Pengaruh Latihan Dengan Metode Distributed Practice Dan Massed Practice Terhadap Kemampuan Smash Bulutangkis Pada Siswa Pemula Persatuan Bulutangkis Pelita Abadi Karanganyar. https://doi.org/10.1037/0003-066X.55.1.34

Balyi, S. (2005). Badminton England LTAD Steering Group. Sport England.

Bompa, T., & Buzzichelli, C. (2015). Periodization Training for Sports-3rd Edition.

Budiwanto, S. (2013). Dasar-Dasar Teknik dan Taktik Bermain Bulutangkis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Ejem, A. (2017). Application of Multimedia Platforms for Improving Child Education in Nigeria. Internet of Things and Cloud Computing, 5(4), 64. https://doi.org/10.11648/j.iotcc.20170504.11

Grice, T. (2007). Bulutangkis: Petunjuk Praktis untuk Pemula dan Lanjut. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hasbi, A. abror. (2019). Pengembangan Model Latihan Pukulan Netting dan Smash Pada Permainan Bulutangkis Untuk Atlet Badminton Federation Universitas Negeri Malang. karya ilmiah um.ac.id.

Kemendikbud. (2017). Shutlecock Menari Indah di Udara. In Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lubis, J. (2013). Panduan Praktis Penyusunan Program Latihan. Jakarta: Rajawali Pers.

Muhammad Anwar Syaputra. (2016). Aplikasi Pembelajaran Olahraga Parkour dan Penanganan Cedera Berbasis Android.

Setyawan, F. H., & Bajuri, P. E. (2018). Penggunaan Kamus Olahraga Berbasis Android dalam Penguasaan Istilah Asing Bidang Olahraga. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 97. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v7i2.1564

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wibowo, S. (2016). Perancangan Aplikasi Latihan Fitnes untuk Pemula Berbasis Multimedia.

Yuliawan, D. (2017). Bulu Tangkis Dasar. Yogyakarta: CV Budi Utama.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indonesia Journal of Sport and Physical Education
ISSN : 2714-6693(online)

Email: ijspe.journal@um.ac.id

Indonesia Journal of Sport and Physical Education is indexed by:

 


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License