EFEKTIVITAS PERMAINAN FLOWER CIRCUIT TERHADAP PERKEMBANGAN FISIK MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN

Anggi Eka Haryanti, Qolistiani Qolistiani

Abstract


Abstract: The purpose of this study was to determine the effectiveness of flower circuit games on the development of gross physical motor  of group B children. The scope of this study was about gross motor skills that included elements of physical fitness such as strength, accuracy, agility and balance. This study uses a quantitative approach with the specifications of the study using quasi experiment research methods. Data from quantitative research results in the form of numerical values obtained from the calculation of the results of the pretest and posttest scores. The results of the calculation of pretest and posttest can be concluded that the flower circuit game is effective againts the development of gross motoric physicality of children in RA Al Huda Rejowinangun Trenggalek.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas permainan  flower circuit pada pembelajaran fisik motorik kasar anak kelompok B. Ruang lingkup penelitian ini mengenai kemampuan motorik kasar yang mencakup unsur-unsur kebugaran jasmani seperti kekuatan, ketepatan, kelincahan dan keseimbangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan spesifikasi penelitian menggunakan metode penelitian quasi experiment (eksperimen semu). Data hasil penelitian kuantitatif berupa nilai angka yang diperoleh dari hasil perhitungan skor hasil pretest dan posttest. Hasil perhitungan pretest dan posttest dapat disimpulkan bahwa permainan flower circuit efektif terhadap perkembangan fisik motorik kasar anak kelompok B di RA Al Huda Rejowinangun Trenggalek.

 


Keywords


Effectiveness; Game Flower circuit; gross motoric abilities;Efektivitas; Permainan Flower circuit; kemampuan fisik motorik kasar.

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E.B. 1978. Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.

Kharisma,T.E.2015. Pengembangan Permainan Flower Circuit Pada Pembelajaran Fisik Motorik Kasar Untuk Anak Kelompok B Di Taman Kanak-Kanak Kecamatan Gudo-Jombang. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahyubi, H. 2012. Teori-Teori Belajar dan Aplikasi Pembelajaran Motorik. Bandung: Nusa Media.

Santrock, J.W. 2011.Perkembangan Anak. Jakarta: Salemba Humanika.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & R&D. Bandung: Alfabeta

Sujiono, B.2007. Metode Pengembangan Fisik (Edisi Revisi). Jakarta:

Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v2i2p44-52

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang

Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email
: jurnal.paud@fip.um.ac.id

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.