KENDALA GURU DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI GUGUS 3 TAMAN KANAK-KANAK KELURAHAN PARUPUK TABING KOTA PADANG

Aulia Rahma Yufadri

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui apa saja kendala yang dialami guru dalam memberikan pembelajaran secara daring pada masa pandemi covid-19 di gugus 3 taman kanak-kanak Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah 15 guru yang mengajar di gugus 3 taman kanak-kanak Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Cara pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner/angket yang disebar melalui google forms. Sedangkan untuk teknik analisis data dilakukan dengan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata- rata keseluruhan kendala guru dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19 di gugus 3 taman kanak-kanak Kelurahan Parupuk Tabing Kota Padang sebesar 67,07 (pada interval 64,4 - 69 atau 33%) pada ketegori kadang-kadang. Dalam arti lain, dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19  guru kadang-kadang mengalami kendala.


Keywords


Kendala guru; Pembelajaran daring; Pandemi Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Akmal, Helmi., dan Heri Susanto. (2018). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Berbasis Mobile Smartphone Sebagai Media Pengenalan Sejarah Lokal Masa Revolusi Fisik di Kalimantan Selatan Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Historia, 6(2), 197-206.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281-288.

Astiti, Kadek Ayu. (2017). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: ANDI.

Hidayat, Ujang. (2016). Model-model Pembelajaran Efektif. Sukabumi: Yayasan Budhi Mulia

Primayana, Kadek Hengki. (2020). Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Menghadapi Tantangan Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol.1, No.3, pp. 321-328).

Rigianti, Henry Aditia.(2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).

Rukajat, Ajat. (2018). Teknik Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Ruslan., dan Rusli Yusuf. (2017). Perencanaan Pembelajaran PPKn. Banda Aceh Syiah Kuala University Press.

Satrianingrum, Arifah Prima., dan Iis Prasetyo. (2021). Persepsi Guru dampak Pandemi Covid- 19 Terhadap Pelaksanaan Pembelajaran Daring di PAUD. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 633-640.

Sudjana, Nana dan Ibrahim. (2010). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, M Sobry. 2021. Stretegi Pembelajaran. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Yuliantina, Irma., dkk. (2021). Menyiapkan Satuan PAUD Dalam Kondisi Darurat. Madiun: Cv. Bayfa Cendekia Indonesia




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v4i1p28-36

Refbacks



Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.