ANALISIS KEBUTUHAN PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIOTEKNOLOGI BERBASIS HASIL PENELITIAN PADA MATERI DNA FORENSIK

Nikmatul Iza, Nila Kartika Sari

Abstract


Abstract: This study analyzes textbooks based on research in biotechnology courses related to the principles of Forensic DNA discussion that need to be developed. The research method used in the development model Hanafin Peck (1988) at the beginning of the needs analysis. Research subjects were 45 biology education students who had taken Biotechnology courses. The instrument used consisted of a questionnaire distributed to students and lecturers supporting biotechnology courses and interview techniques. The results showed that in the learning process do not use textbooks and as much as 94% of students need the development of textbooks that are equipped with interesting pictures and practicum guides in them. Research results, so that the learning process becomes more directed, contextual and enjoyable

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menganalisis buku ajar berbasis hasil penelitian pada matakuliah bioteknologi terkait dengan pokok bahasan DNA Forensik yang perlu dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan merujuk pada model pengembangan Hanafin Peck (1988) pada tahap awal yaitu analisis kebutuhan. Subjek penelitian adalah 45 mahasiswa pendidikan biologi yang telah mengambil matakuliah Bioteknologi. Instrumen yang digunakan berupa angket yang disebarkan kepada mahasiswa dan dosen pengampu matakuliah bioteknologi serta teknik wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam proses pembelajaran belum menggunakan buku ajar dan sebanyak 94% mahasiswa menginginkan pengembangan buku ajar yang dilengkapi dengan gambar yang menarik dan petujuk praktikum yang didalamnya memuat hasil penelitian, sehingga proses pembelajaran menjadi lebih terarah, kontekstual dan menyenangkan.


Keywords


buku ajar; bioteknologi; berbasis hasil penelitian; DNA forensik

Full Text:

PDF

References


Cahyono Heru. (2011). Diktat Bioteknologi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Iza, N., & Anantyarta, P. (2018). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan berbasis Hasil Penelitian Regenerasi Sirip Kaudal Ikan Gatul (Poecilia sp.). Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 1–10.

Iza, N., & Mistianah. (2017). Analisis Kebutuhan Buku Ajar Berbasis Hasil Penelitian Materi Variasi Genetik Matakuliah Evolusi untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi IKIP Budi Utomo Malang, 217–223.

Iza, N., Prawestiningtyas, E., & Fatchiyah, F. (2017). Forensic Profiling of Javanese and Madurese Families in Malang and Madura , East Java Indonesia. Cukurova Medical Journal, 39(1), 26–38.

Kartika, S. N., & Iza, N. (2018). Pengembangan Handout Evolusi berbasis Hasil Penelitian Profil DNA Fingerprinting, 3(2), 37–47.

Kusmawati, W., Iza, N., Hindun, N., & Nuh, F. A. (2019). Development of Textbooks on Animal Embryology and Reproduction Based on Research Results in the Development of Mice Embryos by Adding DEET (Diethyltoluamide). International Journal for Educational and Vocational Studies, 1(4), 1–6.

Oktaviana, I., Sumitro, S. B., & Lestari, U. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Karakterisasi Protein Membran Sperma Pada Matakuliah Bioteknologi. Florea, 2(2), 33–42.

Pratama, M. A., Amin, M., & Suarsini, E. (2016). Pengembangan Buku Ajar Matakuliah, 1(10), 1987–1992.

Pribowo, F. S. P. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah IPA berbasis Pendekatan SCIENTIFIC APPROACH. Pedagofia: Jurnal Pendidikan, 6(1), 54–66.

Putro, S., Lestari, U., & Lukiati, B. (2016). Pengembangan Buku Ajar Perkembangan Hewan Berbasis Penelitian Metamorfosis Ulat Sutera Bombyx Mori L. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(7), 1229–1234.

Rohmani, M., Amin, M., & Lestari, U. (2017). Analisis Kebutuhan Bahan Ajar Berbasis Penelitian Materi Bioteknologi Bidang Kedokteran untuk Mahasiswa S1 Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang Berdasarkan Model Pengembangan ADDIE. Prosiding Seminar Pendidikan IPA Pascasarjana UM, 2, 496–501.

Subekti, H. (2016). Representasi Penggunaan Media Digital dan Pembelajaran Berbasis Penelitian: Sebuah Survey untuk Mengukur Perilaku pada Mahasiswa Baru di Program Studi Pendidikan Sains UNESA, 1(1), 7–12.

Widayati, D. T., Luknanto, D., Rhayuningsih, E., Sutapa, G., Harsono, Sancayaningsih, R. P., & Sajarwo. (2010). Pedoman Umum Pembelajaran Berbasis Riset (PUPBR).

Yamamoto, T., Mizutani, M., Uchihi, R., Tanaka, M., Yoshimoto, T., Misawa, S., Katsumata, Y. (2003). Allele distributions and genetic relationship with 13 CODIS core STR loci in various Asian populations in or near Japan. International Congress Series, 1239, 117–120.

Zunaidah, F. N., & Amin, M. (2016). Pengembangan Baha Ajar Matakuliah Bioteknologi berdasarkan Kebutuhan dan Karakter Mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 2(1), 19–30.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i1p52-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats