KELAYAKAN POWERPOINT INTERAKTIF PADA SUBMATERI PERAN TUMBUHAN DI BIDANG EKONOMI DENGAN OPTIMALISASI UBI JALAR UNGU

Winda Tri Utami, Entin Daningsih, Titin Titin

Abstract


Penggunaan powerpoint dapat dikembangkan lebih dinamis dan komunikatif dalam bentuk powerpoint interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan powerpoint interaktif sebagai media pembelajaran pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi dengan optimalisasi ubi jalar ungu. Metode penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif dan analisis data menggunakan perhitungan RTVTK. Validasi media powerpoint interaktif dilakukan oleh tiga orang ahli materi dengan tiga aspek dan sembilan kriteria penilaian dan tiga orang ahli media dengan enam aspek dan 14 kriteria penilaian. Hasil validasi mendapatkan rata – rata total validasi (RTVTK) ahli materi sebesar 3,40 dan ahli media sebesar 3,80. Penilaian ini dinyatakan valid karena memenuhi kriteria kevalidan yaitu 3≤RTVTK≤4. Dengan demikian, powerpoint interaktif layak digunakan sebagai media pembelajaran pada submateri peran tumbuhan di bidang ekonomi kelas X SMA.

Kata Kunci : kelayakan, peran tumbuhan, powerpoint interaktif, ubi jalar ungu

Powerpoint usage can be developed more dynamic and communicative into the form a interactive powerpoint. This study aimed to determine the feasibility of interactive powerpoints as a learning medium in the sub-materials of the plant roles in the economic field with optimizing purple sweet potato. The research method used quantitatively descriptive and data were analyzed using RTVTK calculations. The media validation was carried out by three material experts with three aspects and nine assessment criteria and by three media experts with six aspects and 14 assessment criteria. The validation results obtend the average total validation (RTVTK) of material experts of 3.40 and media experts of 3.80. This assessment was declared valid because it met the validity criteria, which was 3≤RTVTK≤4. Thus, interactive powerpoint is suitable to use as a learning medium in the sub-material of the plant roles in the economy at class X SMA.

Keywords : feasibility, plant roles, interactive powerpoint, purple sweet potato


Keywords


Kelayakan; Peran Tumbuhan; Powerpoint Interaktif; Ubi Jalar Ungu

Full Text:

PDF

References


Amalia, I.A. (2014). Powerpoint Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Masa Kini. Jurnal Edueksos, 3(2), 127 – 144. https://dx.doi.org/10.24235/edueksos.v3i2.376

Apriani, Daningsih, E., & Yokhebed. (2018). Kelayakan Video Tutorial Pembuatan Donat Jahe Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 255–266. ISSN 2407-1803. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.978

Ariani, N., & Haryanto, D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Arsyad, A. (2013). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Astuti, T. (2015). Manajemen Praktikum Pembelajaran IPA. Jurnal Manajer Pendidikan, 9(1), 57–64.

Asyhar, R. (2012). Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat. (2018). Statistik Pertanian Tanaman Palawija. Pontianak: Badan Pusat Statistik Kalimantan Barat.

Baeti, S. N., Binadja, A., & Susilaningsih, E. (2014). Pembelajaran Berbasis Praktikum Bervisi Sets untuk Meningkatkan Keterampilan Laboratorium dan Penguasaan Kompetensi. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 8(1), 1260 – 1270.

Darmawan. (2014). Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Diartono, D. A. (2008). Media Pembelajaran Desain Grafis Menggunakan Photoshop Berbasis Multimedia. Jurnal Teknologi Informasi Dinamik, 13(2), 155 – 167. ISSN 0854-9524.

Faramita, G., Daningsih, E., & Yokhebed. (2018). Kelayakan Film Dokumenter Pembuatan Bingka Pepaya Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 267–280. ISSN 2407-1803. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.1025

Hamalik, O. (2010). Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamidah. (2005). Peranan Penggunaan Media Sederhana dalam Meningkatkan Efektivitas Proses Belajar Mengajar Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di Min Johar Baru Jakarta Pusat. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Skripsi. Diterbitkan.

Hayati. N., Ahmad, M. Y., & Harianto, F. (2017). Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Audio Visual dengan Minat Peserta Didik pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Bangkinang Kota. Jurnal Al-hikmah, 14(2), 160 – 180. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip. 2017.vol14(2).1027

Kadaruddin. (2016). Media dan Multimedia Pembelajaran (Cetakan ke-2 ed). Yogyakarta: Depublish

Kentut. (2010). Modul Pembuatan Media Presentasi. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional.

Krisnawati, T. (2014). Pengembangan Multimedia Pembelajaran untuk Mata Pembelajaran Biologi di SMA. Jurnal Ilmiah Guru “Cope”, 2(1), 1–7.

Maryani, D. (2014). Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang Matematika. Journal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 6(2), 18–24. ISSN:2088-0154. http://dx.doi.org/ 10.3112/speed.v6i2.1301

Muslimin (2011). Pengembangan Teknologi dalam Industri Media. Jurnal Teknik Industri, 2(1), 57–64. https://doi.org/10.22219/JTIUMM.Vol12.No1.57-64

Nurrita, T. (2018). Pengembangan MedIa Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 3(1), 171 – 187. http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Pangestu, B. A. (2017). Pemanfaatan Media Pembelajaran dalam Pendidikan. Seminar Nasional Pendidikan, 121 – 126. Malang: Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Malang.

Prastowo, A. (2013). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Purnama, S. (2010). Elemen Warna dalam Pengembangan Multimedia Pembelajaran Agama Islam. Al-Bidayah, 2(2), 113–129. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v2i1.102

Qamariah, W., Daningsih, E., & Yokhebed. (2017). Kelayakan Animasi Stop Motion Pembuatan Cake Pepaya Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 6(2), 267–279. http://dx.doi.org/10.31571/saintek.v6i2.682

Ramadhan, & Daningsih, E. (2019). Respons Siswa dan Evaluasi Pembelajaran pada Praktikum Submateri Peran Tumbuhan di Bidang Ekonomi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Mipa dan Teknologi II Tahun 2019, 1(1), 360–371.

Ramendra, D. P., & Ratminingsih, N. M. (2007). Pemanfaatan Audio Visual Aids (Ava) dalam Proses Belajar Mengajar Pelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(2), 78–95.

Rusman, Kurniawan, D., & Riyana. C. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Anung, H., & Rahardjito. (2010). Media Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, & Rivai. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suheri, A. (2006). Animasi Multimedia Pembelajaran. Jurnal Animasi Multimedia Pembelajaran, 2(1), 27 – 33.

Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika: Konstruktivistik & Menyenangkan. Yogyakarta: Unversitas Sanata Dharma.

Suyono, & Nugroho, G.K. (2011). Optimalisasi Microsoft Office Powerpoint 2010 dalam Pembuatan Media Interaktif Pengandalan Dokumen untuk Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN 1. Jurnal Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi, 4(2), 29–37. http://dx.doi.org/ 10.3112/speed.v4i2.1266

Vivin, D., Daningsih, E., & Marlina, R. (2018). Kelayakan Powerpoint Interaktif Organ Tumbuhan Kelas XI SMA Berdasarkan Analisis Ukuran dan Tipe Stomata. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 16(2), 197-209. http://dx.doi.org/10.31571/edukasi.v16i2.948

Wardiany. (2020). Komunikasi Pribadi dengan Guru Biologi SMAN 2 Sungai Raya. Sungai Raya. (Tanggal 30 Januari 2020).

Yamasari, Y. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT yang Berkualitas. Seminar Nasional Pascasarjana, 1 – 8. ISBN No. 979-545-0270-1. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v13i1p30-40

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats