KORELASI ANTARA METAKOGNITIF DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI EKOSISTEM (Studi Korelasional di Kelas X MIPA SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya Tahun Ajaran 2020/2021)

Salma Junaina Hermana, Suharsono Suharsono, Mufti Ali

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara metakognitif dengan hasil belajar peserta didik pada materi ekosistem pada kelas X MIPA di SMA Negeri 6 Kota Tasikmalaya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2021. Metode penelitian yang digunakan adalah korelasional dengan populasi yaitu seluruh peserta didik kelas X MIPA 1 sampai X MIPA 7. Sampel yang diambil dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu kelas X MIPA 1 dan X MIPA 7. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen yang sudah tervalidasi yaitu berupa angket Metacognitive Awareness Inventory (MAI). Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, untuk uji prasyarat analisis, serta uji korelasi bivariat untuk uji hipotesisnya. Berdasarkan hasil analisis penelitian dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara metakognitif dengan hasil belajar dengan nilai koefisien korelasi (R) sebesar 0,621 yang termasuk kedalam kategori kuat, kemudian didapat juga nilai koefisien determinasi (R2) sebesar, 0,385 atau 38,5%. Maka dapat dikatakan bahwa terdapat korelasi antara metakognitif dengan hasil belajar peserta didik.

Abstract. The purpose of this study was to determine the correlation between metacognitive and student learning outcomes on ecosystem material in class X Science at SMA Negeri 6 Tasikmalaya City. This research was conducted in April 2021. The research method used was correlational with the population, namely all students of class X Science 1 to X Science 7. The sample was taken using purposive sampling technique, namely class X Science 1 and X Science 7. The instrument used was used in this study is a validated instrument in the form of a Metacognitive Awareness Inventory (MAI) questionnaire. The data analysis technique used is the normality test, to test the analysis prerequisites, and the bivariate correlation test to test the hypothesis. Based on the results of the research analysis, it can be concluded that there is a correlation between metacognitive and learning outcomes with a correlation coefficient (R) of 0.621 which is included in the strong category, then the coefficient of determination (R2) is 0.385 or 38.5%. So it can be said that there is a correlation between metacognitive and student learning outcomes.

Keywords


Korelasi; Metakognitif; Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Corebima, A.D. 2009. Metacognitive skills Measurement Integrated in Achievement Test. [online]. Tersedia: http://recsam.edu.my/cosmed/cosmed09/AbstractsFullPapers2009/Abstract/Science%20Parallel%20PDF/Full%20Pap. [30 Desember 2020].

Ganing, Yusaeni. 2015. Korelasi Antara Metakognitif Dengan Hasil Belajar Biologi Siswa SMP Negeri Kupang. Jurnal Biologi Science: Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. [Online] Tersedia: https://www.jurnal.iainambon.ac.id/index.php/BS/article/view/528 [30 Januari 2021].

Lai, ER 2011, Metacognition: a Literature Revie. [Online]. Tersedia: https://images.pearsonassessments.com/images/tmrs/Metacognition_Literature_Review_Final.pdf. [30 Desember 2020].

Maswandi, F. 2015. Analisis Kemampuan Metakognisi Siswa Berasrama terhadap Materi Ekosistem. Jurusan Pendidikan Biologi SPs UPI.

Panaoura, A., and Philippou, G., 2001. Young Pupils' Melacognitive Abilities in Mathematics in Relation to Working Memory and Processing Efficiency,.[Online]. Tersedia: www.ucy.ac.cy. [30 Desember 2020].

Rizal, Muh.K. 2019. Hubungan Kecerdasan Naturalistik, Kecerdasan Intrapersonal dan Kecerdasan Interpersonal dengan Hasil Belajar Biologi. Pendidikan Biologi, Program Pascasarjana, Universitas Negeri Makassar.

Schraw, G. & Dennison, R. S. (1994). Assessing Metacognitive Awareness. [Versi elektronik]. Contemporary educational Psychology, 19, 460-475.

Sihaloho, L., Rahayu, A., dan Wibowo, L. A. (2018). Pengaruh Metakognitif Terhadap Hassil Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Melalui Efikasi Diri Siswa. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan. 6 (2): 121-136.

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Zahra. P, Gresinta. E, Pratiwi R.N, 2020. Pengaruh kecerdasan Intrapersonal Terhadap Pemecahan Masalah pada Mata Pelajaran Biologi. Biological Science and Education Journal. ISSN online 2774-6267. Vol. 1 No.1 pp 48-54, 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.17977/um052v14i1p1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Biology Department, Faculty of Mathematics and Natural Sciences, Universitas Negeri Malang,Building O-5 Jl. Cakrawala No.2 Malang 65145 Tel / Fax. (0341) 588077 (direct), (0341) 551312 line 262

E-mail: jpb.journal@um.ac.id

Web: s.id/JPB

 

View My Stats