KONTRIBUSI METODE TANDUR DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN BAHASA ANAK

Dwi Ningtias

Abstract


Hasil studi pendahuluan yang dilakukan ditemukan kemampuan bahasa anak masih rendah, permasalahan tersebut muncul dikarenakan metode pembelajaran yang diberikan terlalu monoton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode TANDUR (Tumbuhkan, Alami, Namai, Demontrasi, Ulangi, dan Rayakan) dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan expost facto. Subjek pada penelitian ini sebanyak 30 responden yaitu guru TK. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana. Berdasarkan hasil perhitungan, penelitian ini menemukan bahwa metode TANDUR berkontribusi positif terhadap kemampuan bahasa, terutama pada kemampuan menyimak anak dalam pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh metode TANDUR terhadap kemampuan bahasa anak, dimana adanya penambahan nilai dari kemampuan bahasa anak yang meningkat disetiap satupersen metode TANDUR yang diterapkan. Penelitian ini memberikan implikasi terhadap guru dalam menstimulasi kemampuan bahasa anak, terlebih pada kemampuan menyimak anak dalam kegiatan pembelajaran. Dengan demikian kemampuan menyimak anak dapat maksimal, anak dapat berkonsentrasi lebih lama dari sebelumnya, dan perkembangan bahasa anak lebih baik sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara efektif dan efisien.


Keywords


Kemampuan Bahasa; Anak Usia Dini; Metode TANDUR;

Full Text:

PDF

References


Ambarnianti, Meilia. 2012. Pengaruh Penerapan Metode TANDUR terhadap Konsentrasi Belajar Anak Kelompok B Di TK Putra Harapan Bojonegoro. Jurnal PAUD Teratai. Volume 02 Nomor 02 Tahun 2013. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/2363). Diakses tanggal 11 Desember 2019

Bobby Deporter. 2010. Quantum teaching (Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-Ruang Kelas). Bandung : Penerbit Kaifa.

Dhieni, Nurbiana dkk. 2005. Metode Pengembangan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Hendryani, Iin. 2010. Pengaruh Model Pembelajaran TANDUR Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa (Quasi Eksperimen di SMP Nusantara Plus). Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: PPs Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Jogiyanto. 2014. Pedoman Survei Kuesioner.Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Madyawati, Lilis. 2016. Strategi Pengembangan Bahasa Pada Anak. Jakarta: Prenadamedia Group.

Rakhmawati, Nur Ika Sari. 2017. Metode Pengembangan Kemampuan Bahasa Anak. Surabaya: Unesa University Press

Setiawati, Reni Zuliyani dan Sri Setyowati. 2017. Pengaruh Metode Bercerita Berbasis Gambar

Seri terhadap Kemampuan Menyimak Anak Kelompok A. Jurnal PAUD Teratai. Volume 06 Nomor 01 Tahun 2017. (https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/902). Diakses tanggal 30 Oktober 2020

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Sujiono, Y. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sulistyowati, dan Nurhenti Dorlina Simatupang. (2014). Meningkatkan Kemampuan Menyimak Anak Melalui Strategi Simak-Kerjakan. Surabaya: FIP Universitas Negeri Surabaya

Suryana, Dadan. 2016. Pendidikan Anak Usia Dini (Stimulasi & Aspek Perkembangan Anak). Jakarta: Kencana.

Widodo, P. B. (2006). Reliabilitas dan Validitas Konstruk Skala Konsep Diri untuk Mahasiswa Indonesia. Jurnal psikologi universitas diponegoro, 3(1), 1-7




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v3i2p88%20-%2096

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.