PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI BERINTEGRASI NILAI ISLAM DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA SUB MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Fadhliyatul Ulya, Ismail Ismail, Baiq Farhatul Wahidah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul biologi berintegrasi nilai-nilai Islam dengan pendekatan inkuiri pada sub materi pencemaran lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Subjek penelitian ini adalah peserta didik MAN Kendal kelas X MIPA 6 yang berjumlah 31 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kelayakan modul pembelajaran biologi berbasis nilai Islam. Hasil dari penelitian ini yaitu hasil validasi modul oleh ahli materi diperoleh presentase sebesar 77,41%, hasil validasi ahli materi bidang integrasi nilai Islam diperoleh presentase 80% dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh presentase 71,33%. Penilaian guru terhadap modul diperoleh presentase 66% yang termasuk kategori layak. Dan penilain peserta didik terhadap modul yang dikembangkan diperoleh presentase rata-rata 76.67% yang menyatakan bahwa modul layak digunakan sebagai bahan ajar.  

Abstract. This study aims to determine the feasibility of the biology module integrating Islamic values with an inquiry approach on environmental pollution sub-material. This research is a development research using the ADDIE development model (Analysis, Design, Development, Development or Production, Imple-mentation or Delivery and Evaluations). The subjects of this study were 31 students of MAN Kendal class X MIPA 6. The data was collected using a feasibility questionnaire for the biology learning module based on Islamic values. The results of this study were the results of module validation by material experts obtained a percentage of 77.41%, the results of the validation of material experts in the field of integration of Islamic values obtained a percentage of 80% and the results of validation by media experts obtained a percentage of 71.33%. The teacher's assessment of the module obtained a percentage of 66% which is in the feasible category. And the students' assessment of the developed modules obtained an average percentage of 76.67% which states that the modules are suitable for use as teaching materials.


Keywords


modul, pengembangan modul; nilai Islam; inkuiri; pencemaran lingkungan

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. 2015. Pembelajaran Saintifik untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Aldoobie, Nada. 2015. ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research. 5(6) : 68.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arifin, Elvaya. 2013. Pengembangan Modul Biologi Bervisi Sets pada Materi Pencemaran Lingkungan Kelas X di SMA Negeri 1 Pamotan Rembang. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Departemen Agama RI. 2010. Al-Qur’an dan Tafsirnya (Edisi yang Disempurnakan). Jakarta: Penerbit Lentera Abadi.

Fanani, Muhyar. 2014. Laporan Penelitian Kolektif Transformasi Paradigma dan Implikasinya pada Desain Kurikulum Sains: Studi atas UIN Syarif Hidayatullah, Uin Sunan Kalijaga, dan UIN Maliki. Semarang: IAIN Walisongo.

Hamdayama, Jumanta. 2016. Metodologi Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartono, Rudi. 2013. Ragam Model Mengajar Yang Mudah Diterima Murid. Jogjakarta: Diva Press.

Ikhsanaira. 2014. Pengertian Modul Pembelajaran Diunduh di https://ikhsanaira.wordpress.com/2014/11/11/pengertian-modul-pembelajaran-/amp/ tanggal 12 Januari 2018

Junaedi, Mahfud. 2017. Paradigma Baru Filsafat Pendidikan Islam. Depok: PT Kharisma Putra Utama.

Khaeron, Herman. 2014. Islam, Manusia dan Lingkungan Hidup. Jakarta:Nuansa Cendekia.

Mulyaningtiyas, Endang. - . Pengembangan Model Pembelajaran. Diunduh di http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-Endang-mulyatiningsih, tanggal 21 November 2017.

Nurohmatin, Titin. 2017. Pengembangan Modul Biologi Terintegrasi Nilai-nilai KeIslaman untuk Memberdayakan Berfikir Kritis Peserta didik Kelas IX SMA Al-Kautsar Bandar Lampung. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Priadi, Arif dan Yanti Herlanti. 2016. Buku Peserta didik Biologi 1 untuk SMA/MA Kelas X Kurikulum 2013 yang Disempurnakan Peminatan Matematika dan Ilmu-ilmu Alam. Jakarta: PT Yudhistira Ghalia Indonesia.

Purwanto, Ngalimun. 2013. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rahayu, Vita Citra. 2015. Pengembangan LKS Berbasis Inquiry materi Sistem Reproduksi Manusia untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Sadjati, Ida Malati. - . Hakikat Bahan Ajar. Diunduh di https://repository.ut.ac.id/4157/1/IDIK4009-M1.pdf, tanggal 13 Januari 2018

Sanjaya, Wina. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Sanjaya, wina. 2015. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Setawan, Rahmat. 2015. Makna Khalifah dan ‘Abid sebagai Destinasi Manusia Di Bumi (Aplikasi Hermenetika Gadamer). Jurnal Didaktika Islamika. 6(2): 82-86

Setyosari, Punaji. 2016. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Prenadamedia.

Subardi, dkk. 2009. Biologi 1 untuk Kelas X SMA dan MA. Jakarta: CV. Usaha Makmur.

Sugiyono. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutiyono, Agus. 2015. Pengembangan Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Semarang: CV. Karya Abadi Jaya.

Sunandar, Ari. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Modul Berbasis Literasi Sains Model Addie pada Pokok Bahasan Ekosistem Kelas X di SMAN 1 Plumbon Kabupaten Cirebon . Skripsi. Cirebon: Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri Syekh Nurjati Cirebon.

Syamsuddin, Ach. Maimun. 2012. Integrasi Multidimensi Agama dan Sains. Yogyakarta: IRCiSoD.

Teguh. 2016. Pentingnya Ilmu Dunia dan Akherat. Diunduh di www.masjidjami-alittihad-citraindah.com/info/100-umur-harta-ilmu.html, tanggal 12 Januari 2018.

Tegeh, I Made dan I Nyoman Jampel. 2014. Model Penelitian Pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Trianto. 2012. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Wahidin. 2015. Sains dan Agama: Rekonstruksi Intregasi Keduanya. Yogyakarta: Ombak dua.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v13i2p96-104

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats