PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN METODE HYBRID LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOMUNIKASI MAHASISWA PADA MATAKULIAH PENGEMBANGAN PROFESI GURU

Deny Setiawan, Mimien Henie Irawati, Sri Endah Indriwati, Murni Sapta Sari, Rifka Fachrunnisa, Lely Mardiyanti

Abstract


Keterampilan berkomunikasi yang efektif baik secara oral maupun tertulis merupakan salah satu kompetensi dalam menghadapi kehidupan di abad ke-21. Berdasarkan pengalaman membina matakuliah Pengembangan Profesi Guru, ditemukan mahasiswa kurang terampil dalam berkomunikasi, baik secara oral maupun tertulis. Pembelajaran berbasis berbasis masalah dengan metode Hybrid Learning dapat menjadi solusinya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui pengaruh penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan metode Hybrid Learning terhadap keterampilan komunikasi mahasiswa pada matakuliah Pengembangan Profesi Guru. Penelitian kuasi eksperimen ini dilakukan pada 2 kelas matakuliah Pengembangan Profesi Guru. Pengumpulan data keterampilan komunikasi dilakukan dengan rubrik observasi keterampilan komunikasi mahasiswa. Data dianalisis menggunakan statistika deskripstif dan independent t-test. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dengan metode hybrid learning tidak menimbulkan perbedaan yang signifikan terhadap keterampilan komunikasi mahasiswa di kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, khususnya di aspek konten serta tampilan dan informasi.  keterampilan komunikasi, khususnya aspek orientasi dan sintaks, pada mahasiswa kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada mahasiswa kelompok kontrol.

Keywords


pembelajaran berbasis masalah, hybrid learning, keterampilan komunikasi

Full Text:

PDF

References


Arkorful, V., & Abaidoo, N. 2014. The Role of E-Learning, the Advantages and Disadvantages of Its Adoption in Higher Education. International Journal of Education and Research, 2(12):397-410.

Barry, M. 2012. What skills will you need to succeed in the future? Phoenix Forward (online).

Boelens, De Wever, Rosseel, Verstraete, Derese, 2015. What are the Most Important Tasks of Tutors During the Tutorials in Hybrid Problem-Based Learning Curricula?. BMC Medical Education, 15(84):1-8. DOI 10.1186/s12909-015-0368-4

Bonakdarian, E., Whittaker, T., & Yang, Y. 2010. Mixing It Up - More Experiments in Hybrid Learning. JCSC, 25(4):97-103.

Harding, A., Kaczynski, D., & Wood, L. 2005. Evaluation of Blended Learning : Analysis of Qualitative Data. Symposium Presentation UniServe Science Blended Learning Symposium Proceedings, 56-62.

Husamah 2014. Pembelajaran Bauran (Blended Learning). Malang: Prestasi Pustaka.

Johnson, E., Morwane, R., Dada, S., Pretori-us, G., & Lotriet, M. 2018. Adult Learners’ Perspectives on Their Engagement in a Hybrid Learning Postgraduate Programme. The Journal of Continuing Higher Education, 66(2): 88-105. DOI: 10.1080/07377363.2018.1469071

Leedy, P. D. & Ormord, J. E. 2013. Practical Research: Planning and Design (10th Edition). Upper Saddle River, New Jersey: Pearson, Merril Pren-tice Hall. Hlm. 233 dan 236. ISBN–10: 0–13–269324–0, ISBN–13: 978–0–13–269324–0.

Tempe, AZ, University of Phoenix.P21. 2007. The Intellectual and Policy Foun-dations of the 21st Century Skills Fra-mework. Washington DC, Partnership for 21st Century Skills.

Trilling, B. & Fadel, C. 2009. 21st Century Skills: Learning for Life in Our Times. San Francisco, Calif., Jossey-Bass/John Wiley & Sons, Inc.

Wagner, T. 2010. Overcoming The Global Achievement Gap (online). Cambridge, Mass., Harvard University.

Zubaidah, S. 2016. Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. Seminar Nasional Pendidikan, 21(2):1–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v11i2p77-82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats