KENALKAN, SENANGKAN, BIARKAN, DAN BIASAKAN (KSB2) SEBAGAI UPAYA MENANAMKAN KARAKTER GEMAR MEMBACA ANAK USIA DINI
Abstract
The character of fond reading is one of the characters that the government wants to build, this is marked by the issuance of Perpres (Presidential regulation) Number. 78 Year 2017 on Strengthening the Character Education. To develop the character of fond reading is not easy, like turning your palm, but it needs a long process that must be started from early childhood. With the descriptive method, the author described one of PAUD Terpadu Tunas Mentari programs in its efforts to instill the character of fond reading in early childhood through KSB2 program. The impacts of implementing the program are: (1) Children feel happy and enthusiastic when they are invited to the regional library, (2). Children after returning from the regional library, will tell about what they read; (3). Children ask their parents to buy picture books; (4). Children language skills increase, with increasing mastery of new vocabulary
Karakter gemar membaca adalah salah satu karakter yang ingin dibangun oleh pemerintah, sebagaimana dituangkan dalam perpes No. 78 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Untuk membangun karakter gemar membaca tidak dapat dilakukan mendadak secara tiba-tiba, tetapi perlu proses panjang yang harus dimulai sejak anak usia dini. Dengan metode deskriptif, penulis menggambarkan salah satu program PAUD Terpadu Tunas Mentari Kota Tasikmalaya dalam upayanya menanamkan karakter gemar membaca pada anak usia dini melalui program Kenalkan, Senangkan, Biarkan, dan Biasakan (KSB2). Dampak implementasi program tersebut adalah : (1) Anak merasa senang dan antusias ketika akan diajak ke perpustakaan daerah, (2). Anak setelah pulang dari perpustakaan daerah akan bercerita tentang apa yang ada di buku; (3). Anak meminta kepada orang tuanya untuk dibelikan buku bergambar; (4). Kemampuan kebahasaan anak meningkat, dengan bertambahnya penguasaan kosakata baru .
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Carol, S dan Barbara A. Wasik. (2008). Pendidikan Anak Usia Dini.( penerjemah : Pius Nasar). Jakarta: Indeks.
Ibrahim (2015). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
Musfiroh, T. (2011). Menumbuh kembangkan Baca-Tulis Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Widyasarana Indonesia.
Morisson, George S (2016). Pendidikan Anak Usia Dini Saat Ini (penerjemah : Yudi Santoso).Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Nurbiana, Dhieni, dkk. (2008). Metode pengembangan bahasa. Jakarta : Pusat Penerbitan Universitas Terbuka.
Peraturan Presiden RI Nomor 78 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung : Alfabeta.
Shaheen Majid, Venus Tan. Understanding the Reading Habits of Children in Singapore. Journal of Educational Media & Library Sciences 45 : 2 (Winter 2007) : 187-198. Diunggah dari https://www.researchgate.net / publication/ 26496798.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v2i1p18-25
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.