ANALISIS SELF EFFICACY SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MANDIRI UNTUK PRAKTIKUM JARAK JAUH DI LPTK
Abstract
Abstrak. Penelitian dilaksanakan dalam dua tahap 1) Analisis kebutuhan dengan melibatkan 159 orang mahasiswa yang melaksanakan praktikum biologi. 2) Merancang sumber belajar berupa Virtual Laboratorium pada topik kultur jaringan tumbuhan, dalam tahapan ini design virtual yang dilakukan masih dalam masa pengembangan. Data self efficacy dengan 5 indikator yang terdiri dari (keyakinan menyelesaikan tugas, motivasi diri, kerja keras, mengatasi hambatan, dan menyelesaikan tugas dalam perspektif luas atau sempit) dikumpulkan dengan menggunakan kuisioner. Rancangan story board virtual lab didesign menggunakan software photoshop. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata skor self efficacy terkait keyakinan menyelesaikan tugas (80), memotivasi diri (87), kerja Keras (87), mengatasi hambatan (80) dan self efficacy dalam menyelesaikan tugas dalam perspektif luas atau sempit (73). Hasil ini menunjukkan perlu adanya upaya untuk peningkatan self efficacy dengan mengembangkan su mber belajar untuk pelaksanaan praktikum berbasis teknologi informasi, salah satunya pengembangan virtual laboratorium yang dapat memfasilitasi mahasiswa dalam menyelesaikan tugas secara mandiri.
Abstract. The research was carried out in two stages: 1) Needs analysis involving 159 students who carried out biology practicum. 2) Designing learning resources in the form of Virtual Laboratories on the topic of plant tissue culture, at this stage the virtual design is still under development. Self-efficacy data with 5 indicators consisting of (belief in completing tasks, self-motivation, hard work, overcoming obstacles, and completing tasks in a broad or narrow perspective) were collected using a questionnaire. The virtual lab storyboard design is designed using Photoshop software. The results showed that the average self-efficacy scores related to belief in completing tasks (80), self-motivation (87), hard work (87), overcoming obstacles (80) and self-efficacy in completing tasks in a broad or narrow perspective (73). These results indicate the need for efforts to increase self-efficacy by developing learning resources for the implementation of information technology-based practicums, one of which is the development of virtual laboratories that can facilitate students in completing assignments independently.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adi, W. C., Suratno & Iqbal, M. (2016). Pengembangan Virtual Laboratory Sistem Ekskresi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Sains, 4(4), 130–136.
Adita, A., & Julanto, T. (2016). Penyusunan Virtual Laboratory Sebagai Media Pembelajaran Biologi. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 3(2), 69–73. http://jurnalppkm.unsiq.ac.id/index.php/ppkm/article/view/82
Amir, H. (2016). Korelasi Pengaruh Faktor Efikasi Diri dan Manajemen Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Pada mahasiswa Pendidikan Kimia Unversitas Bengkulu. Manajer Pendidikan, 10(4), 336–342.
(Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (2018). Penetrasi dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2018 https://apjii.or.id/)
Bandura, A. (1997). Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.
Dauyah, E., & Yulinar. (2018). Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Bahasa Inggris Mahasiswa Non Pendidikan Bahasa Inggris. Jurnal Serambi Ilmu, 19(2), 197-209.
Febrinawati Yusup. (2018). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 17–23.
https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2100
Fitriani Rahayu (2019). Efektifitas Self Efficacy dalam Mengoptimalkan Kecerdasan dan Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia.
Hartini, H., Narulita, E., & Iqbal, M. (2019). Pengembangan Virtual Laboratory pada topik kultur jaringan tumbuhan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 3(1), 1. https://doi.org/10.31331/jipva.v3i1.658
Hasanah, U., Dewi, N., & Rosyida, I. (2019). Self-Efficacy Siswa SMP Pada Pembelajaran Model Learning Cycle 7E ( Elicit , Engange , Explore , Explain , Elaborate , Evaluate , and Extend ). PRISMA:Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 551–555.
Hikmah, N., Saridewi, N., & Agung, S. (2017). Penerapan Laboratorium Virtual Untuk Meningkatkan
Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Educhemia, 2(2), 186–195.
I Made Rustika. (2012). Efikasi Diri: Tinjauan Teori Albert Bandura. Buletin Psikologi, 20(1–2), 1825. https://doi.org/10.22146/bpsi.11945
Lestari, D. I., & Projosantoso, A. K. (2016). Pengembangan Media Komik IPA Model PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis dan Sikap Ilmiah. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA. 2(2), 145–155.
Manikowati & Iskandar, D. (2018). Pengembangan Mobile Virtual Laboratorium Untuk Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(1), 23–42.
Marasabessy, R. (2020). Kajian Kemampuan Self Efficacy Matematis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika. 3(2), 168–183.
Maryuningsih, Y., Manfaat, B., Riandi, R., & Rustaman, N. (2019). Design Development Research Approach in Developing Gel Electrophoresis Virtual Laboratory to substitute Real Practicum. Scientiae Educatia, 8(1), 64. https://doi.org/10.24235/sc.educatia.v8i1.3961
Ningsih, W. F., & Hayati, I. R. (2020). Dampak Efikasi Diri Terhadap Proses & Hasil Belajar Matematika (The Impact Of Self-Efficacy On Mathematics Learning Processes and Outcomes). Journal on Teacher Education, 1(2), 26–32.
Putri, F. A. R., & Fakhruddiana, F. (2019). Self-Efficacy Guru Kelas Dalam Membimbing Siswa Slow Learner. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus), 14(1), 1–8.
https://doi.org/10.21831/jpk.v14i1.25161
Ratu, D., Uswatun, A., & Pramudibyanto, H. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41–48. https://sinestesia.pustaka.my.id/journal/article/view/44
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52
Somawati, S. (2018). Peran Efikasi Diri (Self Efficacy) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(1), 39. https://doi.org/10.29210/118800
Sundayana, R. (2018). Kaitan antara Gaya Belajar, Kemandirian Belajar, dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP dalam Pelajaran Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 75–84. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.262
Susilawati, E., Nurhayati, A. S., Kusnandar.(2020). Utilization Of Digital Content Of Learning Sources Center ( Lrc ) In School Of Pass Receiver Assistance Devices Of Psb ( Psb ). Jurnal Pendidikan, 21(2), 77-93.
Valentin, R. R., & Hadi, N. U. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Akademik Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X Sma Negeri 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(1), 142-154.
https://doi.org/10.19184/jpe.v12i1.7749
Wahono, B., Rosalina, A. M., Utomo, A. P., & Narulita, E. (2018). Developing STEM Based Student ’s Book for Grade XII Biotechnology Topics. Journal of Education and Learning, 12(3), 450–456. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i3.7278
Wicaksono, A. P., & Urumsah, D. (2018). Analisis Gender Dalam Pembajakan Produk Digital.JRAMB 4(2), 85–99
DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v12i2p71-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262
E-mail: jpb.journal@um.ac.id
Web: s.id/JPB