ANALISIS KEMAMPUAN HABITS OF MIND KELAS X MELALUI PENGEMBANGAN KARTU PINTAR BIOLOGI DENGAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY

Desi Emawati, Nukhbatul Bidayati Haka

Abstract


Abstrak. Penelitian dan pengembangan (Research And Development) ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah media berupa kartu pintar biologi dengan teknologi augmented reality dalam meningkatkan kemampuan habits of mind pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. Penelitian ini merupakan metode penelitian dan pengembangan Research And Development  (R&D) dari model Borg & Gall yang terdiri dari sembilan langkah. Penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, instrumen berupa lembar validasi media, angket respon peserta didik dan angket uji kemampuan Habits of Mind. Berikut ini nilai yang diperoleh dari hasil validasi oleh ahli media adalah 95%, ahli materi 98%, ahli bahasa sebesar 94% yang berarti produk tersebut valid dan hasil uji keefektifan penggunaan media kartu pintar biologi terhadap peserta didik memperoleh nilai sebesar 88% dengan kategori sangat baik. Selain itu didapatkan Hasil dari pengukuran dalam meningkatkan kemampuan Habits Of Mind dengan nilai ngain 0.51.

Abstract. This research and development aim to produce a media in the form of a biology smart card with technology augmented reality in improving the ability habits of mind in class X students at SMA Negeri 1 Terbanggi Besar. This research is a research and development method of Research And Development  (R&D) from the Borg & Gall model which consists of nine steps. In this study, data collection techniques used interview methods, instruments in the form of media validation sheets, student response questionnaires and ability test questionnaires Habits of Mind. The following values obtained from the validation results by media experts are 95%, material experts are 98%, linguists are 94% which means the product is valid and the results of the effectiveness test of the use of biological smart card media on students get a score of 88% in the very category good. In addition, the results obtained from measurements in increasing the ability of Habits Of Mind with value of n-gain 0.5.


Keywords


kartu pintar biologi; Habits Of Mind; teknologi Augmented Reality; cyberbullying

Full Text:

PDF

References


Aripin, I., & Suryaningsih, Y. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Menggunakan Teknologi Augmented Reality (AR) Berbasis Android pada Konsep Sistem Saraf. Sainsmat : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 8(2), 47.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran Ed Revisi. Grafindo Persada.

Dwirahayu, G., Kustiawati, D., & Bidari, I. (2018). Pengaruh Habits Of Mind Terhadap Kemampuan Generalisasi Matematis. JPPM, 11(2).

Fitri, A. (2010). Problem Base Learning. 159–165.

Fitri, R. N., Deswati, L., Studi, P., Biologi, P., & Keguruan, F. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Kartu Pintar Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas VIII SMP Negeri 27 Padang.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran (1st ed.). Deepublish.

Haka, N. B., Anggita, L., Anggoro, B. S., & Hamid, A. (2020). Pengaruh Blended Learning Berbantukan Google Classroom Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(1), 1–12. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1806

Haka, N. B., & Suhanda. (2018). Pengembangan Komik Manga Biologi Berbasis Android Untuk Peserta Didik Kelas XI Ditingkat Sma/MA. Journal Of Biology Education, 1(1), 17–32.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Hw, P. (2018). Biologi, Sains, Lingkungan Dan Pembelajaran Dalam Upaya Peningkatan Kemampuan Dan Karakter Siswa. FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta.

Informasi, J. T. (2018). pengembangan media video pembelajaran berbasis pendekatan scientific pada pelajaran biologi sma. 5(1), 1–13.

Juniati, N., Jufri, A. W., Studi, P., Biologi, P., & Universitas, F. (2020). Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. 15(4), 315–319. Karlina, I., Kurniah, N., & Ardina, M. (2018). Media Berbasis Information And Communication Technology (ICT) Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 24–35.

Lestari, S. (2018). Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi. Edureligia; Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 94–100. https://doi.org/10.33650/edureligia.v2i2.459

Moma, L., & Dahiana, W. O. (2018). Pengembangan Habits Of Mind Matematis Mahasiswa. Prosiding SEMNAS Matematika & Pendidikan Matematika IAIN Ambon, 142–150.

Pane, A., & Dasopang, M. D. (2017). Belajar Dan pembelajaran. 03(2), 333–352.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Rusman, T. (2015). Statistika Penelitian (cetakan pe). Graha Ilmu.

Rusman, T. (2016). Statistik Parametrik. Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Lampung.

Sari, R. W. (2018). Pengaruh Media Visual Kartu Pintar Terhadap Minat Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Kelas Iii Sd Negeri 63 Bengkulu …. http://repository.iainbengkulu.ac.id/id/eprint/2661

Suharsimi, A. (2021). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Bumi Aksara.

Sunnah, I., Dyahariesti, N., & Yuswantina, R. (2020). Pembinaan Kesehatan Mental Di Era Digital Untuk Remaja “Stop Bullying, Bijaklah Dalam Bersosial Media.” Indonesian Journal of Community Empowerment (IJCE), 2(1), 49–55.

Tomi. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Kartu Pintar Biologi Pada Materi Sel Siswa Kelas XI MIA MA Madani Alauddin Kabupaten Gowa.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v13i1p76-89

Refbacks





Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats