Pengenalan Bentuk Bangun Datar melalui Media Colour Geometry bagi Anak Usia 3-4 Tahun
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan proses stimulasi pengenalan bentuk bangun datar pada anak usia 3-4 tahun 2) meningkatkan kemampuan mengelompokkan ukuran dan bentuk bangun datar melalui media colour geometry. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan model Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak Kelompok Bermain yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terjadi peningkatan dalam kemampuan mengenal bentuk bagun datar, meliputi: a) mengenal bentuk bangun datar; b) mengelompokkan ukuran bangun datar; c) mengelompokkan bentuk bangun datar. 2) Media colour geometry dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar, mengelompokkan ukuran bangun datar dan mengelompokkan bentuk bangun datar sebesar 86,6%, dengan hasil pada siklus I diperoleh 73,3% anak yang berada pada kriteria berkembang sangat baik. Pada siklus II diperoleh 80% anak yang kemampuannya berkembang sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu media colour geometry dapat meningkatkan kemampuan mengenal bentuk bangun datar, mengelompokkan ukuran bangun datar dan mengelompokkan bentuk bangun datar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdussakir. 2010. Pembelajaran Geometri Sesuai Teori Van Hiele. Jurnal. Kependidikan dan Keagamaan, 7, (2), 1-12.
Arifin, Zainal. (2009). Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Asmawati. (2008). Pengelolaan Kegiatan Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta : Universitas Terbuka
Bird John. 2002. Matematika Dasar Teori dan Aplikasi Praktis. Jakarta: Erlangga
Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Hurlock, E. B. (1978). Child Developmet. Singapore: Mc Graw Hill.
Kanaria .2011. Pembelajaran matematika terpadu untuk anak usia dini. Bandung : CV. Alfabeta
Kartini Kartono. (1998). Psikologi Anak. Bandung : Mandor Maju
Lestari K.W. (2011). Konsep Matematika Untuk Anak Usia Dini. Direktorat Jendral Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan Informal: Jakarta
Martini Jamaris. (2006). Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia dini. Jakarta : Gramedia
Nidho. (2013). mengembangkan model pembelajaran tematik. Jakarta : PT Prestasi Pustakarya
Nur'eini, E. (2010). Pengembangan kemampuan komunikasi geometris siswa Sekolah Dasar melalui pembelajaran berbasis teori Van Hiele. Jurnal Saung Guru . 1 (2). hlm. 28-34
Prihandoko, Antonius C. 2006. Pemahaman dan Penyajian Konsep Matematika. Benar dan Menarik. Jakarta: Depdiknas
Rosyada, Dede. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: Gaung Persada
Seefeldt, Carol dan Barbara A.Wasik. 2008. Pendidikan Anak Usia Dini. Menyiapkan Anak Usia Tiga, Empat dan Lima Tahun Masuk Sekolah. Jakarta : PT Indeks
Sulistiyorini, Mikha. (2016). KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN GEOMETRI ANAK TK KELOMPOK A. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Edisi 6 Tahun ke-5 , 574- 585.
Susanto, Ahmad. 2012. Perkembangan Anak Usia Dini: PEngantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta: Kencana
Suwarsih, Madya. 1994. Panduan Penelitian Tindakan. Yogyakarta : Lembaga Penelitian IKIP. Yogyakarta
Suyanto, Slamet. (2008). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
Taringan, Daitin. (2006). Pembelajaran Matematika Reolistik. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional, direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Derektorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan da Ketenagaan Perguruan Tinggi
Triharso, Agung. (2013). Permainan Kreatif dan Edukatif untuk Anak Usia Dini. Yogyakarta : Andi Offset
Yudha dan Rudiyanto. (2004). Konsep Dasar Pendidikan Pra Sekolah. Bandung : UPI
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v3i1p28-39
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.