Hubungan antara Pemahaman Kesetaraan Gender Orang Tua dan Kemampuan Sosial Anak Kelompok B Taman Kanak-Kanak

Duria Feby Yuan Margaretha

Abstract


Penelitian ini didasarkan pada pemahaman orang tua tentang kesetaraan gender antara anak laki-laki dan perempuan, dan disesuaikan dengan teori pendidikan anak usia dini terkait. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan hubungan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kuantitatif  korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, studi dokumentasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pemahaman kesetaraan gender orang tua dan kemampuan sosial anak kelompok B TK Negeri Pembina di Kota Malang dengan derajat hubungan sebesar 7,9%. Pemahaman orang tua anak mengenai kesetaraan gender termasuk kategori baik dengan skor rata-rata 32,84, sedangkan kemampuan sosial anak kelompok B termasuk kategori sangat baik dengan rata-rata 34,18.


Keywords


Gender, Kemampuan Sosial, PAUD

Full Text:

PDF

References


Ali, M. 2016. Hubungan Pola Asuh Responsif Gender dengan Kecerdasan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5(5), 2-15.

Badan Pusat Statistik (BPS) Tahun 2020 tentang Indeks Pembangunan Manusia (IPM)

Hurlock. 1978. Child Development. (6 ed.). Tokyo: McGraw Hill Inc.

Muafiah, E., & Fadly, W. 2019. Pengasuhan Anak Usia Dini Berperspektif Gender dalam Hubungannya terhadap Pemilihan Permainan dan Aktivitas Keagamaan Untuk Anak. PALASTREN Jurnal Studi Gender, 12(1), 1-30.

Nurbaiti, N. 2020. Kesetaraan Gender dalam Pola Asuh Anak Perempuan Gayo. Alim: Journal of Islamic Education, 2(2), 137-150.

Robbiyah dkk. 2018. Pengaruh Pola Asuh Ibu terhadap Kecerdasan Sosial Anak Usia Dini di TK Kenanga Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 76-84.

Santrock, J. W. 2010. Life-Span Development, 13th Edition. McGraw-Hill.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Informasi Manajemen Keuangan.

Yafie, dkk. 2020. Efektifitas Program Pelatihan Longitudinal Parenting Skill Terhadap Parenting Efficacy Orang Tua, Perkembangan Kognitif Dan Sosial Emosional Anak TK B. Malang: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v5i1p1-11

Refbacks



Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.