Keterampilan Mengkonstruksi Bahan Limbah Menjadi Karya Seni Rupa dengan Model Inkuiri Terbimbing pada Anak Usia Dini

Budiwirman Budiwirman

Abstract


Abstract:This research is a classroom action research collaboration with the inquiry approach, aiming to find a pattern like learning in early childhood in the city of Padang in improving the skills of students create works based on the construction of plastic waste materials. Construction work is that the students are works of art with a montage techniques.According to the research by conducting two cycles of learning found that shows a progress of learning outcomes increase student skills in producing works of a montage.

 

Keywords; Inquiry, engineering, construction and montage

 

Abstrak:Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola padan anak usia dini di kota Padang dalam meningkatkan keterampilan siswa membuat karya berdasarkan konstruksi bahan limbah plastik.Metode yang digunakan penelitian tindakan kelas dengan teknik kolaboratif.Kemampuan kontruksi yang dibuat siswa berupa karya seni dengan teknik montase.Hasil  penelitian dengan dilakukan dua siklus belajar menunjukkan penerapan inkuiriterbimbing dapatmeningkatkan keterampilan mengkonstruksi karya montase  anak usia dini siswa kelas III SD.

 

Kata Kunci:  penyelidikan, teknik, konstruksi dan montase

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dan Suhardjono. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bina Aksara.

Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional.

Gulo, W. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Grasindo

Mulyasa, E. 2008. Praktik Penelitian Tindakan Kelas, Bandung: Rosda Karya.

Pengertian keterampilan dan jenisnya. (online) (www://id.shvoong.com/business-management-pengertian-keterampilan, diakses tanggal 26 Februari 2013).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.ALFABET : Bandung

Sumanto. 2006. Pengembangan Kreativitas Seni Rupa Anak Sekolah Dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Syahrilfuddin dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. FKIP Universitas Riau. Pekanbaru: Cendekia Insani.

Tim Bina Karya Guru.(2007). Seni Budaya dan Keterampilan Untuk Sekolah Dasar Kelas IV. Jakarta : Erlangga.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Peranada Media Group.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v1i1p19-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.