Analisis Program Rebo Nyunda Dalam Upaya Mengenalkan Budaya Sunda Pada Anak Usia Dini

Maudhy Julia Hartanto Putri

Abstract


Program rebo nyunda dalam upaya mengenalkan budaya sunda pada anak usia dini merupakan salah satu upaya dalam melestarikan salah stu budaya yang ada di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses pengenalan budaya sunda kepada anak usia dini melalui kegiatan rebo nyunda. Pendekata penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat deskriptif kualitatif. Dan teknik yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa program rebo nyunda mampu menjadi salah satu program untuk mengenalkan dan melestarikan budaya sunda kepada anak usia dini, dengan menggunakan pakaian adat kebaya untuk perempuan dan pangsi untuk laki-laki serta ikat kepala yang terbuat dari kain batik yag ditempelkan pin berbentuk kujang sebagai hiasan dari ikat kepala tersebut, dan menggunakan bahasa sunda selama berkomunikasi dengan teman sebaya ataupun dengan orang disekitar. Selain dengan menggunakan pakaian adat, anak-anak juga dikenalkan kosa kata sederhana menggunakan bahasa sunda seperti menyebutkan anggota tubuh, menyebutkan nama-nama hari, dan menyebutkan lambang bilangan menggunakan bahasa sunda. Penanaman nilai dan norma yang terkandung dalam budaya sunda juga dikenalkan kepada anak usia dini karena pada usia dini adalah usia dimana anak-anak mulai menapaki kehidupannya, dan harus diberikan stimulus yang terbaik agar menjadi anak-anak yang berguna bagi nusa dan bangsa, dan usia dini adalah usia emas atau usia dimana usia ini merupakan masa tumbuh kembang anak yang paling penting, dimana sel-sel dalam otak tumbuh secara maksimal.

Keywords


Rebo Nyunda; Pelestarian Budaya; Budaya Sunda; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Nasrullah, Ruli. (2018). Komuunikasi antar Budaya di era budaya Siberia. Kencana: Jakarta

Torobini. (2012). Relasi kemanusiaan dalam keberagaman (Mengembangkan etika sosial melalui pendidikan). Bandung: Karya Putra Darmawati.

Sutardi. Tedi. (2007). Antropologi mengungkap keragaman budaya. Bandung: PT Setia Purna Inves

Ranjabar. Jacabus. (2006). Sistem sosial budaya Indonesia, suatu pengantar. Bandung: Ghalia Indonesia.

Nahak. Hildigardis M.I. (2019). Upaya melestarikan budaya Indonesia di era grobalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 66-67.

Yulindrasari, Hani. Djoehaeni, Heny. Rebo nyunda: Is it decolonizing early childhood education in bandung, Indonesia?. Journal of Pedagogy 10(1), 60-61.

Risnawati, Anni. Nuraeni, Lenny. (2019). Meningkatkan kemampuan berbahasa sunda anak usia dini melalui kegiatan rebo nyunda di pendidikan anak usia dini. Jurnal Ceria 2(3), 245-246.

Choirunisa, Kulsum. Alia, Mirna Nur. (2016). The implementation of rebo nyunda program in fostering students local wisdom education. Edutech, 15(2),163-164.

Mufti, Hagia Anisa. (2015). Sosialisasi program rebo nyunda oleh Ridwan Kamil. e-Proceeding of Management, 2(1), 2




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v4i2p87-93

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.