PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN MODEL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS POTENSI LOKAL MATERI STRUKTUR DAN FUNGSI JARINGAN TUMBUHAN

Ahya Mujahidin, Triastono Imam Prasetyo, Siti Imroatul Maslikah

Abstract


Potensi lokal idealnya dapat dihadirkan dalam pembelajaran yang dapat menunjang proses inkuiri siswa. Selama ini, mayoritas guru masih berfokus pada buku teks dan belum mengoptimalkan potensi lokal untuk membelajarkan materi Biologi, termasuk materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran model inkuiri terbimbing materi Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D oleh Thiagarajan, namun hanya dilakukan sampai tahap develop saja. Data hasil penelitian berupa data kuantitatif dan kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa persentase skor validasi perangkat pembelajaran berupa Silabus, RPP, LKS, dan Instrumen Penilaian menghasilkan rata-rata sebesar 91,92% (sangat valid dan layak digunakan). Hasil uji kepraktisan penggunaan perangkat pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 88,96% (sangat praktis digunakan). Data uji keefektifan menunjukkan bahwa skor rata-rata kompetensi siswa sebesar 84,31. Kompetensi ranah pengetahuan menunjukkan ketuntasan siswa pada kompetensi ranah pengetahuan sejumlah 85,18%.

Keywords


perangkat pembelajaran, inkuiri terbimbing, potensi lokal, struktur dan fungsi jaringan tumbuhan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara.

Bilgin, I. 2009. The Effects of Guided Inquiry Instruction Incorporating a Cooperative Learning Approach on University Students’ Achievement of Acid and Bases Concepts and Atti-tude Toward Guided Inquiry Iinstruction. Academic Journals of Scientific Research and Essay, 4 (10): 1038-1046.

Danim, S. 2010. Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Alfabeta.

DeHaan.R.L. 2009. Teaching Creativity and Inventive Problem Solving in Science. CBE-Life Science Education. Vol 8: 172-181.

Fahri. 2012. Lembar Kerja Siswa (LKS), (Onine), (http://Fahri13.acadeIPA.edu/favicon.ico), diakses 1 Maret 2016.

Fauziyah, Resti., Abdullah, Ade Gafar., & Hakim, Dadang Lukman. 2013. Pem-belajaran Saintifik Elektronik Dasar Berorientasi Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal INVOTE,. 9 (2): 165-178.

Jannah, M., Sugianto, & Sarwi. 2012. Pengembangan Perangkat Pembela-jaran Berorientasi Nilai Karakter me-lalui Inkuiri Terbimbing Materi Ca-haya pada Siswa Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Journal of Inno-vative Science Education. 1(1): 54-60.

Permendikbud RI Nomor 22 Tahun 2016. Lampiran Peraturan Menteri Pen-didikan dan Kebudayaan RI tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud RI.

Permendikbud RI Nomor 23 Tahun 2016. Lampiran Peraturan Menteri Pen-didikan dan Kebudayaan RI tentang Standar Penilaian Pendidikan. Ja-karta: Kemendikbud RI.

Sarah, S, & Maryono. 2014. Pengemban-gan Perangkat Pembelajaran Berbasis Potensi Lokal untuk Meningkatkan Living Values Peserta Didik SMA di Kabupaten Wonosobo. Jurnal Teknologi Technoscientia, 6:(2). 185-194.

Rohman, M. 2012. Kurikulum Berkarakter Refleksi dan Proposal Solusi terhadap KBK dan KTSP. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., Semmel, M.I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children, A Sourcebook. Blooming-ton: Indiana University.

Winarni, D., Bintari, S., & Widiyaningrum, P. 2012. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Life Skills memanfaatkan Bahan Baku Kedelai Loka. Journal of innovative Sciene of Education. (Online), 1(2):119-125, (http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jise/article/view/634/620), diakses 1 Maret 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v10i1p44-50

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats