IDENTIFIKASI MISKONSEPSI MATERI SISTEM REPRODUKSI PADA BUKU TEKS SMA KELAS XI DI KOTA MALANG

Amy Tenzer, Nursasi Handayani, Ajeng Daniarsih

Abstract


Abstrak. Penggunaan powerpoint dapat dikembangkan lebih dinamis dan komunikatif dalam bentuk powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan powerpoint interaktif sebagai media pembelajaran pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi dengan optimalisasi ubi jalar ungu. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis data menggunakan perhitungan RTVTK. Validasi media powerpoint interaktif dilakukan oleh tiga orang ahli materi dengan tiga aspek dan sembilan kriteria penilaian dan tiga orang ahli media dengan enam aspek dan 14 kriteria penilaian. Hasil validasi mendapatkan rata – rata total validasi (RTVTK) ahli materi sebesar 3,40 dan ahli media sebesar 3,80. Penilaian ini dinyatakan valid karena memenuhi kriteria kevalidan yaitu 3≤RTVTK≤4. Dengan demikian, powerpoint interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi kelas X SMA.

Abstract: Powerpoint usage can be developed more dynamic and communicative into the form a interactive powerpoint. This study aimed to determine the feasibility of interactive powerpoints as a learning medium in the sub-materials of the plant roles in the economic field with optimizing purple sweet potato. The research method used quantitatively descriptive and data were analyzed using RTVTK calculations. The media validation was carried out by three material experts with three aspects and nine assessment criteria and by three media experts with six aspects and 14 assessment criteria. The validation results obtend the average total validation (RTVTK) of material experts of 3.40 and media experts of 3.80. This assessment was declared valid because it met the validity criteria, which was 3≤RTVTK≤4. Thus, interactive powerpoint is suitable to use as a learning medium in the sub-material of the plant roles in the economy at class X SMA. 


Keywords


buku teks biologi SMA; miskonsepsi; sistem reproduksi

Full Text:

PDF

References


Agustina, R., Sipahutar, H., Harahap, F. 2016. Analisis Miskonsepsi Pada Buku Ajar Biologi SMA Kelas XII. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(2): 113-118. https://doi.org/10.24114/jpb.v5i2.4307

Apriani, I., Yunianto, I. 2016. Telaah Kesalahan Konsep pada Buku Ajar Biologi. Prosiding Symbion (Symposium on Biology Education), Prodi Pendidikan Biologi, FKIP, Universitas Ahmad Dahlan, 27 Agustus 2016

Ardiyanti, Y, dan Utami, M.R. 2017. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Reproduksi. BIOSFER, J.Bio. & Pend.Bio. 2(2): 18-23. http://dx.doi.org/10.23969/biosfer.v2i2.574

Chaniarosi, L.F. 2014. Identifikasi Miskonsepsi Guru Biologi SMA Kelas XI IPA pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia. Jurnal EduBio Tropika 2(2): 187- 191

Dikmenli, M., Cardak, O., Oztas, F. 2009. Conceptual Problem In Biology-Related Topics In Primary Scince and Tecnology Textbooks In Turkey. International Journal of Enviromental & Science Education, 4(4): 429-440.

Duskri, M., Kusnaidi, and Suryanto, 2014. Pengembangan Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Matematika di SD. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 18(1): 44-56

Dwijayanti, A. Umniyatie, S., Rakhmawati, A. 2016 Analisis Miskonsepsi Archaebacteria dan Eubacteria dalam Buku Biologi SMA Kelas X di Kabupaten Sleman. Jurnal Pendidikan Biologi 5 (8): 32-42.

Ergul, R, Simsekli, Y. Caliz, S., Ozdilek, Z Gocmencelebi, S & Sanli, M. 2011. The Effects of Inquiry-Based Science Teaching On Elementary School Students’ Science Process Skills And Science Attitudes. Bulgarian Journal of Science and Eduction Policy (BJSEP), 5(1): 48-68.

Gilbert, S.F. 2010. Developmental Biology, Ed 9. Sinauer Associates, Inc.

Ibrahim, M. 2012. Konsep Miskonsepsi dan Cara Mengatasinya. Surabaya: Unesa University Press.

Johnson, M.H. 2013. Essential Reproduction, Ed 7. Blackwell Publishing

Longenbaker, 2010. Anatomy and Physiology. The McGraw−Hill Companies, Inc.

Malikha, Z., Amir, M.F., 2018 Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas V-B MIN Buduran Sidoarjo pada Materi Pecahan Ditinjau dari Kemampuan Matematika. Mathematics Education Jurnal, 1 (2): 75-81

Mescher, A.L. 2016. Junqueira’s Basic Histology, Text and Atlas. New York: McGraw-Hill Education.

Muna, I. A. 2015. Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa PGMI pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty of Response Index (CRI). Cendekia 13 (2), 309-322. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.251

Nugroho, F.A., 2016. Identifikasi Miskonsepsi Sistem Pencernaan Manusia pada Buku Teks Biologi SMA Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Biologi 5(5): 13-22

Ramadhani, R, Hasanuddin, Asiah, M.D. 2016. Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI IPA SMA Unggul Ali Hasjmy Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Biologi. 1(1): 1-9

Saddler, T.W. 2006. Langman’s Medical Embryology. Philadelphia: Lippincott Williams & Wilkins

Sari, Y.K, Ducha, N. 2018. Profil Miskonsepsi Siswa dengan Menggunakan Three-Tier Test pada Materi Sistem Reproduksi Manusia Kelas XI SMA. BioEdu, 7(3): 569-576

Sihombing, R.I., Daulae, A.H., Komalasari, D., Sihotang, H. 2017. Analisis Miskonsepsi Buku Teks Biologi SMA Kelas X Materi Eubacteria Di Kota Kisaran. Jurnal Pelita Pendidikan, 5(2): 44-48. https://doi.org/10.24114/jpp.v5i2.8413

Supardi, 2013. Aplikasi Statistik dalam Penelitian. Jakarta: Change Publication

Suparno, P. 2013. Miskonsepsi dan Perubahan Konsep dalam Pendidikan Fisika. Jakarta: Grasindo.

Surjono, T.W. 2001. Perkembangan Hewan. Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas Terbuka

Tortora, G.J. and Derrickson, B. 2009. Principles Anatomy and Physiology. John Wiley & Sons, Inc.

Wafiayah, N. 2012. Identifikasi Miskonsepsi siswa dan Faktor-Faktor Penyebab pada Materi Permutasi dan Kombinasi di SMA Negeri 1 Manyar. Gamatika, 2(2), 128-138.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v13i1p11-23

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats