Stimulasi Empati Melalui Kegiatan Mendongeng Pada Anak Usia Dini

Deswita Irshandy, Meisya Haya Anaswa, Choiriyah Widyasari

Abstract


Learning empathy through storytelling in early childhood is not only useful for increasing their emotional and social understanding, but also strengthens interpersonal skills that are very necessary for their future lives. By telling stories, children can develop emotional intelligence, influence the way they interact with their peers, and give them a better understanding of social values. The aim of this writing is to develop early childhood empathy skills through fun interactive activities and improve children's social and emotional skills with language games that stimulate understanding of other people's feelings. This research uses a literature review method to identify, analyze and synthesize findings from various sources relevant. This approach was chosen to provide a comprehensive overview of previous research and to support arguments based on valid literature. With the participation of parents and educators in choosing the right story and discussing it with the child, this learning process will be more effective in forming an empathetic character that will be useful throughout the child's life. Storytelling is a very effective method in developing empathy in young children. Through stories, children can not only learn to recognize and understand other people's feelings, but are also trained to respond to them in a caring way. With discussion and guidance from parents or educators, this process can strengthen children's social and emotional abilities

Pembelajaran empati melalui mendongeng pada anak usia dini tidak hanya bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman emosional dan sosial mereka, tetapi juga memperkuat keterampilan interpersonal yang sangat diperlukan untuk kehidupan mereka kelak. Dengan mendongeng anak-anak dapat mengembangkan kecerdasan emosional, mempengaruhi cara mereka berinteraksi dengan teman sebayanya, serta memberikan mereka pemahaman yang lebih baik tentang nilai-nilai sosial. Tujuan dari penulisan ini yaitu menjelaskan bagaimana kemampuan empati anak usia dini berkembang melalui aktivitas interaktif yang menyenangkan serta meningkatkan keterampilan sosial dan emosional anak dengan permainan bahasa yang merangsang pemahaman perasaan orang lain. Penelitian ini menggunakan metode tinjauan pustaka (literature review) untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan mensintesis temuan-temuan dari berbagai sumber yang relevan. Pendekatan ini dipilih untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai penelitian-penelitian sebelumnya dan untuk mendukung argumentasi yang didasarkan pada literatur yang valid. Dengan peran serta orang tua dan pendidik dalam memilih cerita yang tepat dan mendiskusikannya dengan anak, proses pembelajaran ini akan lebih efektif dalam membentuk karakter empatik yang akan berguna sepanjang hidup anak. mendongeng merupakan metode yang sangat efektif dalam mengembangkan empati pada anak usia dini. Melalui cerita, anak-anak tidak hanya dapat belajar mengenali dan memahami perasaan orang lain, tetapi juga dilatih untuk meresponsnya dengan cara yang penuh perhatian. Dengan adanya diskusi dan bimbingan dari orang tua atau pendidik, proses ini dapat memperkuat kemampuan sosial dan emosional anak

Keywords


Empathy; Early Childhood; Social Emotional Developments; Storytelling; Empati; Anak Usia Dini; Perkembangan Sosial emosional; Mendongeng

Full Text:

PDF

References


Ayu Latifah, S., & Suprayitno, E. (2020). Nilai Pendidikan Karakter dan Pesan Edukatif Dalam Dongeng Nusantara Bertutur. Bahasa Dan Sastra, 127–136.

Azis, A. R. (2023). Penanaman Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar melalui Metode Mendongeng. Cokroaminoto Journal of Primary Education, 6(1), 43–54. https://doi.org/10.30605/cjpe.612023.2483

Budiarti, E., Lesmana, D. E., Annisa, N., Santy, H., & Rulita, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Sikap Empati Anak Usia Dini Melalui Mendongeng Cerita Sejarah Islam. Journal Analytica Islamica, 11(2), 365. https://doi.org/10.30829/jai.v11i2.13914

Daryati, M. E. (2024). Penguatan Kemandirian Anak Berbasis Scaffolding Melalui Kegiatan Mendongeng. Jurnal Abdi Insani, 11(03), 688–694.

Dhea Alfira, & Siregar, M. F. Z. (2024). Pentingnya Peran Orang Tua dalam Memajukan Keterampilan Berbahasa Anak Usia Dini melalui Komunikasi. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(4), 15. https://doi.org/10.47134/paud.v1i4.641

Engel Bertha Halena Gena, I. M. S., Dewantara, I. P. M., & Wirahyuni, K. (2025). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini Melalui Keterampilan Seni Mendongeng. MUDIR (Jurnal Manajemen Pendidikan), 7.

Gare, T. B. S., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2021). Pengaruh Metode Bercerita Untuk Pembentukan Empati Anak Usia 5-6 Tahun. Lentera : Jurnal Kajian Bidang Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 41–48. https://doi.org/10.56393/lentera.v1i2.529

Gusmayanti, E., & Dimyati, D. (2021). Analisis Kegiatan Mendongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Nilai Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 903–917. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1062

Ismaiyah, N. (2022). Pengembangan Perilaku Sosial Emosional Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Peran di Masa Pandemi. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 38–47. https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i1.5543

Khotijah, S., Widiatsih, A., & Kustiyowati, K. (2020). Implementasi Metode Dongeng Dengan Media Boneka Tangan Pada Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Siti Khotijah 1 Ambulu Jember. Journal of Education Technology and Inovation, 3(1), 108–120. https://doi.org/10.31537/jeti.v1i1.574

Lasmini, Pingky, L., Sari, P. N., & Wulandari, R. (2022). Analisis Peran Pendidik Dalam Mengimplementasikan Metode Pembelajaran Bercerita ( Mendongeng ) Di PAUD yang ada dalam kehidupan suatu bangsa dan negara . Kehidupan suatu bangsa perkembangan anak . Anak memiliki berbagai aspek perkembangan yang harus undan. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(2), 238–246.

Laxmi, Aris, L. O., Subandrio, I., Fatma, & Kautsar, M. Al. (2025). Moral-Based Learning Melalui Metode Dongeng (Studi Pengabdian Di Paud Mekar jaya Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan). PROFICIO : Jurnal Abdimas FKIP UTP Surakarta, 6(2018), 882–888.

Putri, U. N., Sari, A., & Miswanto, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Literasi Sejak Dini Dengan Menggunakan Metode Mendongeng Kepada Guru Dan Orang Tua Siswa di PAUD Nusantara, Medan Polonia. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 5(1), 70–79. https://doi.org/10.35335/abdimas.v5i1.1833

Salsabila, A. T., Astuti, D. Y., Hafidah, R., Nurjanah, N. E., & Jumiatmoko, J. (2021). Pengaruh Storytelling dalam Meningkatkan Kemampuan Empati Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, 10(2), 164–171. https://doi.org/10.21831/jpa.v10i2.41747

Tri Widyahening, C. E., & Al Hakim, L. (2024). Peran Ibu Dalam Membudayakan Minat Baca Melalui Kegiatan Mendongeng Bagi Anak. AKM: Aksi Kepada Masyarakat, 4(2), 453–464. https://doi.org/10.36908/akm.v4i2.986

Wicaksana, M. F., & Sudiatmi, T. (2021). Budaya Kearifan Lokal pada Cerita Rakyat Islami sebagai Bahan Ajar Bahasa Indonesia. Sawerigading, 27(1), 45–53.

Yaqin, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mpengaruhi Empati Peserta Didik dan Metode Pengembangannya. TARBYA ISLAMIYA: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 11(2013), 1–10.

Yulianti, K. N., Lubis, N. A., Jasmani, & Eliza, D. (2023). Strategi Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini di TK IT Insan Robbani Sibuhan. Incrementapedia: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 05(01), 39–44.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v7i2p79-86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.