HUBUNGAN KECERDASAN NATURALIS DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN

Dika Kurniawan, Purwanti Kuswarini Suprapto, Mufti Ali

Abstract


Abstrak. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional yang menghubungkan antara kecerdasan naturalis dengan kemampuan berpikir kritis pada materi pencemaran lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA 1 sampai X MIPA 7. Sampel penelitian terdiri dari 32 peserta didik. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 2 instrumen yang sudah tervalidasi yaitu berupa soal uraian (test) untuk kemampuan berpikir kritis, dan angket kecerdasan naturalis (non-test). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas sebagai uji prasyarat analisis, serta uji regresi korelasi bivariat untuk uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara kecerdasan naturalis dengan kemampuan berpikir kritis dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,416 yang termasuk kedalam kategori sedang. Kemudian didapat juga nilai koefesien determinasi (R2) sebesar 0,173 atau 17,3%.

Abstract. This research is a correlational study that connects the naturalist intelligence with the learners' critical thinking ability on the environmental pollution material. The research method used is correlational with the population namely all students class X MIPA 1 to X MIPA 7. The research sample consisted of 32 students. The research instruments used this study consist of 2 validated instruments, namely the form of a description (test) for critical thinking skills, and non-test intelligence questionnaires. The data analysis techniques used are normality and linearity tests as prerequisite analysis tests, as well as bivariate correlation regression tests for hypothesis tests. Based on the results of the study can be concluded that there is a correlation between naturalist intelligence and critical thinking skills with a correlation coefficient value (R) of 0,416 which belongs to the medium category. Then obtained a coefficient determination value (R2) of 0,173 or 17,3%. 


Keywords


Kecerdasan Naturalis; Kemampuan Berpikir Kritis; Peserta Didik

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Armstrong, T. (2009). Multiple Intelligences in the Classroom 3rd edition. Library of Congress Cataloging-in-Publication Data. ISBN 978-1-4166-0789-2.

Gay, L., Mills, G. E., dan Airasian, P. (2012). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications Tenth Education. USA: Pearson Education, Inc

Husin, Azizah. (2012). Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Pengetahuan Siswa Tentang Konsep Ekosistem (Eksperimen di Sekolah Dasar Negeri 4 Tangerang). Journal UNJ. Vol XIII, No 02. ISSN 1411-1829. http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/plpb/article/view/1058/912

Putri, N. R., Miarsyah, M., & Vivanti, D. (2018). Hubungan kecerdasan naturalis dan motivasi belajar dengan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi pencemaran lingkungan. Florea : Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5(2), 100. https://doi.org/10.25273/florea.v5i2.3124

Ramdani, D., & Badriah, L. (2018). Korelasi Antara Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Blended Learning Pada Materi Sistem Respirasi Manusia. Bio Educatio, 3(2), 279473

Sholiah, U., Saefudin, & Priyandoko, D. (2019). The Relationship Between Multiple Intelligences with Higher-Order Thinking Skills. 2, 257–269.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung

Suhirman, S. (2020). the Influence of Learning Methods and Naturalist Intelligence on Critical Thinking Skills in Science Learning. Jurnal Tatsqif, 18(1), 60–76. https://doi.org/10.20414/jtq.v18i1.2433

Wirdianti, N., Komala, R., & Miarsyah, M. (2019). Naturalist intelligence and personality: An understanding students’ responsible enviromental behavior. Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(2), 229–236. https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i2.7193

Zakiah, L., & Lestari, Ika. (2019). Berpikir Kritis dalam Konteks Pembelajaran. ERZATAMA KARYA ABADI. Bogor. ISBN: 978-602-6976-51-2




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v13i2p105-112

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats