Implementasi Program Pendidikan Parenting Pada Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Learning from home during the Covid-19 pandemic, many parents had difficulty accompanying their children in studying. It is not easy for schools to gather and provide guidance to parents because it creates crowds. Various collaborations with parents are sought so that children continue to learn optimally. During the Covid-19 pandemic, Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang Kindergarten implemented an online parenting education program. Research during the Covid-19 pandemic at Kindergarten ABA 26 Malang aims to describe (a) a general description of the implementation of activities, (b) supporting factors for activities, (c) factors inhibiting activities, (d) results of implementing activities for parents and children. This research uses a descriptive qualitative research design. Data collection methods: observation, interviews, and documentation. Informants for this research: school principals, teachers and parents. The research results show that during the Covid-19 pandemic, the parenting education program at Kindergarten ABA 26 Malang was: providing a platform for offline and online parent consultations, parenting education seminars via the zoom meeting application and YouTube live streaming with expert speakers, involving parents at home at the peak theme. The stages of the parenting education program with resource persons are: preparation, implementation and evaluation stages.
Belajar Dari Rumah (BDR) pada masa pandemi covid-19 yang terjadi, banyak orang tua kesulitan mendampingi anak belajar. Sekolah tidak mudah mengumpulkan dan memberi pengarahan orang tua sebab menimbulkan kerumunan. Berbagai kerjasama dengan orang tua diupayakan agar anak tetap belajar optimal. Pada masa pandemi covid-19 TK Aisyiyah Bustanul Athfal 26 Malang melaksanakan program pendidikan parenting secara daring. Penelitian pada masa pandemi covid-19 di TK ABA 26 Malang bertujuan mendeskripsikan (a) gambaran umum pelaksanaan kegiatan, (b) faktor pendukung kegiatan, (c) faktor penghambat kegiatan, (d) hasil pelaksanaan kegiatan bagi orang tua terhadap anak. Penelitian ini menggunakan desain penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpul datanya: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini: kepala sekolah, guru, dan orang tua. Hasil penelitian bahwa pada masa pandemi covid-19 program pendidikan parenting TK ABA 26 Malang yaitu: menyediakan wadah konsultasi orang tua secara offline dan online, seminar pendidikan parenting melalui aplikasi zoom meeting dan live streaming youtube bersama narasumber ahli, pelibatan orang tua di rumah pada puncak tema. Tahapan program pendidikan parenting bersama narasumber yaitu: tahap persiapan, pelaksanaan dan evaluasi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriansyah, H. (2019). Administrasi Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. 1–4. https://doi.org/10.31227/osf.io/cxtvz
Ali Muttaqin, M. (2015). Parenting Sebagai Pilar Utama Pendidikan Anak Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.
Ariyati, T., & Purwokerto, U. M. (2016). Parenting di PAUD Sebagai Upaya Pendukung Tumbuh. Ilmiah Kependidikan, IX(2).
Ashari, C. D., Utami, N. W., & Susmini, S. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Perkembangan Kognitif Anak Usia 3-4 Tahun di PAUD Kecamatan Magelang Selatan. 2, 565–579.
Asmawati, L. (2021). Peran Orang Tua dalam Pemanfaatan Teknologi Digital pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 82–96. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i1.1170
Basuni, H. (2019). Program Parenting dalam Meningkatkan Kedeisiplinan Siswa. Tesis, Surabaya: Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasan, M. (2012). Pendidikan Anak Usia Dini. Jogjakarta: Diva Press.
Helmawati. (2015). Mengenal dan Memahami PAUD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Huliyah, M. (2016). Hakikat Pendidikan Anak Usia Dini. Aṣ-Ṣibyān: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemdikbud, pengelola web. (2020). Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah. Jakarta, 28 Mei 2020.
Kemendikbud. (2012). Petunjuk Teknis Penyelenggaraan PAUD Berbasis Keluarga (Parenting) Di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.
Kemendiknas. (2012). Pedoman Penyelenggaraan pendidikan anak usia dini berbasis keluarga.
Kurniawan, H., & Hermawan, R. (2016). Program Parenting Untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini. 1(1), 29–39.
Latif, M., Zukhairina, Zubaidah, R., & Afandi, M. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media group.
Lestari, S. (2014). Penanaman Nilai dan Penanganan Konflik dalam Keluarga. Journal of Chemical Information and Modeling.
Mauanah, siti nur, & Suprijono, A. (2016). Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga ( Motiv Keterlibatan Orang Tua dalam Parenting Education ) Siti Nur Mauanah Agus Suprijono. Parenting Education Sebagai Pendidikan Keluarga (Motiv Keterlibatan Orang Tua Dalam Parenting Education) Siti.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Remaja Rosda Karya.
Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). In PT. Remaja Rosda Karya.
Monikasari, C. (2013). Pelaksanaan Program Parenting Bagi Orang Tua. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah.
Najwa, Lu’luin., Garnika, E. (2020). Studi Deskriptif Program Parenting Education Berbasis Online di PAUD Permata Bangsa Tahun Pelajaran 2020 / 2021. 3(2), 66–70.
Nooraeni, R. (2017). Implementasi Program Parenting dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 31–41.
Patmonodewo, S. (2008). Pendidikan Anak Prasekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Santrock, J. W. (2013). Child Development : Fourteenth Edition. In McGraw- Hill Education.
Satriah, L., Hajir, T., & Yuliani. (2019). Parenting Skills for Building Child Character.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandumg: Alfabeta.
Winarti, A. (2020). Implementasi Parenting Pada Pendidikan Anak Usia Dini Di Masa Pandemi Covid-19. II(2), 131–145.
Wiranata, I. G. L. A. (2019). Mengoptimalkan Perkembangan Anak Usia Dini. Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 48–56.
World Health Organization. (2020). Naming the coronavirus disease (COVID-19) and the virus that causes it. World Health Organization.
Yeni Lestari, N. G. A. M. (2019). Program Parenting Untuk Menumbuhkan Kesadaran Pentingnya Keterlibatan Orang Tua di PAUD. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1). https://doi.org/10.25078/pw.v4i1.1064
Yuhanna, I., Alexander, A., & Kachik, A. (2020). Advantages and disadvantages of online training. Educational Verkenning, 7(1), 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v5i2p59-77
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.