Implementasi Pemanfaatan Gadget dalam Proses Pembelajaran Anak Usia Dini di KB Cahaya Putra Tegalombo Pacitan
Ismail Ismail, Winarsih Winarsih
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis implementasi pemanfaatan gadget dalam proses pembelajaran anak usia dini di Lembaga PAUD KB Cahaya Putra Tegalombo, Pacitan. Fokus utama penelitian ini adalah cara efektif lembaga dalam mengintegrasikan teknologi ke dalam proses pembelajaran serta strategi yang diterapkan untuk memastikan bahwa penggunaan gadget mendukung perkembangan anak secara menyeluruh. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek yang terdiri dari guru, kepala PAUD, dan orang tua. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi terkait penggunaan gadget dalam pembelajaran, serta kebijakan yang diterapkan oleh lembaga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan gadget dapat mendukung perkembangan kognitif, sosial, emosional, dan motorik anak jika diterapkan dengan bijak. Lembaga PAUD KB Cahaya Putra Tegalombo menghadapi tantangan berupa ketergantungan anak terhadap gadget, kurangnya pengawasan, serta keterbatasan infrastruktur. Untuk mengatasi hal tersebut, lembaga menerapkan pembatasan waktu penggunaan gadget, pendampingan aktif oleh guru, serta menggabungkan pembelajaran offline dan online. Selain itu, lembaga juga berkolaborasi dengan pihak ketiga dalam merancang aplikasi edukasi yang sesuai dengan usia anak. Penelitian ini menyarankan pentingnya pendekatan holistik dalam integrasi teknologi dalam pendidikan anak usia dini, guna memastikan penggunaan gadget dapat memberikan manfaat maksimal tanpa mengganggu perkembangan sosial dan fisik anak.
Hadi, R., & Sumardi, L. (2023). Penggunaan Gadget oleh Anak Usia Dini. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i2.1324
Maria, H. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Psikologi Anak Remaja. Journal of Pasoral Counseling, 2(2), 74–82.
Maulusi, I. S., & Rahagia, R. (2022). Pengaruh Penggunaan Gadget Pada Psikomotorik Anak Usia Dini (3-5) Tahun. Indonesian Journal of Professional Nursing. https://doi.org/10.30587/ijpn.v3i2.4701
Pertiwi, I., Marliana, L., & Wiyono, K. (2023). Kajian Literatur: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah-Sekolah Penggerak. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(3), 1364–1372. https://doi.org/10.35931/am.v7i2.2548
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02), 173. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Yumarni, V. (2022). Pengaruh Gadget terhadap Anak Usia Dini. Jurnal Literasiologi, 8(2), 107–119. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v8i2.369