E-UKBM MODEL EKSPERIENTAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Yayang Setya Wardhani, Mimien Henie Irawati Al Muhdhar, Triastono Imam Prasetyo, I Wayan Sumberartha

Abstract


Abstrak. Penelitian pengembangan dengan judul E-UKBM Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Pada Materi Perubahan Lingkungan telah dilakukan pada bulan September 2019 sampai Maret 2020. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Menguji kevalidan serta kepraktisan E-UKBM model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS) pada materi perubahan lingkungan. Produk E-UKBM yang dikembangkan dengan model pengembangan ADDIE. Model pembelajaran yang digunakan adalah Model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS). Subjek penelitian adalah 35 siswa kelas X MIPA B-2 SMAN 3 Malang. Hasil implementasi berupa data hasil validasi validator ahli dan data angket respon siswa sebagai pengguna E-UKBM. Hasil validasi E-UKBM oleh ahli media sebesar  97 persen (sangat valid), hasil validasi oleh ahli materi berupa hasil validasi butir soal dan komponen materi E-UKBM sebesar 100 persen (sangat valid). Hasil validasi oleh ahli perangkat pembelajaran dan praktisi lapangan berturut-turut menunjukkan bahwa E-UKBM sangat valid dengan persentase sebesar 97 persen dan 95 persen. Data kepraktisan setelah implementasi E-UKBM yakni sebesar 88 persen yang berarti sangat praktis untuk digunakan dalam pembelajaran. E-UKBM model Eksperiental Jelajah Alam Sekitar (EJAS) materi perubahan lingkungan yang dikembangkan telah memenuhi syarat kevalidan dan kepraktisan untuk digunakan dalam pembelajaran Biologi.

Abstract. Development research with the title E-UKBM Experiential Model Exploration of the Environment (EJAS) on Environmental Change Materials has been carried out from September 2019 to March 2020. This study aims to (1) Test the validity and practicality of the E-UKBM Experiential Nature Exploration Model (EJAS). ) on the material of environmental change. E-UKBM product developed with the ADDIE development model. The learning model used is the Environmental Exploration Experimental Model (EJAS). The research subjects were 35 students of class X MIPA B-2 SMAN 3 Malang. The implementation results are in the form of expert validator validation data and student response questionnaire data as E-UKBM users. The results of the validation of E-UKBM by media experts are 97 percent (very valid), the results of validation by material experts in the form of validation results of questions and components of E-UKBM material are 100 percent (very valid). The results of validation by learning device experts and field practitioners respectively show that the E-UKBM is very valid with a percentage of 97 percent and 95 percent. The practicality data after the implementation of E-UKBM is 88 percent which means it is very practical to use in learning. The E-UKBM Experiential Exploration of the Environment (EJAS) model of environmental change material developed has met the validity and practicality requirements for use in Biology learning.


Keywords


E-UKBM; Model EJAS; Perubahan Lingkungan

Full Text:

PDF

References


Achyani. (2010). Pengembangan E-learning berbasis MOODLE dalam Pembelajaran Ekosistem Untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan Siswa Pada Program Pengayaan. Semarang : Universitas Negeri Surakarta

Akbar, Sa’dun. (2013). Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Rosadakarya

Alimah, Siti. Marianti, Aditya. 2016. Jelajah Alam Sekitar : Pendekatan, Strategi, Model, dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter Untuk Konservasi. Semarang : FMIPA. Universitas Negeri Semarang. ISBN 978-602-10-3421-7

Anjari, Galih Tyas. (2013). Analisis dan Perancangan Lembar Kerja Elektronik Berbasis Web Pada Materi Basis Data Di SMK Negeri 2 Depok Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer

Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas. (2017). Panduan Pengembangan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM). Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah atas, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan

Falah, K. Hanif. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Cergam Berkarakter Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi. Semarang : Fakultas Saisn dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Walisongo

Jihda, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bantul, Yogyakarta: Multi Pressindo

Maisurah. (2019). Pengembangan Model Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) Berbasis e-Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA. Tesis. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang

Memiasih, Novela. (2019). Pengembangan UKBM Berbasisi E-Pub Materi Sistem Pencernaan Manusia Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMAN 5 Malang. Skripsi. Malang:Universitas Negeri Malang

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 37 Tahun 2018 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran Pada Kurikulum 2013 Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah Atas. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Rustaman, N. Y. (2017). Mewujudkan Sistem Pembelajaran Sains/Biologi Berorientasi Pengembangan Literasi Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional III Tahun 2017, (April), 1–8

Syahbana Ali. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Vol 2 No. 02.Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika

Tasri, L. (2011). Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal MedTek. Fakultas Teknik, Makassar: Universitas Negeri Makassar

Uswatun, D. A., & Widiyanto, R. (2018). Analisis Aktivitas Peserta Didik Dalam Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Di Sekolah Dasar Sebagai Implementasi 21st Century Skills. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 174–188. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.680

Wiharni, E., Amin, M., & Lestari, S. R.(2018). UKBM in Enhancing Students ’ Scientific Literacy Skills on Kingdom Plantae Materials, 6(3), 67–71




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i3p146-157

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats