Meningkatkan Kemampuan Memahami Bilangan Melalui Alat Permainan Edukatif Replika Bunga Angka Pada Kelompok B Di TK ABA Kemirikebo Turi
Abstract
Konsep bilangan mesti diperkenalkan kepada anak sejak dini, sebab akan menjadi dasar bagi pemahaman matematika berikutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran konsep bilangan melalui alat permainan edukatif replika bunga angka. Subjek penelitian ini yaitu sepuluh anak di kelompok B dan satu guru kelas B. jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data yang dipergunakan ialah observasi dan dokumentasi. Hasilnya didapatkan sebanyak 80% anak dengan kriteria BSB dan 20% dengan kriteria BSH. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa sebagian besar anak mampu memahami kegiatan bermain menggunakan alat permainan edukatif replika bunga angka sehingga terjadi peningkatan kemampuan memahami konsep bilangan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ariyanti, & Muslimin, Z. I. (2015). Efektivitas Alat Permainan Edukatif (APE) Berbasis Media dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung pada Anak Kelas 2 di SDN 2 Wonotirto Bulu Temanggung. Jurnal Psikologi Tabularasa, 58-69.
Faizuddin, M., & Mufarizuddin. (2018). Kegunaan Tepuk Tangan untuk Optimalkan Aspek Kognitif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 162-169.
Khaironi, M. (2018). Perkembangan Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age Hamzanwadi University, 1-12.
Okdiantari, E., & Komalasari, D. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif (APE) Prisma Angka untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 4-5 Tahun. PAUD Teratai- Jurnal Unesa, 1-4.
Rahayu, M. A., Lestari, P. I., & Cahaya, I. M. (2019). Implementasi Alat Permainan Edukatif Pohon Angka dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep dan Lambang Bilangan. Media Edukasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 28-37.
Rahmah, T., Sumardi, & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan Melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 118-128.
Ramaini. (2012). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Permainan Tabung Pintar di TK Negeri Pembina Lubuk Basung. Jurnal Imliah Pesona PAUD, 4.
Rekysika, N. S., & Haryanto. (2019). Media Pembelajaran Ular Tangga Bilangan untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 56-61.
Roliana, E. (2018). Urgensi Pengenalan Konsep Bilangan pada Anak Usia Dini. Prosiding Seminar dan Diskusi Nasional Pendidikan Dasar (hal. 417-420). Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.
Rosmiyati, & Wahyuni, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun dengan Bermain Kartu Domino di PAUD Nurjanah Pekanbaru. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 76-85.
Sari Dewi, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Mengenal Angka 1-10 Melalui Permainan Menjepit Kartu Angka di Kelompok A TK Kartika IX-10/Cangkurileung Kecamatan Tawang Kota Tasikmalaya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sriningsih, N. (2009). Pembelajaran Matematika Terpadu untuk Anak Usia Dini. Bandung: Pustaka Sebelas.
Sudaryanti. (2006). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sunarmi. (2017). Meningkatkan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Bermain Peran Pada Usia 4-5 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 1-4.
Wardani, E. K., & Suryana, D. (2022). Permainan Edukatif Setatak Angka dalam Menstimulasi Kemampuan Berfikir Simbolik Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1790-1798.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v4i2p111-117
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.