Implementasi Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini

Muhammad Syaifuddin Zuhri, Nur Kholik Afandi

Abstract


Lembaga pendidikan anak usia dini idealnya dapat memenuhi layanan kepada peserta didiknya secara utuh, layanan yang dimaksudkan adalah layanan pendidikan, pengasuhan serta gizi dan kesehatan. ketiga layanan itu diberikan dengan tujuan mengoptimalkan aspek pertumbuhan dan perkembangan pada anak usia dini. Dimana pada usia ini menjadi fondasi yang penting bagi masa depan mereka. TK Nasional KPS menunjukkan sesuatu desain pembelajaran yang unik dengan menggunakan kegiatan pemberian makanan tambahan sebagai media untuk meningkatkan kemampuan kemandirian pada peserta didiknya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang aspek kemandirian anak yang berkembang pada saat pemberian makanan tambahan. Adapun metode penelitian yang dipakai menggunakan rancangan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah kelompok B1 TK Nasional KPS, Guru, Kepala sekolah dan orangtua murid. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini diantaranya adalah lembar observasi, catatan wawancara dan dokumentasi. Adapun prosedur pengumpulan data yang dipergunakan adalah metode observasi, prosedur wawancara serta prosedur dokumentasi. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada 83,33% anak mampu menunjukkan kemandiriannya saat kegiatan pemberian makanan tambahan dilaksanakan.

Keywords


kemandirian; pemberian makanan tambahan ; pendidikan anak usia dini

Full Text:

PDF

References


Arifin, Anwar. 2005. Paradigma Baru Pendidikan Nasional Dalam Undang-Undang Sisdiknas. Jakarta: Balai Pustaka.

Ariyanti, Tatik. 2020. “Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini Bagi Tumbuh Kembang Anak.” Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

Asrita. 2016. “Gambaran Tingkat Pengetahuan Ibu Dan Pemberian Makanan Tambahan Kepada Balita Di Gampong Blang Gandai Kecamatan Jeumpa Kabupaten Bireun.” Jurnal Edukasi Dan Sains Biologi, Vol.2, No3.

Aziz, Rini. 2016. Jangan Biarkan Anak Tumbuh Dengan Kebiasaan Buruk. Solo: Tiga serangkai.

Eugenia, Rakhma. 2017. Menumbuhkan Kemandirian Anak. Yogyakarta: Diandra Primamitra Media.

Fadilah, Fadilah, Darmawansyah Darmawansyah, and Arifin Seweng. 2020. “IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERIAN MAKANAN TAMBAHAN (PMT) TERHADAP JUMLAH KASUS GIZI BURUK DI KABUPATEN PASANGKAYU.” Jurnal Kesehatan Masyarakat Maritim 2(1). doi: 10.30597/jkmm.v2i1.10022.

Hasanah, Nur, Meira Amalia Putri, Dwi Arum Septyana, and Lisa Alfiyatur Rosyidah. 2022. “Penerapan Kegiatan Pmt Pada Kemandirian Anak Usia 3-4 Tahun Di KB Annur Khoiriyatul Ulum Kecamatan Trangkil Kabupaten Pati.” 6(01):7.

Kemendikbudristek. 2022. “Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum Dan Asesmen Pendidikan.”

Latipah, Eva. 2017. Psikologi Dasar. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Maghfhirah, Siti. 2020. “PEMIKIRAN BEHAVIORISME DALAM PENDIDIKAN.”

Mansur. 2011. Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miles, M. B., A. M. Huberman, and J. Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook. Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.

Murniyati, and Suyadi. 2021. “PENERAPAN TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK SKINNER DALAM PEMBELAJARAN BACA TULIS AL-QUR’ANDI SDIT ALAM NURUL ISLAM YOGYAKARTA.” Ulumuddin: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman.

Nugrahani, Farida. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Solo: Cakra books.

Nurani, Yuliani. 2011. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.

Poniyah, Magdalena. 2021. “Pembentukan Kemandirian Anak Melalui Pembiasaan Merapikan Alat Makan Di Paud Anugerah Asih.” Universitas Ngudi Waluyo.

Purbarini. 2019. “Implementasi Kebijakan Penyediaan Makanan Tambahan Anak Sekolah (PMT-AS) Di TK Islam Plus Mutiara Banguntapan Bantul.” Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaaga.

Rahma, Zahratur, and maemonah. 2021. “Filsafat Behaviorisme Dalam Pendidikan Anak Usia Dini Perspektif Rudolf Steiner,.” As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.

Rokib, Moh. 2009. Ilmu Pendidikan Islam: Pengembangan Pendidikan Integratif Di Sekolah, Keluarga Dan Masyarakat. Yogyakarta: LKiS.

Ruslianti. 2015. Gizi Dan Kesehatan Anak Prasekolah. Remaja Rosdakarya.

Sa’diyah, Rika. 2017. “PENTINGNYA MELATIH KEMANDIRIAN ANAK.” Kordinat: Jurnal Komunikasi antar Perguruan Tinggi Agama Islam 16(1):31–46. doi: 10.15408/kordinat.v16i1.6453.

Sa’ida, Naili. 2021. “KEMANDIRIAN ANAK KELOMPOK A TAMAN KANAK‐KANAK MANDIRI DESA SUMBER ASRI KECAMATAN NGLEGOK KABUPATEN BLITAR.” 2:8.

Sarinastitin, Elisabeth. 2019. “PENDIDIKAN HOLISTIK INTEGRATIF UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA DINI.” EARLY CHILDHOOD : JURNAL PENDIDIKAN.

Simatupang, Nurhenti Dorlina, Sri Widayati, Kartika Rinakit Adhe, and Alfi Nuris Shobah. 2021. “PENANAMAN KEMANDIRIAN PADA ANAK USIA DINI DI SEKOLAH.” Jurnal Anak Usia Dini Holistik Integratif (AUDHI) 3(2):52. doi: 10.36722/jaudhi.v3i2.593.

Skinner, B. F. 1953. Science and Human Behavior. New York: Free Pres.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Umaimah, Rima. 2021. “KONSEP SKINNER TENTANG PEMBENTUKAN PERILAKU PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI (Studi Terhadap TK Al Tarmasi Pacitan).”

Wiyani, Novan Ardy. 2013. Bina Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yusuf. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, & Penelitian Gabungan. Prenadamedia Grup.

Zuhri, Muhammad Syaifuddin. 2023. “Penerapan Permainan Team Building Untuk Meningkatkan Kerjasama Kelompok B1 Di Tk Nasional Kps Balikpapan.” 2.

Zulaiha, Lili. 2020. “Pemberian Makanan Tambahan (PMT) Pada Anak Kelompok A1 Di PAUD Al-Qonita Palangkaraya.” IAIN Palangkaraya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v6i1p35-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.