E-LEARNING EDMODO DENGAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MASA PANDEMI COVID-19

Ervan Johan Wicaksana, Pramana Atmadja, Gusti Ayu Muthia

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa melalui penerapan E-Learning Edmodo dengan model pembeajaran PBL selama masa pandemi Covid-19 ini. Dalam studi pendahuluan yang dilakukan kepada siswa MAN 2 kota Jambi yang melakukan kegiatan pembelajaran selama pandemi Covid-19 menyatakan bahwa minat belajarnya rendah. Hal ini terjadi karena guru hanya memberikan tugas dan tidak ada proses pembelajaran yang menghubungkan langsung antara guru dan siswa melalui suatu kegiatan pembelajaran dan penggunaan platform Edmodo masih jarang digunakan. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan google form yang berisi kuesioner tentang tanggapan deskripsi kegiatan menggunakan edmodo kepada siswa kelas XI. Hasil peningkatan minat siswa berdasarkan beberapa indikator yang diamati adalah rasa senang dengan skor rata-rata 3,18 termasuk kategori baik, keingintahuan 3,38 kategori sangat baik, perhatian 3,30 kategori sangat baik, dan ketertarikan 3,015 kaategori baik. Berdasarkan data penelitian diketahui bahwa penerapan pembelajaran Problem Based Learning selama pembelajaran menggunakan e-learning edmodo mampu meningkatkan minat belajar siswa.

Abstract. This study aims to increase students' interest in learning through the application of Edmodo E-Learning with PBL learning models during the Covid-19 pandemic. In a preliminary study conducted to MAN 2 students in Jambi City who conducted learning activities during the Covid-19 pandemic stated that their interest in learning was low. This happens because the teacher only gives assignments and there is no learning process that connects directly between the teacher and students through a learning activity and the use of Edmodo platform is still rarely used. Data was collected using a google form containing a questionnaire about responses to descriptions of activities using edmodo to class XI students. The results of increasing student interest based on several indicators observed were happy with an average score of 3.18 including the good category, curiosity 3.38 the excellent category, the attention of 3.30 the excellent category, and the interest of the 3,015 good category. Based on research data it is known that the application of Problem Based Learning during learning using ed-modo e-learning can increase student interest in learning.


Keywords


e-learning; Edmodo; PBL; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Aminoto, T., & Pathoni, H. (2015). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi Di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Jurnal Sainmatika, 8(1), 13–29.

Angraini, M. R., Muharini, R., & Lestari, I. (2018). Penerapan Blended Learnng Berbasis Edmodo Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA Negeri 9 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(2), 1–12.

Anugraheni, I. (2018). Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis di Sekolah Dasar. Meta Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Di Sekolah Dasar, 14(1), 9–18.

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya peningkatan kemandirian belajar siswa dengan model problem-based learning berbantuan media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Chandrawati, S. R. (2010). Pemamfaatan E-Learning Dalam Pembelajaran. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 8(2), 172–181.

Gushiken, B. K. (2013). Integrating Edmodo into a High School Service Club : To Promote Interactive Online Communication. In TCC Worldwide Online Conference (pp. 1–6). USA: 18 Th.

Hidayatullah. (2018). Penelitian Tindakan Kelas. Banten: LKP Setia Budi.

Hikmah, N. (2017). Efektivitas Media Pembelajaran Edmodo Terhadap Minat Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Fisika Kelas Xi Ipa Sman 1 Tanete Rilau Skripsi. Skripsi.

Istiqomah, S., & Azizah, N. (2013). Penerapan Metode Blended Learning Berbasis Ict Untuk Meningkatkan Minat Dan Prestasi Belajar Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (Isbd) Di Prodi D-Iii Kebidanan Fik Unipdu Jombang. Jurnal Eduhealth, 3(2), 103–113.

Mahase, E. (2020). Coronavirus : covid-19 has killed more people than SARS and MERS combined , despite lower case fatality rate. The BMJ, 2(1), 150–159. https://doi.org/10.1136/bmj.m641

Marzal, J. (2014). Studi Penggunaan Jejaring Sosial Edmodo Sebagai Media E-Learning Oleh Dosen Senior Yang Tidak Terbiasa Bekerja Dengan Komputer Jefri. Edumatica, 4(1), 37–43.

Monalisa, & Havid Ardi. (2013). Using Edmodo Educational Social Network In Teaching English For High School Sudents. Journal of English Language Teaching, 2(1), 220–225.

Nu’man, A. Z. (2013). Efektifitas Penerapan E-Learning Model Edmodo Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Terhadap Hasil Belajar Siswa (Studi Kasus : Smk Muhammadiyah 1 Sukoharjo). Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Parray, owais. (2017). Indonesia Jobs Outlook 2017. Jakarta: International Labour Organization.

Pratiwi, N. (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua, dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang Noor. Jurnal Pujangga, 1(2), 75-105.

Putranti, N. (2013). Cara Membuat Media Pembelajaran Online. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 2(2), 139–147.

Rahmadani, N., & Anugraheni, I. (2017). Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendektan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(3), 241–250.

Rosdiana, R. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis ICT Dan Pengaruhnya Terhadap Tingkat Kelulusan Ujian Nasional Siswa Pada Sekolah Menengah Di Kota Palopo (Studi Kasus Di 5 Sekolah Menengah Di Kota Palopo). Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(1), 73–82. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v4i1.253

Saugi, W. (2018). The Effectiveness of E-LearningUsing Edmodo at Islamic Higher Education(PTKI) in East Kalimantan. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 59(01), 59–72.

Sudarman. (2007). Problem Based Learning : Suatu Model Pembelajaran untuk Mengembangkan dan Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah. JURNAL PENDIDIKAN INOVATIF, 2(2), 68–73.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta.

Suparya, I. (2020). Peningkatan Motivasi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 07(1), 1–12.

Vania, P. F., Setiawan, W., Fany, A., & Wijaya, C. (2018). Edmodo as Web-Based Learning to Improve Student ’ s Cognitive and Motivation in Learning Thermal Physics. Journal of Science Learning, 1(3), 110–115. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i3.11796

Wicaksana, E.J, Maridi., S. S. (2017). Efektivitas Modul Pembelajaran Biologi Berorientasi Integrated Scientific Process Untuk Meningkatkan Vocational Skills Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Biologi, 8(2), 64–69. Retrieved from http://journal2.um.ac.id/index.php/jpb/issue/view/253

Wicaksana, E.J., A. P. (2020). Efektifitas Pembelajaran Menggunakan Moodle Terhadap Motivasi Dan Minat Bakat. EduTeach, 1(2), 117–124. https://doi.org/https://doi.org/10.37859/eduteach

Wicaksana, E. J., & Pramana, A. (2018). Analysis of the Impact of Teacher Program Direktorat PSMK ( SM3T Program ) to Animo Learning Students in Biological Lessons In SMKN 1 Kintamani , Bali ( Analysis of the Impact of Teacher Program Direktorat PSMK ( SM3T Program ) to Animo Learning Students. Biodik, 4(2), 77–82. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/biodik

Yazdi, muhammad. (2012). E-learning sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis teknologi Informasi. Jurnal Ilmua Foristek, 2(1), 143–152.

Yustinaningrum, B. (2018). The Implementation of E-Learning Web-based Model Centric Course (Edmodo) toward The Mathematics’ Interest and Learning Outcomes Bettri. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 25–32.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p22-29

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats