Pengaruh Permainan BBC (Bunga Bisik Ceria) Terhadap Social Skill Anak Usia Dini
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh permainan BBC (Bunga Bisik Ceria) terhadap kemampuan keterampilan sosial anak kelompok B. Metode kuantitatif yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasi yang digunakan adalah satu kelas kelompok B di TK Akademika Sawojajar sejumlah 18 anak. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik uji t dan diuji hipotesisnya, data kuantitatif yang diperoleh berasal dari nilai yang diperoleh anak saat melakukan pretest dan posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah skor pretest anak sebesar 2389 dengan rata-rata 132,7, jumlah skor pada posttest anak sebesar 3695 dengan rata-rata 205,7. Dengan demikian dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan pada hasil pretest dan posttest anak. Adapun hasil pengujian hasil uji t yang dilakukan sebesar 9.540 sedangkan tabel distribusi t dengan signifikan 5% sebesar 2.10. oleh karena nilai t hitung > t tabel, maka dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh permainan BBC (Bunga Bisik Ceria) terhadap kemampuan keterampilan sosial anak kelompok B
The purpose of the study was to determine whether there was an influence of Cheerful Flowers Whisper Game on the social skills of group B children in Akademika Sawojajar Kindergarten. The quantitative method used is experimental research with the One-Group-Pretest-Posttest Design. The population is Group B children at the Akademika Sawojajar Kindergarten consisted of 18 children. The technique of collecting data uses observation and documentation. The data obtained were analyzed using t test techniques and tested the hypothesis. The quantitative data obtained came from the scores obtained by the child when performing the pretest and posttest. The results showed that the number of scores on the pretest of children was 238.9 with an average of 132.7. The number of scores on the child posttest was 3695, with an average of 205.7. Thus it can be seen that there are differences in the results of the child's pretest and posttest. The results of the t test conducted was 9.540 with a significance level of 5% that is 2.10. Because the value of t count> t table, it can be said that Ho is rejected and Ha is accepted. The conclusion of this study was the influence of “Cheerful Flowers Whisper” Game on the social skills of group B children in Akademika Sawojajar Kindergarten
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adriana, D. 2011. Tumbuh Kembang dan Terapi Bermain Pada Anak. Jakarta: PT Salembel Medika
Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rinika Cipta
Atiningsih, W . Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Melalui Permainan Bisik Berantai Pada Kelompok A1 Tk Baitul Aziz. Jurnal MAhasiswa Unesa. Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/7678
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran PAUD.Bandung: PT Remaja ROSDAKARYA
Milyartini & Nuraida. 2016. Meningkatkan Keterampilan Sosial Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Bermain Angklung (Penelitian Tindakan Kelas di TK Laboratorium Percontohan Universitas Pendidikan Indonesia). 4(2). http://ejournal.upi.edu/index.php/antomusik/article/view/2239. Departemen Pendidikan Seni Musik Fakultas Pendidikan Seni dan Desain Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA
Partini,dkk. Ketrampilan Sosial Anak Pra Sekolah Ditinjau Dari Interaksi Guru-Siswa Model Mediated Learning Experience. 9(2). https://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/600. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um053v3i1p1-9
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editor's Address: Jln. Ki Ageng Gribig No.45 Malang 65138, Telp. (0341) 712192 Kampus PP2 PAUD FIP State University of Malang
Homepage: http://journal2.um.ac.id/index.php/Jpaud
Email: jurnal.paud@fip.um.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.