Pelaksanaan Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Taman Kanak-Kanak Pembangunan Laboratorium UNP

Ineke Ayu Cantika, Indra Yeni

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah adalah untuk menggambarkan penyusunan, pelaksanaan, dan penilaian latihan yang dilakukan oleh pendidik dalam membina pengetahuan sensasi anak-anak di TK Pengembangan Laboratorium UNP. Teknik eksplorasi yang digunakan dalam penelitian ini tidak diragukan lagi dengan metodologi subjektif. Strategi pemerolehan informasi dalam ujian ini dibawakan melalui persepsi, pertemuan, dan dokumentasi. Strategi pemeriksaan informasi dilakukan dengan mengumpulkan informasi, mengurangi informasi, dan mencapai kesimpulan. Sedangkan strategi persetujuan informasi dalam pengujian ini menggunakan prosedur triangulasi. Hasil pemeriksaan ini menunjukkan bahwa pelaksanaan peningkatan wawasan sensasi anak-anak di Taman Kanak-Kanak di Pembangunan Laboratorium UNP telah ditingkatkan. Untuk memulainya sangat baik terlihat dari penyusunan yang dilakukan oleh pengajar dengan menyusun Program Semester (Prosem), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kedua, pelaksanaan latihan sesuai dengan pengaturan dan diidentikkan dengan wawasan sensasi, teknik yang digunakan bergilir meliputi strategi praktik langsung, teknik pertunjukan dan strategi tugas, media yang digunakan dapat menonjol bagi anak. Ketiga, penilaian yang digunakan adalah persepsi, eksekusi dan catatan anekdot. 


Keywords


Kecerdasan kinestetik, taman kanak-kanak

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azahra, Wilda. (2018). “Pengaruh Permainan Gerak Dan Lagu Terhadap Perkembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Di Taman Kanak-Kanak Warrahmah Batu Gadang Padang”. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, Padang.

Ikawati, Meri. 2011. “Upaya Meningkatkan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Senam Irama (Gerak berirama) Di TK Kemala Bhayangkari 12 Kota Pariaman”. Skripsi. FIP. Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang, Padang.

Samsudin. (2008). Pembelajaran Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Prenada Media Group.

Slamet Suyanto. (2005). Dasar-Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta :Hikayat Publising.

Susanto, Ahmad. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini (Konsep dan Teori). Jakarta: Bumi Aksara.

Suyadi. (2014). Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Wahyuni, Mareta dkk. (2015). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini.

Yus, Anita. (2011). Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v4i2p64-76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.